Cara Merubah Blog Gado-Gado Menjadi Niche atau Sebaliknya Sesuai Minat

Cara Merubah Blog Gado-Gado Menjadi Niche atau Sebaliknya – Pertama, sebelum kita masuk pada pokok bahasan, apakah blog saudara adalah blog gado-gado dan ingin merubahnya menjadi blog niche? Atau sebaliknya, apakah blog Anda blog Niche dan ingin berubah menjadi blog gado-gado?.

Bagaimana cara mengubahnya?

Saya ingin mengambil contoh dari banyak kasus, dimana biasanya blog niche lah yang berubah menjadi blog gado-gado. sedikit kasus blog gado-gado menjadi blog niche. Perubahan ini terjadi karena beberapa alasan.

#1. Blog Niche berubah menjadi blog gado-gado

Berikut beberapa alasan kenapa blog niche berubah menjadi blog gado-gado.

– Pemilik Blog tidak benar-benar menguasai tema blog yang dia buat.

– Pemilik blog merevisi tujuan awal pembuatan blog, bisa karena trafik yang lesu, atau kurang banyak peminat.

– Kehabisan dalam memperoleh ide, sehingga dari pada tidak diisi maka pemilik akhirnya menulis apa saja yang ingin di tulis. Pemilik blog tidak konsisten.

– Terpengaruh dari blog tetangga yang lebih banyak pengunjungnya karena blog tetangga mengulas tema blog yang beragam.

– Pemilik blog menjual blog ke pada orang lain, dan orang yang membeli blog ingin menjadikan blog tersebut blog yang mengulas bermacam-macam tema.

– Terinspirasi dari situs-situs besar dengan lingkup tema blog yang beragam.

– Mengejar trafik karena sudah tersematnya iklan dalam blog tersebut. Sehingga berusaha kejar target dan posting artikel sekenanya, terkadang tidak berkualitas.

– Melihat saingan niche blog yang sama. Kalah bersaing dan akhirnya merubah mindset awal atau mengubah strategi dalam persaingan dan beralih ke blog gado-gado.

– dan alasan-alasan lain yang belum tercantum dalam artikel ini.

Cara Merubah Blog Gado-Gado Menjadi Niche atau Sebaliknya Sesuai Minat

Menulis (rosediana.net)

Saya sendiri kadang kala masih labil dalam menentukan fokus pembahasan konten blog. Tapi dari banyak pertimbangan saya simpulkan bahwa, melakukan perubahan fokus blog akan tepat jika tujuannya tepat dan pada waktu yang tepat. Bukan karena pengaruh dari blogger lain, melainkan karena faktor teknis seperti kurangnya pengetahuan mengenai tema tersebut.

Baca juga : Tips memilih blog niche atau gado-gado

Konsistensi dan komitmen awal dari tujuan pembuatan blog akan kembali dipertanyakan dan dipertimbangkan ulang. Banyak blog yang awalnya mengulas/ fokus pada pembahasan tertentu, namun ditengah jalan pembahasan menjadi melebar, dan konten yang ditulis/dipublikasikan tidak memiliki hubungan sama sekali dengan konten lama yang sudah ada.

Lalu bagaimana cara merubah blog niche menjadi blog gado-gado?

Jika kasusnya adalah merubah dari niche ke campuran/gado-gado, kita tidak perlu bekerja keras untuk ini. Cukup tulis/isi koten blog dengan konten-konten baru. Misalnya awalnya blog mengulas seputar kesehatan, lalu di tengah perjalanan pemilik berniat mengubah niche blog menjadi blog campuran. Ia cukup menulis artikel di luar tema kesehatan, misalnya menulis artikel bertema teknologi, lalu blogging, lalu tema sastra dan lain-lain.

Lambat-laun, artikel campuran akan secara otomatis mengubah fokus bahasan blog. Perbandingan Artikel antara tema kesehatan dan tema lain akhirnya akan seimbang, lambat laun blog akan menjadi blog campuran.

Berapa perbandingan artikel yang pastinya, jika blog tersebut sudah di sebut ingin disebut blog campuran?

Saya langsung contohkan saja, jika awalnya blog Niche kesehatan Anda memiliki 100 artikel kesehatan, dan satu artikel teknologi, maka blog masih di katakan blog niche. Sementara jika jumlah artikel teknologi sudah berbanding paling tidak 20 artikel teknologi berbanding 100 artikel kesehatan, maka blog Anda sudah menjadi blog campuran. 20:80 menandakan sudah tidak relevanya sebuah blog dikatakan blog niche.

Catatan ; Cara Merubah Blog Gado-Gado Menjadi Niche atau Sebaliknya Sesuai Minat ini akan sangat berguna dalam penargetan iklan, jika kamu memonetize sebuah blog, dan pertimbangkan kembali jika ingin merubah dari blog niche ke blog gado-gado kecuali karena memang kamu tidak menguasai bidang niche yang dibahas.

#2. Blog gado-gado  menjadi blog niche

Berbeda kasus jika ternyata blog yang ingin Anda rubah adalah blog gado-gado yang ingin Anda rubah menjadi Blog Niche. Perubahan ini akan lebih komplek, nanti akan saya coba uraikan.

Alasanya perubahan ini biasanya karena beberapa faktor, seperti mengharapkan nilai komersil yang lebih baik dari iklan yang ada di blog, ingin mendapatkan kepercayaan pengunjung dan loyalitas pengunjung tertarget. Serta beberapa alasan lain.

Ada dua cara,

Pertama, Menghapus seluruh artikel blog yang tidak ada kaitanya dengan niche blog yang Anda rencanakan. Cara ini beresiko, karena akan banyak broken link dan eror 404. Terlebih jika setiap artikel mengandung link ke artikel lainya, dan link tersebut tidak ada kaitanya sama sekali. Butuh usaha ekstra untuk memperbaiki setiap artikel yang ada.

Cara kedua, terus menulis dan mengisi konten secara berkala sesuai dengan rencana niche blog Anda. Hukum Perbandingan kembali berlaku, jika jumlah artikel Niche Anda sudah mendominasi paling tidak 80 % dari artikel gado-gado Anda, maka blog Anda sudah merupakan blog niche. Cara ini memakan waktu lama serta kesabaran ekstra. Terlebih jika konten blog anda sudah ribuan. Saya menyebutnya sebagai cara jangka panjang.

Sebenarnya ada sebuah pertanyaan besar, blog yang sudah memiliki artikel ribuan dengan kategori hanya beberapa, apakah bisa dikatakan sebagai blog niche sesuai kategorinya. Misalkan begini Anda memiliki 3000 artikel dalam sebuah blog gado-gado, dalam blog tersebut hanya memiliki 3 kategori/label yaitu kesehatan, teknologi dan pendidikan. Jika blog di buka di kategori teknologi, maka blog menjadi niche teknologi. Saya sudah mengulas masalah ini dalam artikel sebelumnya berjudul Blog Niche dari Blog Campuran/Gado-gado. silahkan di baca-baca.

Baca juga : Berpenghasilan dari sebuah blog

Kembali ke topik ;

Pertimbangkan lagi niat Anda, apalagi jika konten blog Anda sudah ribuan. Perubahan bertahap ini akan menggangu kesetabilan blog Anda. Baik dari segi pendapatan dan dari segi SEO. Namun semua kembali kepada Anda sebagai pemilik.

Demikian artikel Cara Merubah Blog Gado-Gado Menjadi Niche atau Sebaliknya Sesuai Minat,

Semoga sukses.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !