Panduan Berkebun Tanaman Kelengkeng Dari A-Z

Panduan Berkebun Tanaman Kelengkeng Dari A-Z – Oke, pada kesempatan ini kami ingin mengulas habis tentang perbanyakan tanaman kelengkeng. Artikel ini akan terbagi menjadi beberapa artikel pendukung, karena cakupan pembahasan tanaman kelengkeng tidak cukup dalam satu halaman, maka kami mencoba membagi panduan ini menjadi beberapa artikel panduan dan artikel pendukung yang saling berkaitan. Tentunya agar pembaca dapat mempelajari dengan tuntas dan mudah.

Jika anda belum tahu apa itu tanaman kelengkeng Anda bisa membaca :

Selamat belajar, Artikel pertama ini adalah tentang persiapan perbanyakan tanaman kelengkeng.

Persiapan Berkebun kelngkeng

Metode berkebun / Perbanyakan tanaman baik secara generatif maupun vegetatif harus memiliki persiapan yang sempurna. Persiapan perbanyakan tanaman sangat diperlukan agar proses perbanyakan yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar dan memiliki hasil yang maksimal. Pada pelaksanaan praktik kerja lapangan, sebelum dilakukannya perbanyakan tanaman kelengkeng perlu dilakukan beberapa kegiatan secara berurutan seperti dibawah ini.

(Pertama) Mempersiapkan media tanah

Media tanam merupakan salah satu faktor penting yang sangat menentukan keberhasilan ataupun kegagalan dalam bertanam. Media tanah yang akan digunakan sudah dipersiapkan sebelumnya oleh pegawai UPTD Hortikultura. Kegiatan yang dilakukan adalah mencampurkan tanah dengan pupuk kandang dan sekam dengan perbandingan masing-masing yaitu 1:1:1. Setelah itu seluruh komponen tersebut diaduk dengan cangkul hingga homogen.

Panduan Lengkap Cara Perbanyakan Tanaman Kelengkeng Dari A-Z

Persiapan media tanah

(Kedua) Memasukkan tanah pada polybag

Media tanah yang sudah disiapkan kemudian dimasukkan ke dalam polybag yang kemudian digukan sebagai media tanam pada tanaman kelengkeng yang akan diperbanyak. Sebelum tanah dimasukkan ke dalam polybag perlu diperhatikan bahwa pencampuran media tanah harus sudah homogen, jika belum perlu diulangi kembali pencampurannya. Bahan penting yang ada di dalam campuran tanah tersebut adalah pupuk kandang yang berfungsi sebagai pupuk kompos karena pupuk tersebut dapat membantu kesuburan tanaman yang akan di tanam di dalam polybag.

Perbanyakan Tanaman Kelengkeng

Media tanam bibit kelengkeng

(Ketiga) Penggantian polybag

Penggantian polybag perlu dilakukan pada bibit tanaman kelengkeng yang akan dijadikan sebagai batang bawah pada proses perbanyakan. Penggantian polybag dilakukan jika melihat keadaan polybag bibit tanaman kelengkeng yang akan dijadikan sebagai batang bawah tersebut sudah rusak.

Baca Juga : Tips memilih Tanah Untuk Mengisi Polybag

Namun jika tidak terjadi kerusakan pada polybag maka tidak perlu diganti. Setelah dilakukan penggantian polybag, perlu dilakukan pemeliharaan yang intensif terhadap bibit kelengkeng tersebut agar siap untuk digunakan kembali karena setelah mengalami pindah tanam pada media yang baru maka tanaman kelengkeng perlu menyesuaikan diri untuk pertumbuhan selanjutnya.

Teknik Budidaya dan Perbanyakan Tanaman Kelengkeng

Penggantian polybag

(Keempat) Pemilihan batang atas (entres)

Batang atas atau yang disebut entres yang digunakan untuk perbanyakan berasal dari pohon induk tanaman kelengkeng baik jenis Diamond River maupun Itoh. Kriteria entres yang baik adalah berasal dari pohon induk yang sehat, kemudian antara entres dengan batang bawah harus memiliki ukuran yang sama sehingga pada saat melakukan teknik sambung pucuk dapat disambung dengan mudah, selanjutnya entres yang digunakan tidak berasal dari pucuk tanaman yang terlalu tua karena batangnya sudah keras sehingga sulit untuk dipotong dan dicungkil tunasnya.

Kekerasan dari suatu entres dapat diketahui dengan mencungkil menggunakan kuku ibu jari, jika kulit dari entres tersebut mudah terkupas maka entres tersebut memenuhi syarat. Hal ini penting karena pada saat melakukan perbanyakan secara okulasi diperlukan mata tunas dari batang entres. Jika terlalu keras maka sulit untuk mengambil mata tunas dari batang entres tersebut. Pengambilan batang entres dari pucuk tanaman dengan panjang 15 cm dan diameternya disesuaikan dengan diameter batang bawah.

pemilihan entres untuk perbanyakan

pemilihan entres untuk perbanyakan

(Kelima) Pemilihan batang bawah

Batang bawah yang digunakan untuk kegiatan sambung pucuk, sambung susuan, dan okulasi harus memenuhi kriteria yaitu tanamannya sehat, berumur sekitar 4 bulan, dan pucuk dari batang bawah tersebut sedang tumbuh atau keluar daun mudanya agar kulit dari batang bawah tersebut tidak keras sehingga pada saat mengupas kulit pada teknik okulasi dapat dilakukan dengan mudah.

Tanaman sebagai batang bawah yang akan digunakan harus selalu mendapatkan perawatan seperti pemupukan, pengendalian hama dan penyakit, serta penyiraman yang teratur agar batang bawah tumbuh subur dan sehat. Pertumbuhan yang subur dan sehat memudahkan pengelupasan kulit dan kayu karena sel-sel kambium berada dalam keadaan aktif membelah diri. Proses pembentukkan kalus atau penyembuhan luka berlangsung dengan baik, sehingga pada akhir keberhasilan sambungan atau okulasinya juga tinggi.

Mari Mengenal Morfologi Tanaman Kelengkeng

(Keenam) Pembuatan sungkup

Perbanyakan vegetatif tanaman secara stek dan sambung pucuk memerlukan perlindungan kelembaban udara yang seimbang agar daun tetap segar dan mempercepat keluarnya akar. Oleh karena itu, dibutuhkan sungkup yang cukup besar untuk menampung perbanyakan secara stek dan sambung pucuk dalam skala besar.

Pembuatan sungkup disesuaikan dengan keadaan lahan dan jumlah polybag yang akan dimasukkan. Pada saat pelaksanaan praktik kerja lapangan, sungkup dibuat yaitu dengan ukuran panjang 5 meter dan lebar 1 meter. Pembuatan sungkup menggunakan bambu yang sudah tua agar dapat bertahan lebih lama. Kemudian penutupnya menggunakan plastik putih yang tebal dan dilapisi dengan jaring paranet.

Perbanyakan Tanaman Kelengkeng

Baik, untuk meneruskan artikel ini, Anda bisa membaca artikel selanjutnya berjudul  :

Selanjutnya : Cara Perbanyakan tanaman Kelengkeng Secara generatif.

sebenarnya tulisan ini adalah tulisan bersambung, Jika anda bingung akan mulai dari mana belajar tentang kelengkeng, Anda bisa memulianya dari artikel berjudul :

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !