Cara Menghubungkan Laptop ke Layar Televisi

Cara Menghubungkan Laptop ke Layar Televisi – Anda ingin menonton video YouTube dan atau membuka web di layar TV ? Anda  bertanya-tanya Bagaimana cara mudah menghubungkan komputer laptop ke Layar Televisi.

Ok, ada beberapa cara sebenarnya  untuk menghubungkan komputer ke televisi. Ini  tergantung jenis port apa yang tersedia pada PC Anda dan TV Anda. ( saya ambil contoh untuk komputer merek HP Windows dan dan HDTV Sony Bravia untuk contoh yang akan saya jelaskan ini ).

Berikut langkah-langkah cara menghubungkan Laptop ke TV

Langkah 1 : Sebagian besar komputer memiliki jenis port S, dapat dihubungkan ke input S – Video dari layar TV Anda harus menggunakan jenis  kabel  S-video.  Bagi yang tidak tahu, berikut ciri kabel S ( kabel ini bulat dengan 4 atau 7 pin ) . Jika Anda memiliki monitor yang umurnya tua , Anda dapat menggunakan kabel VGA 15 – pin untuk menghubungkan komputer ke TV Anda dan ini adalah pilihan untuk kualitas gambar lebih baik daripada kabel S – Video.

Cara Menghubungkan Laptop ke Layar Televisi
Kabel VGA
Cara Menghubungkan Laptop ke Layar Televisi
Kabel DVI
Cara Menghubungkan Laptop ke Layar Televisi
Kabel S-Video

HDTV baru dan komputer laptop memiliki port DVI jadi dapat langsung dihubungkan antara  DVI Kabel ke DVI kabel yang sejenis. Atau dapat juga dari DVI ke jenis HDMI kabel Adapter , keduanya dapat digunakan untuk menghubungkan display komputer dan TV . Kabel  DVI  ke  HDMI dapat digunakan saat HDTV Anda tidak memiliki port DVI namun memiliki port HDMI . Semoga Anda paham.

Menghubungkan Kabel Audio RCA untuk Sound / suara

Langkah K- 2 : Sekarang  Anda sudah menghubungkan komputer ke TV, Anda memerlukan kabel lain untuk mengirimkan suara dari komputer ke Televisi karena semua kabel di atas hanya berfungsi mengirimkan video visual, namun untuk suara / audio belum terdengar.

Anda memerlukan Mini Plug 3.5mm untuk kabel RCA Stereo yang menghubungkan jalur audio out dari notebook/ komputer  ke TV Anda . Ingat !, kabel merah masuk ke dalam tempat berwarna merah di TV Anda , kabel putih ke dalam tempat berwarna putih,  dan ujung yang lain yaitu kabel hitam masuk ke jack berukuran  3.5mm yang ada di komputer Anda.

Cara Menghubungkan Laptop ke Layar Televisi
Kabel penghubung Mini ke RCA Audio

Langkah ke- 3 : Buka ” pengaturan tampilan ” pada komputer Windows Anda dan aktifkan output ke layar TV . Anda dapat isi dari komputer Anda di TV atau menggunakan 2 layar seperti layar dual monitor baik di komputer dan di Televisi.

Jika menggunakan Windows 7 , tekan tombol keyboard (Windows + P) untuk mengakses secara cepat pengaturan tampilan atau mencari “Connect to External Display” di kotak Windows.

Langkah 4 : Ambil remote  TV Anda dan beralih ke ” External Input ” dari menu . Anda akan perlu mengubah default ” Video 1 ” atau ” HDMI 1 ” atau mungkin ” Video 2 ” tergantung  bagaimana Anda telah membuat sambungan untuk menu video di televisi Anda.

Penting : Pastikan bahwa Anda menghubungkan kabel ke TV sebelum menyalakan komputer, karena terkadang terjadi kegagalan dalam mengenali layar eksternal  di leptop/komputer Anda.  Anda juga perlu mengubah resolusi layar TV Anda menggunakan Pengaturan tampilan di Control Panel Anda. Karena gambar kadang-kadang muncul terdistorsi / gambar bergerak tidak jelas.

Simpan

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !