13 Cara untuk Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja

13 Cara untuk Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja – Ada begitu banyak jam dalam sehari, namun saya yakin sebagian dari kamu tidak memanfaatkanya dengan sebaik mungkin. Jika kamu sudah mampu memaksimalkan waktu dan hasil maka kamu sudah bekerja dengan efektif dan efisien.

Ada dua cara meningkatkan hasil dari pekerjaan kamu, yaitu menambah waktu kerja kamu atau memilih bekerja dengan cerdas.

Kebanyakan orang sukses menerapkan keduanya, menambah waktu untuk bekerja lebih serta memilih bekerja dengan cerdas dalam setiap waktu yang mereka miliki.

Artikel ini akan memandu kamu dalam 15 strategi sederhana namun efektif untuk meningkatkan produktivitas Anda di tempat kerja.

1. Mencari dan membatasi berapa banyak waktu yang Anda habiskan pada tugas-tugas terbukti meningkatkan Produktivitas Kerja

Kamu mungkin berpikir cukup pandai menghitung berapa banyak waktu yang kamu habiskan di dalam tugas-tugas yang kamu dapatkan. Namun, ternyata penelitian menunjukkan hanya sekitar 17 persen saja orang yang mampu secara akurat mengatur waktu dan rencananya dengan tepat.

13 Cara untuk Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja

Maka cobalah untuk mencari dan membatasi kegiatan-kegiatan yang tidak efektif serta memperbaiki cara atau kebiasaan-kebiasaan sederhana dalam pekerjaan, misalnya berapa waktu yang kamu butuhkan untuk pergi ke toilet, untuk menulis, untuk membalas email, atau sekedar membuka akun media sosial kamu.

2. Ambil istirahat secara teratur terbukti meningkatkan produktivitas kerja

Terdengar berlawanan dengan naluri kamu yang sedang bersemangat bekerja, tetapi mengambil istirahat dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengambil istirahat singkat selama tugas panjang membantu mempertahankan tingkat kualitas pekerjaan kamu dalam grafik konstan.

3. Tetapkan deadline untuk diri sendiri mampu meningkatkan produktivitas kerja

Berikan pada diri sendiri tenggat waktu, dan taatilah deadline kamu itu.

4. Katakan tidak untuk pertemuan/ rapat yang tidak penting dan tidak produktif

Dalam penelitian Atlassian, pekerja kantor rata-rata menghabiskan lebih 31 jam setiap bulan untuk melakukan pertemuan yang tidak produktif.

Baca juga :

Sebelum menyetujui sebuah pertemuan, tanyakan pada diri sendiri apakah pertemuan tersebut bisa kamu gantikan dengan mengirimkan tugas-tuga kamu melalui email, telepon, atau pertemuan berbasis web (yang mungkin sedikit lebih produktif), dari pada kamu harus berjalan menyusuri jalan/ lorong kantor atau malah harus berkendaraan keluar kantor untuk sekedar memberikan tugas kamu dalam rapat yang padahal kamu bisa lakukan itu melalui email.

5. Berhenti mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu

Psikolog telah menemukan bahwa mencoba untuk melakukan beberapa tugas sekaligus dapat mengakibatkan kehilangan waktu dan produktivitas. Sebaliknya, membuat kebiasaan fokus ke tugas tunggal  dan selesaikan terlebih dahulu sebelum pindah ke tugas berikutnya akan lebih meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

6. Meningkatkan Produktivitas Kerja dengan selalu manfaatkan perjalanan kamu

Dari pada dalam perjalanan kamu melakukan game di gadget kamu, atau kamu membuka akun media sosial kamu, lebih baik kamu gunakan waktu dalam perjalanan tersebut untuk membuat beberapa konsep email, membuat list apa yang harus kamu kerjakan.

7. Menyerah pada ilusi kesempurnaan

Pengusaha dan para enterprener selalu berfikir tentang sebuah kesempurnaan namun kenyataanya tidak sama sekali ada hal- yang benar-benar sempurna.

Daripada membuang-buang waktu berfikir pada bayangan kesempurnaan, lakukan dan kerjakan tugas kamu dengan kemampuan terbaik kamu. Selalu tingkatkan kualitas dan hasil pekerjaan menuju kesempurnaan.

8. Ambil istirahat latihan / Take exercise breaks

Menggunakan waktu kerja untuk berolahraga benar-benar dapat membantu meningkatkan produktivitas, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Occupational and Environmental Medicine. Jika memungkinkan, gunakan sehari selama seminggu untuk berjalan-jalan atau pergi ke gym.  Olahraga kan membantu kamu dan mendapatkan fokus Anda kembali.

9. Jadilah proaktif, bukan reaktif

Beriniosiatif untuk terlibat dalam berbagai pekerjaan yang mendukung pekerjaan utama kamu. Jangan hanya bergerak ketika melihat teman dalam pekerjaan bergerak dan inisiatif, jadilah inisiatif dan proaktif dalam pekerjaan kamu.

10. Matikan pemberitahuan

Tidak ada yang bisa diharapkan untuk menahan godaan dari email, pesan suara, atau pemberitahuan teks.

Selama jam kerja, lebih baik menonaktifkan pemberitahuan dari pesan suara, email atau media sosial. Ini semua bagian dari menjadi proaktif daripada reaktif (lihat nomor 11).

11. Bekerja di interval 90 menit lebih meningkatkan Produktivitas Kerja

Para peneliti di Florida State University telah menemukan pemain elit (atlet, pecatur, musisi, dll) yang bekerja di interval tidak lebih dari 90 menit lebih produktif daripada mereka yang bekerja 90 menit lebih. Mereka juga menemukan bahwa mereka cenderung bekerja tidak lebih dari 4,5 jam per hari.

Namun mereka lebih produktif, kuncinya bekerjalah pada interval 90 menit, lalu ulangi di sembilan puluh menit selanjutnya.

12. Manjakan mata kamu saat bekerja dengan sesuatu

Ini mungkin terdengar tidak mungkin, tetapi beberapa penelitian menunjukkan perlengkapan kantor dengan elemen estetis – seperti tanaman – dapat meningkatkan produktivitas hingga 15 persen. Meramaikan ruang kantor Anda dengan gambar, lilin, bunga, atau apa pun yang menempatkan senyum di wajah Anda.

13. Minimalkan interupsi yang menggangu konsentrasi (tetap jaga fokus terbaik kamu).

Minimalkan banyak interupsi dari orang lain, lakukan pengaturan jam kerja yang baik, menjaga pintu agar  tertutup, atau bekerja dari rumah untuk proyek-proyek sensitif terhadap waktu.

Demikian artikel tentang Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja, semoga bermanfaat

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !