Contoh Proposal Skripsi PENGARUH HAFALAN AYAT Al-QUR’AN DAN HADITS PILIHAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR QUR’AN HADITS

PENGARUH HAFALAN AYAT Al-QUR’AN DAN HADITS PILIHAN
TERHADAP PRESTASI BELAJAR QUR’AN HADITS 
KELAS IV DI MI AL-KHOLIDIYAH 

A. Latar Belakang Masalah

Ilmu pengetahuan merupakan sesuatu yang sangat penting dan mendasar. Hal ini dikarenakan ilmu pengetahuan merupakan salah satu kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia untuk mencapai tujuan hidupnya, baik tujuan hidup di dunia maupun di akhirat.
Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan pedoman khusus. Al-Qur’an merupakan wahyu Allah SWT yang dibukukan yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril sebagai mu’jizat dan membacanya dianggap sebagai ibadah serta merupakan sumber utama bagi umat Islam. Al-Qur’an dijadikan tumpuan pertama untuk menangani segala masalah yang berhubungan dengan tata hidup islam, cara berfikir, pemantapan nilai-nilai islam. Itulah sebabnya Al-Qur’an dikatakan sebagai pedoman hukum yang pertama dan utama dalam ilmu pengetahuan.
Belajar Al-Qur’an merupakan kewajiban utama bagi setiap muslim. Pendidikan juga merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, karena pendidikan yang berdasarkan pada Al-Qur’an dapat mengantarkan manusia pada derajat yang luhur sehingga membentuk kepribadian yang baik dan membentuk manusia yang berguna bagi agama, masyarakat, bangsa dan negara.
MI Al-Kholidiyah merupakan lembaga pendidikan agama yang pengembangan pembelajarannya menekankan pada pendidikan agama yang berdasarkan pada Al-Qur’an, karena Al-Qur’an sebagai dasar sekaligus sumber pendidikan. MI Al-Kholidiyah memiliki ciri khas tersendiri didalam proses pelaksanaan pembelajaran, materi pendidikan agama tidak hanya diberikan pada saat jam pelajaran berlangsung, tetapi juga diberikan pada jam khusus yaitu pada setiap pagi sebelum jam pelajaran dimulai para siswa dituntut untuk setoran menghafal ayat Al-Qur’an dan hadits pilihan dan setiap seminggu sekali yaitu pada hari jum’at para siswa secara bersama-sama melafadzkan ayat Al-Qur’an dan Hadits pilihan yang sudah disetorkan. Hal ini dilakukan agar siswa terbiasa untuk menghafalkan Al-Qur’an dan para guru berharap kebiasaan ini bisa menjadi motivasi bagi para siswa untuk dapat menghafalkan Al-Qur’an 30 juz. Tujuan menghafal Al-Qur’an itu merupakan sarana untuk menjaga kemurnian, kesucian dan kebenaran Al-Qur’an seperti sediakala. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Hijr ayat 9 sebagai berikut :
  •       
Artinya : “Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Qur’an dan sesungguhnya kami benar-benar memeliharanya”. (QS, Al Hijr : 9)
Mata pelajaran Al-Qur’an Hadits merupakan merupakan unsur mata pelajaran agama Islam (PAI) pada madrasah yang memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang Al-Qur’an dan hadits sebagai sumber ajaran agama Islam. Mata pelajaran Al-Qur’an Hadits sebagai bagian yang integral dan pendidikan agama di Madrasah, secara substansial memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk memahami dan mempraktekkan nilai-nilai keyakinan keagamaan yang bersumber pada Al-Qur’an dan Hadits dalam bentuk akhlaqul karimah dalam kehidupan sehari-hari.
Mata pelajaran Al-Qur’an Hadits tidak hanya mengantarkan peserta didik untuk menguasai berbagai macam pengetahuan tentang Al-Qur’an dan Hadits, tetapi yang terpenting bagaimana peserta didik dapat mengamalkan ajaran-ajaran itu dalam kehidupan sehari-hari, maka dalam proses pembelajarannya harus menekankan keutuhan dan keterpaduan antara ranah kognitif, ranah afektif (minat, sikap, moral, nilai-nilai yang terkandung pada Al-Qur’an dan Hadits) dan ranah psikomotorik.
Dari uraian diatas terlihat jelas bahwa di MI Al Kholidiyah memiliki ciri khas pembelajaran yaitu adanya kegiatan menghafal ayat Al-Qur’an dan Hadits pilihan yang dilakukan. Dari fenomena pendidikan tersebut penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian secara lebih mendalam apakah kegiatan menghafal ayat Al-Qur’an dan Hadits ini nantinya berpengaruh terhadap prestasi belajar bidang studi Al-Qur’an Hadits.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh hafalan ayat Al-Qur’an dan Hadits pilihan terhadap prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits IV di MI Al-Kholidiyah kecamatan binangun kabupaten cilacap tahun pelajaran 2013/2014?”

C. Definisi Operasional

Untuk menghindari salah pengertian dan supaya dapat lebih dipahami maksud judul skripsi ini, maka penulis merasa perlu memberikan penjelasan terhadap kata-kata dalam judul skripsi ini, antara lain :
1. Pengaruh
Pengaruh adalah daya yang ada dan timbul dari suatu (orang, benda dsb) yang ikut membentuk watak kepercayaan atau perbuatan seseorang (Depdikbud, 1993 : 664). Jadi yang dimaksud daya disini adalah kelabihan yang ada atau timbul dari kegiatan menghafal ayat Al-Qur’an dan Hadits pilihan yang ikut mempengaruhi prestasi belajar.
2. Hafalan Ayat Al-Qur’an dan Hadits Pilihan
a. Hafalan
Dalam bahasa Indonesia kata hafalan berasal dari kata dasar hafal yang mempunyai arti :
1) Telah masuk dalam ingatan
2) Dapat mengucapkan diluar kepala (tanpa melihat buku /catatan lain). (Pusat pembinaan dan pengembangan bahasa, 1993 : 291)
b. Ayat al-Qur’an dan Hadits pilihan
Adapun yang dimaksud ayat Al-Qur’an dan Hadits pilihan adalah ayat Al-Qur’an dan Hadits yang pilih oleh pihak sekolah (guru) yang diambil dari materi yang ada dalam pokok bahasan mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.
Jadi yang dimaksud dengan kegiatan menghafal ayat Al-Qur’an dan Hadits pilihan adalah aktifitas menghafal ayat dan hadits yang dipilih oleh guru dan diambil dari materi mata pelajaran al-Qur’an Hadits.
3. Prestasi Belajar
Prestasi adalah hasil yang telah dicapai (poerwadarminta, 1984: 768). Belajar adalah suatu proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu pembahasan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya (Slameto, 1995:2).
Dari definisi diatas maka dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar adalah hasil yang dicapai setelah menjalankan proses untuk memperoleh suatu pembahasan tingkah laku yang baru.

4. Qur’an Hadits
Zakiyah Daradja (2002 : 86) menjelaskan yang dimaksud dengan mata pelajaran Qur’an Hadits adalah pendidikan dengan memalui ajaran Qur’an Hadits, yang berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak didik, agar nantinya setelah selesai pendidikan ini ia dapat memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran Al-Qur’an Hadits yang telah diyakininya secara menyeluruh serta menjadikan Al-Qur’an  Hadits itu sebagai pandangan hidup (Way of Life) di dunia dan akhirat.
Sedang yang dimaksud dalam skripsi ini Al-Qur’an Hadits adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di MI Al-Kholidiyah.

5. Siswa MI Al-Kholidiyah
MI Al-Kholidiyah adalah Madrasah Ibtidaiyah Swasta yang bernaung dalam lingkup Kementrian Agama yang beralamat Jalan Jendral Gatot Subroto Nomor 32 Widarapayung wetan, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap.
Dalam skripsi ini, yang dimaksud siswa MI Al-Kholidiyah adalah semua siswa MI Al-Kholidiyah yang duduk di kelas IV pada tahun pelajaran 2013/2014.

D. Tujuan dan Manfaat Penelitian

1. Tujuan Penelitian
a. Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hafalan ayat Al-Qur’an dan Hadits pilihan terhadap prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas IV di MI Al-Kholidiyah kecamatan binangun kabupaten cilacap tahun pelajaran 2013/2014.
b. Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kegiatan hafalan ayat Al-Qur’an dan Hadits pilihan terhadap prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas IV di MI Al-Kholidiyah kecamatan binangun kabupaten cilacap tahun pelajaran 2013/2014.
c. Untuk melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu kegiatan penelitian ilmiah.

2. Manfaat Penelitian
a. Untuk memberikan informasi sebagai bahan pertimbangan bagi MI Al-Kholidiyah pada umumnya dan bidang studi al-Qur’an Hadits pada khususnya.
b. Sebagai masukan tambahan pustaka STAIN Purwokerto berupa hasil penelitian.

E. Telaah Pustaka

Penelitian tentang pengaruh hafalan ayat Al-Qur’an dan Hadits pilihan dan tentang Al-Qur’an Hadits sudah banyak dilakukan. Dari hasil penelusuran yang dilakukan oleh peneliti terhadap kajian-kajian yang telah ada, ada beberapa skripsi yang meneliti tentang pengaruh hafalan ayat Al-Qur’an dan Hadits pilihan dan tentang Al-Qur’an Hadits.
Pertama, penelitian yang dilakukan oleh saudari Lu’luil Ma’nunah (STAIN Purwokerto 2009) dengan judul “ Studi Korelasi kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an dengan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas IX semester I MTs Ma’arif NU 2 Cilongok tahun pelajaran 2008/2009”. Dalam penelitian tersebut diungkapkan bahwa kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an ada korelasinya dengan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits.
Kedua, penelitian yang dilakukan oleh saudari Emi Puji putranti (STAIN Purwokerto 2006) dengan judul “ Pengaruh Hafalan Juz Amma dan Hadist Pilihan Terhadap Prestasi Belajar al-Qur’an Hadits Siswa Kelas III MTs NU 1 Sumbang.” Dalam penelitian tersebut diungkapkan bahwa hafalan Juz Amma dan Hadits pilihan berpengaruh terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits.
Dari pustaka yang peneliti telaah terdapat kesamaan dan perbedaan dengan skripsi peneliti. Persamaannya adalah sama-sama mengkaji tentang prestasi belajar Al-Qur’an Hadits. Adapun perbedaannya adalah yang mempengaruhi prestasi belajar Al-Qur’an Hadits, lokasi, dan waktu penelitian.

F. Hipotesis

Hipotesis adalah suatu dugaan jawaban yang paling memungkinkan walaupun masih harus dibuktikan dengan penelitian. (Pratiwi, 2009 : 50-51)
Hipotesis dalam penelitian terbagi menjadi dua jenis hipotesis :
1. Hipotesis Nol, yaitu hipotesis yang menyatakan ketidakadanya hubungan antar variabel.
2. Hipotesis alternatif atau kerja, yaitu hipotesis yang menyatakan adanya hubungan antar variabel. (Suharsimi Arikunto, 2005 : 47)
Hipotesis nol menyatakan tidak ada pengaruh hafalan ayat Al-Qur’an dan Hadits pilihan terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits MI Al-Kholidiyah. Sedangkan hipotesis kerja menyatakan ada pengaruh hafalan ayat Al-Qur’an dan Hadits pilihan terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits MI Al-Kholidiyah.

G. Metode Penelitian

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa metode yang disesuaikan dengan macam-macam data yang akan dikumpulkan. Adapun metode-metode tersebut adalah sebagai berikut :

1. Jenis Penelitian
Jenis penelitian ini adalah field research (lapangan) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dalam melaksanakan langkah-langkah penelitiannya untuk mendapatkan data secara lebih lengkap, tepat dan terarah dalam waktu yang efisien.
2. Lokasi Penelitian
Penelitian ini berlokasi di MI Al-Kholidiyah yang beralamat Jalan Jendral Gatot Subroto Nomor 32 Widarapayung wetan, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, dengan pertimbangan sebagai berikut :
a. Di sekolah tersebut memiliki jumlah siswa yang representatif untuk dijadikan penelitian.
b. Di sekolah ini memiliki srana dan prasarana yang mendukung kelancaran penelitian.
3. Variabel Penelitian
Dalam penelitian ini, variabel dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :
a. Variabel bebas atau variabel x(independent variabel), merupakan variabel yang mempengaruhi variabel lain atau menghasilkan akibat pada variabel lain, yang pada umumnya berada dalam urutan tata waktu yang terjadi lebih dulu.
b. Variabel terikat atau variabel y (dependent variable), merupakan variabel yang diakibatkan atau dipengaruhi oleh variabel bebas. (Nanang Martono. 2011 :57)
Yang menjadi variabel bebas dalam penelitian ini adalah kegiatan menghafal ayat Al-Qur’an dan Hadits pilihan yang dilakukan oleh siswa kelas IV MI Al-Kholidiyah. Dan yang menjadi variabel terikat adalah prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.
4. Subjek Penelitian
Subjek penelitian adalah benda, hal, atau orang tempat variabel penelitian melekat. (Suharsimi Arikunto, 2005 : 99)
Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Al-Kholidiyah tahun pelajaran 2013/2014. Jumlah keseluruhannya adalah 42 siswa.
Apabila subjek kurang dari 100, lebih baik diambil semua, dan jika subjeknya besar dapat diambil antara 10-15% atau 20-25% atau lebih. (Arikunto, 1998 : 120). Berdasarkan pendapat tersebut penulis menggunakan penelitian populasi. Kareja jumlah siswa kelas IV MI Al-Kholidiyah kurang dari 100 siswa.
5. Metode Pengumpulan Data
Untuk mengumpulkan data yang valid, maka peneliti menggunakan metode pengumpulan data sebagai berikut :
a. Metode Tes
Tes adalah cara (yang dapat dipergunakan) atau prosedur (yang perlu ditempuh) dalam rangka pengukuran dan penilaian dibidang pendidikan, yang berbentuk pemberian tugas atau serangkaian tugas baik berupa pertanyaan-pertanyaan (yang harus dijawab), atau perintah-perintah (yang harus dikerjakan) oleh testee, sehingga (atas data yang diperoleh dari hasil pengukuran tersebut) dapat dihasilkan nilai yang melambangkan tingkah laku atau prestasi testee. (Anas Sudijono, 2011 : 67)
Tes digunakan untuk memperoleh data kuantitatif penguasaan materi Al-Qur’an Hadita yang telah diberikan. Bentuk tes yang peneliti gunakan adalah bentuk Multiple choise (tes pilihan ganda) dan bentuk Completion (tes isian). Tes pilihan ganda yang peneliti gunakan terdiri dari 20 butir  sedangkan tes isian terdiri dari 5 butir soal.
b. Metode Observasi
Observasi adalah cara menghimpun bahan-bahan keterangan (data) yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan dan pencatatan secara sistematis terhadap fenomena-fenomena yang sedang dijadikan sasaran pengamatan. (Anas Sudijono, 2011 : 76)
Metode ini digunakan untuk mengamati proses pembelajaran di sekolah dan untuk mengamati secara langsung terhadap subjek penelitian ketika mereka sedang melakukan kegiatan menghafal ayat Al-Qur’an dan Hadits pilihan.
c. Metode Angket
Angket adalah daftar pertanyaan yang diberikan kepada orang lain yang dimaksudkan agar orang yang diberi tersebut bersedia memberikan respons sesuai dengan permintaan pengguna. (Suharsimi Arikunto, 2005 : 102-103)
Metode ini digunakan untuk memperoleh data dari responden tentang hal-hal yang berkaitan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, seperti asal sekolah siswa, tanggapan siswa terhadap mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, kegiatan menghafal ayat al-Qur’an dan Hadits, serta tanggapan siswa terhadap guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dalam mengajar.
d. Metode Dokumentasi
Metode atau teknik dokumentasi adalah cara mengumpulkan data melalui peninggalan tertulis, seperti arsip, termasuk juga buku tentang teori, pendapat, dalil, atau hukum, dan lain-lain yang berhubungan dengan masalah penelitian. (Nurul Zuriah, 2009 : 191)
Metode ini dilakukan untuk meneliti bahan dokumentasi yang ada dan mempunyai relevansi dengan hal-hal yang berkaitandengan tujuan penelitian, data yang diperoleh dengan metode ini yaitu tentang jumlah siswa, keadaan, guru dan karyawan, serta sarana dan prasarana kegiatan belajar mengajar di MI Al-Kholidiyah.
e. Metode Interview
Interview atau wawancara adalah cara menghimpun bahan-bahan keterangan yang dilaksanakan dengan melakukan tanya jawab lisan secara sepihak, berhadapan muka, dan dengan arah serta tujuan yang telah ditentukan. (Anas Sudijono, 2011 : 82)
Metode ini digunakan untuk mencari informasi tentang perkembangan MI Al-Kholidiyah, kondisi dan pelaksanaan pembelajaran, bagaimana daya serap siswa terhadap proses pembelajaran, faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, tindak lanjut pembelajaran dan pengembangan pembelajaran.

H. Analisis Data

Setelah data-data yang diperoleh terkumpul langkah selanjutnya yaitu menganalisa data dan menginterprestasikan dengan tepat, karena hal ini sangatlah menentukan keberhasilan penelitian itu sendiri.

I. Sistematika Penulisan.

Untuk memudahkan dalam memahami isi yang terkandung dalam skripsi ini, maka peneliti membagi menjadi tiga bagian, yaitu : bagian awal, bagian utama, dan bagian akhir, penjabarannya adalah sebagai berikut :
Dalam bagian awal terdiri dari halaman judul, halaman nota pembimbing, halaman pernyataan, halaman pengesahan, halaman motto, halaman persembahan, kata pengantar, abstrak, daftar isi, daftar tabel, dan daftar gambar.
Pada bagian utama, peneliti membagi menjadi lima bab, yaitu :
Bab I   : Pendahuluan, yang berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, definisi operasional, tujuan dan manfaat penelitian, hipotesis, telaah pustaka, metode penelitian dan sistematika penulisan.
Bab II   :  merupakan landasan teori yang berisi hafalan ayat Al-Quran dan Hadits serta prestasi belajar Al-Qur’an Hadits yang meliputi tiga sub bab, yaitu:
Sub bab pertama adalah mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yang meliputi pengertian Al-Qur’an Hadits, tujuan dan fungsi mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, ruang lingkup mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, materi mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, pendekatan pembelajaran Al-Qur’an Hadits, dan penilaian hasil belajar Al-Qur’an Hadits.
Sub bab kedua adalah hafalan ayat Al-Qur’an dan Hadits pilihan, meliputi pengertian hafalan, tujuan hafalan, materi hafalan, penilaian hafalan.
Sub bab ketiga adalah prestasi belajar, meliputi pengertian prestasi belajar, faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar.
Bab III  :  Gambaran umum MI Al-Kholidiyah, meliputi letak geografis, sejarah berdirinya, keadaan siswa dan guru, srana dan prasarana, struktur organisasi, prestasi yang diraih serta wilayah penelitian.
Bab IV  :  Bab ini merupakan hasil penelitian, yaitu berupa penyajian dan analisis data yang meliputi : Pertama, pelaksanaan penelitian meliputi metode penelitian, perlakuan atau eksperimen, dan pelaksanaan hafalan di MI Al-Kholidiyah. Kedua, penyajian data terdiri dari data primer dan data sekunder. Ketiga, analisis data dengan rumus t-tes dan chi kuadrat.
Bab V  :  Penutup, meliputi kesimpulan, saran, dan kata penutup.
Sedang pada bagian akhir skripsi ini berisi tentang daftar pustaka, lampiran-lampiran dan daftar riwayat hidup.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Penelitian, Cet 2. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Poerwadarminta. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Slameto. 1995. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Darajat, Zakiyah. 2002. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Pratiwi. 2009. Panduan Penulisan Skripsi. Yogyakarta : Tugu Publisher
Puji Putranti, Emi. 2006. Pengaruh Hafalan Juz Amma dan Hadist Pilihan Terhadap Prestasi Belajar al-Qur’an Hadits Siswa Kelas III MTs NU 1 Sumbang. Skripsi STAIN Purwokerto
Ma’nunah, Lu’luil. 2009. Studi Korelasi kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an dengan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas IX semester I MTs Ma’arif NU 2 Cilongok tahun pelajaran 2008/2009. Skripsi STAIN Purwokerto
Zuhriah, Nurul. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori dan Aplikasi. Jakarta : Bumi Aksara
Martono, Nanang. 2011. Metode Penelitian kuantitatif : Analisis isi dan Analisis Data sekunder. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Tinggalkan komentar