Artikel

Contoh Proposal Bantuan dana Ke BAPPEDA

Unntuk melihat contoh proposal versi pdf bisa di download di sini ( Contoh Proposal Pengajuan dana )
KKN Posdaya atau KKN Pos Pemberdayaan Keluarga merupakan salah satu program universitas untuk memberdayakan masyarakat pedesaan dalam mengahadapi dinamika pembangunan daerah. KKN Posdaya ini dilaksanakan pada beberapa desa yang terdapat di kabupaten Banyumas, Purbalingga, Cilacap, Kebumen, dan Brebes.
Fokus dari kegiatan dari KKN Posdaya terletak pada Posyandu yang terdapat di masing-masing desa. KKN Posdaya memiliki 4 pilar utama yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi/kewirausahaan, dan pemberdayaan lingkungan.
Berbagai program yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa tersebut dalam hal pendidikan, kesehatan, ekonomi/kewirausahaan, dan lingkungannya. Program-program tersebut diharapkan akan dilanjutkan oleh masyarakat sekitar nantinya, oleh karena itu dibutuhkan suatu bentuk partisipasi dari mayarakat sekitar agar program-program tersebut menjadi program yang holistic dan sustainable.
Masyarakat desa sebagai bagian integral dari masyarakat Indonesia menyimpan berbagai potensi baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Pengelolaan dan pengembangan atas potensi yang ada pada tiap desa tidaklah sama. Bagi beberapa desa potensi yang dimiliki telah dapat dimanfaatkan secara maksimal, namun bagi desa-desa tertentu masih membutuhkan bimbingan dalam pengembangan dan pengelolaan potensi yang dimiliki, baik dari pemerintah, maupun pihak-pihak lain.
Desa Panerusan Kulon, Kecamatan Susuka, Kabupaten Banjarnegara merupakan salah satu desa yang dapat digolongkan menjadi desa yang sedang berkembang. Hal ini dapat dilihat baik secara fisik maupun non-fisik. Secara fisik, desa ini belum dapat membangun sarana dan pra sarana fisik yang dibutuhkan. Ada beberapa sarana yang telah menjadi kebutuhan sehari-hari tapi belum dapat dipenuhi pengadaannya oleh warga masyarakat. Ada beberapa hal yang terlihat perlu diperhatikan dan mendapat dukungan dari pemerintah dan masyarakat.
Dengan melihat kondisi ini, kiranya perlu mengadakan kegiatan yang terpadu antara mahasiswa, masyarakat, maupun pemerintah baik pusat maupun daerah agar dapat mendukung pembangunan desa ini. 
Mahasiswa dituntut untuk dapat memahami permasalahan yang ada dan ikut mengembangkan desa. Namun mengingat permasalahan yang sangat kompleks, maka diperlukan suatu wadah penanganan secara interdisipliner dan bersifat memotivasi. Sebagai wadah untuk mewujudkan keterampilan mahasiswa dalam bekerja dan memecahkan masalah tersebut adalah pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di daerah pedesaan. Kegiatan ini dijadikan program nasional di bidang pendidikan terutama pada pendidikan tinggi untuk memberikan kontribusi dalam membantu proses pembangunan di wilayah pedesaan. Bantuan yang dapat diberikan mahasiswa selama KKN dapat berupa solusi terhadap masalah yang muncul serta mencari peluang-peluang yang mungkin dapat dikembangkan di daerah tersebut.
I. NAMA KEGIATAN
Nama kegiatan ini adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) Tahun 2012 Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto 
II. DASAR KEGIATAN
1. Kebijakan dasar Pembangunan Pendidikan Tinggi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tertanggal 17 Februari 1975.
2. Surat Keputusan Rektor Universitas Jenderal Soedirman No. Kept. 058/XII/ 1974 tentang program pendidikan di Universitas Jenderal Soedirman.
3. Surat Keputusan Rektor Universitas Jenderal Soedirman No. Kept. 060/XII/ 1974 tentang peraturan dan pedoman pelaksanaan program Pendidikan di Universitas Jenderal Soedirman.
4. Program Kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posdaya Desa Panerusan Kulon Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara.
III. MAKSUD DAN TUJUAN
A. Maksud
1. Mahasiswa mendapatkan pengalaman berharga melalui keterlibatan dalam masyarakat yang secara langsung menemukan, merumuskan, memecahkan, dan menanggulangi berbagai permasalahan terkait dengan upaya pemberdayaan keluarga di masyarakat secara interdisipliner.
2. Meningkatkan hubungan antara Perguruan Tinggi dengan pemerintah daerah, instansi teknis dan masyarakat sehingga dapat lebih berperan dalam menyelesaikan kegiatan pendidikan serta penelitian dengan tuntutan masyarakat yang sedang membangun.
3. Sebagai media belajar memecahkan permasalahan yang muncul dalam masyarakat melalui alternatif yang paling memungkinkan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing.
B. Tujuan
1. Mahasiswa dapat memberikan upaya meningkatkan pemberdayaan keluarga di masyarakat yang berkualitas tinggi.
2. Menggali serta menumbuhkan potensi swadaya masyarakat sehingga mampu berpartisipasi aktif dalam pembangunan bangsa dan negara melalui pemberdayaan keluarga yang menjadi bagian dari masyarakat. 
3. Mahasiswa dapat berperan sebagai fasilitator dalam penyediaan bibit pohon pada bidang pemberdayaan lingkungan hidup.
4. Memanfaatkan lahan kososng yang ditanami tanaman produktif.
IV. SASARAN
Sasaran kerja KKN Posdaya adalah mahasiswa, masyarakat bersama Pemerintah Desa Panerusan Kulon.
V. LOKASI DAN WAKTU PERENCANAAN
Program kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posdaya dilaksanakan di Desa Panerusan Kulon Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara selama tiga puluh lima hari (35 hari), Penyuluhan dan pelaksanaan Penanaman Pohon direncanakan beberapa hari selama kegiatan KKN berlangsung.
VI. PESERTA KKN
Kowmades : x
Sekretaris : x
Bendahara : x
Divisi Pendidikan : x
Divisi Ekonomi : x
x
Divisi Kesehatan : x
Divisi Lingkungan hidup : x
VII. ALOKASI DANA/KEBUTUHAN
· Makanan tambahan untuk balita : 140 sachet
· Susu kalsium lansia : 120 sachet
· Alat cek gula darah : 1 buah
· Alat tulis crayon : 25 pack
· Al-qur’an : 10 eksemplar
· Buku Iqro : 20 eksemplar
· Cat untuk Pos Kamling : 5 kaleng
· Tempat sampah organik : 1 buah
· Tempat sampah non-organik : 1 buah
VIII. PENUTUP
Demikian usulan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posdaya ini kami susun, dengan harapan dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana. Terlaksananya program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posdaya di Desa Panerusan Kulon Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara akan lebih berhasil dan lebih berdaya guna apabila ada suatu partisipasi aktif dari masyarakat dan pihak lain yang mempunyai kepedulian tinggi.
Akhirnya kami mengucapkan terima kasih atas bantuan dana dan dukungannya secara aktif demi keberhasilan kegiatan ini.
LEMBAR PENGESAHAN
Proposal ini disusun dalam rangka melancarkan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Jenderal Soedirman Tahun 2012 di Desa Panerusan Kulon Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara.
Disetujui,
Panerusan Kulon, 1 Februari 2012.
Koordinator Mahasiswa Desa
x
C1A008 
Sekretaris
x
F1C0080 
Lembar Kesediaan Kerjasama
Setelah mempelajari proposal, kami yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : …………………………………………………………………………… 
Jabatan : …………………………………………………………………………… 
Nama Perusahaan / Instansi : …………………………………………………………………………… 
Alamat Perusahaan : …………………………………………………………………………… 
………………………………. Telp …………………………………. 
Dengan ini kami bersedia berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan “KKN Posdaya Unsoed Tahun 2012”. Adapun partisipasi yang kami berikan berupa :
1. Uang sebesar Rp
Diberikan pada tanggal : 
2. Barang sebagai berikut :
a. …………………………………………….. Sebanyak 
b. …………………………………………….. Sebanyak 
c. …………………………………………….. Sebanyak 
d. …………………………………………….. Sebanyak 
Diberikan pada tanggal : …………………………………………….. 
Demikian tanda kesediaan kami buat, semoga menjadi saran kerjasama yang baik.
Panitia yang menerima Pihak donatur
…………………………….. …………………………. 

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !