Deskripsi Leptosynapta clarki

Deskripsi

Leptosynapta clarki adalah teripang nguler. Melakukan fertilisasi eksternal, ukuran rata-rata 5 sampai 10 cm, namun bisa mencapai 14,5 cm. Kulit seperti jeruk pucat merah muda memiliki papilla kecil banyak yang berwarna oranye, merah muda atau merah. Lima otot membujur terlihat melalui kulit semi-transparan.Mempunyai tentakel menyirip seperti cakar biasanya terdapat 5-8 pasang digit lateral. Spesies ini memiliki kaki tabung atau pohon. Pertukaran udara oksigen terjadi melalui dinding tubuh yang tipis. Kulit ossicles: seperti  jangkar terkait dengan pelat jangkar oval berlubang,yang sederhana, batang lurus atau melengkung di kulit dan tentakel. Dalam L. clarki jangkar di bagian posterior tubuh lebih panjang dari jangkar tubuh anterior.

Deskripsi Leptosynapta clarki

Taksonomi

Identitas taksonomi dari Leptoyinapta Clarki nama setatus diterima, pengawasan terakhir pada tanggal 24 juni 1996, mempunyai klasifikasi sebagai berikut :

Kingdom : Animalia

Phylum : Echinodermata

Classis : Holothuroidea

Ordo : Apodida

Familly : Synaptidae

Genus : Leptosynapta

Species : Leptosynapta clarki

Sebuah tulisan ilmiah, Sewell dkk. (1995) menduga bahwa L. transgressor adalah varian ekologi subtidal L. clarki. Namun, akhirnya terbukti  dan telah ditetapkan sebagai spesies terpisah. L. roxtona dan L. clarki juga identik.

Morfologi Dan Fungsi

Deskripsi Leptosynapta clarki

Leptosynapta clarki mirip dengan L. transgressor, tapi rata-rata L. transgressor hanya 10 tentakel, dan kulitnya putih dengan bintik-bintik pigmen gelap merah dan papila tidak ada. L. transgressor biasanya subtidal. Sebuah tulisan ilmiah, Sewell dkk. (1995) menduga bahwa L. transgressor adalah varian ekologi subtidal L. clarki. Namun,akhirnya terbukti  dan telah ditetapkan sebagai spesies terpisah. L. roxtona dan L. clarki juga identik, menurut Sewell dkk.

Makanan Dan Cara Makan

Dewasa ini  Leptosynapta clarki memakan sedimen dan mencerna kandungan organik, seperti halnya cacing tanah lakukan. Leptosynapta clarki muda makan dan hidup pada rumput laut eelgrass dan lainnya. Di eelgrass, populasi Leptosynapta clarki dapat mencapai 245 per m².

Perkembangbiakan

Leptosynapta clarki secara s3ksual matang setelah 1 tahun (Nyholm 1951) dan Rhabdomolgus interstisial ruber memiliki gonad dalam 4 sampai 5 mo pernyataan dariLeptosynapta clarki secara s3ksual matang setelah 1 tahun (Nyholm 1951) dan Rhabdomolgus interstisial ruber memiliki gonad dalam 4 sampai 5 mo pernyataan dari (Menker 1970). Spesies jantan  mengeluarkan sperma pada  pertengahan November sampai pertengahan Desember. Beberapa ahli biologi menduga bahwa sperma masuk kebetina melalui pori-pori pada dinding kloaka, atau melalui gonopore, untuk membuahi telur. Diameter rata-rata telur matang dicatat dalam sebuah studi di False Bay, San Juan Island, sebesar 345 µm. Penelitian yang sama menunjukkan jumlah maksimum telur adalah 2.495 per betina. Telur induk betina diproduksi dari November hingga April. Selama waktu itu, kuning telur dari telur memberi nutrisi untuk berkembang. anakan memiliki ukuran 12 mm dengan 12 tentakel ketika mereka dikeluarkan induk melalui saluran circumanal yang menghubungkan rongga tubuh ke kloaka. Jenis ini adalah hermaprodit protandric: semua anakan keluar sebagai jantan, dan sekitar setengah dari mereka kemudian menjadi betina. Perubahan s3ks terjadi ketika individu sekitar 200 dan 400 mg dalam berat badan. Ada beberapa bukti bahwa perubahan s3ks dapat terjadi lebih dari sekali dalam masa hidupnya. Dijelaskan, jangkar mikroskopis berbentuk ossicles (2 sampai 8 per mm ²) membentuk tonjolan pada kulit yang memungkinkan teripang untuk pegangan sedimen saat mencari makan.

Habitat Populasi Dan Distribusi

Leptosynapta clarki biasanya mendiami flat lumpur antara akar eelgrass (Zostera). Jenis ini mentolerir berbagai
sedimen dari lumpur berpasir dengan kerikil.

Ini menempati semi permanen liang 8 sampai 10 cm di bawah permukaan. Hal ini terjadi di daerah terlindung dari gelombang langsung pada pantai baik dalam dan luar British Columbia dan Washington. Di Pulau Queen Charlotte di California tengah, terutama pada daerah pasang surut tapi 73 meter dari pantai.

Kekerabatan Dan Evolusi

Sewell dkk. (1995) menduga bahwa L. transgressor adalah varian ekologi subtidal L. clarki. Namun,akhirnya terbukti  dan telah ditetapkan sebagai spesies terpisah dan mungkin adalah hasil evolusi. L. roxtona dan L. clarki juga identik, menurut Sewell dkk.

Sewell, IM. A. (1991). Protandry in the sea cucumber Leptosynapta sp. Am. 2001.31: 104A

Sewell, M. A. (1994). Small size. brooding, and protandry in the apodid sea cucumber Leptosynapta clarkj. Biol. Bull. 187. 112-123.

Anonim,2012.http://linnet.geog.ubc.ca/efauna/Atlas/Atlas.aspx?sciname=Leptosynapta%20clarki&ilifeform=122. Diakses tanggal 09 April 2012, pukul 20: 06

Category: Ilmiah Tag:

About tohir

Ingin Belajar Sampai Dunia Alien, Bahwa berhenti belajar adalah kemunduran pemikiran. Tertarik pada hal baru yang mengundang penasaran.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !