Artikel, Berita

Fakta Semut Jepang dan Khasiatnya Bagi Kesehatan

Fakta Semut Jepang Dan Khasiat Bagi Kesehatan – Kita sebagai masyarakat awam sering terprofokasi dengan media sosial yang menginformasikan A, B, C. Namun kita perlu berhati-hati karena tidak semua informasi yang ada di internet adalah informasi benar.

Baik, bagaimana dengan fakta seputar semut Jepang, simak ulasan berikut.

Saya ingin menginformasikan dan meluruskan, bahwa semut jepang yang beredar dalam masyarakat dan di anggap memiliki manfaat adalah bukandari keluarga semut-semutan. Dan kita selama ini salah dalam menyebutkan penamaan pada hewan tersebut.

Jenis Semut Jepang Mana yang Katanya bermanfaat bagi kesehatan?

Dengan rasa penasaran yang sangat tinggi, saya berusaha mencari tahu apa itu semut jepang, bagaimana klasifikasinya. Namun saya tidak menemukan ciri-ciri yang saya cari. Dan informasi seputar semut jepang yang beredar dalam masyarakat bisa di bilang “salah”.

Kesalahan pertama adalah, dalam penyebutan semut Jepang itu sendiri. “Semut” Yang diyakini memiliki khasiat dalam kesehatan bukan semut Jepang seperti yang banyak orang sebutkan, yang namanya semut itu seperti ini :

Semut memiliki lebih dari 150 jenis di antaranya ‘Pachyondyla Pilosior’, ‘Losius Talpa’, ‘Polyergus Samurai’, ‘Stenamma Owatoni’, dan masih banyak lagi. Tetapi dari sekian ratus jenis semut Jepang, ciri – ciri mereka bisa dibilang serupa dan sangatlah mirip.

Baik saya lampirkan scren shot dari tabel klasifikasi biologis dari salah satu semut yang benar :

klasifikasi semut

Ciri ciri semut secara umum :

Tubuh semut terdiri atas tiga bagian, yaitu kepala, mesosoma (dada), dan metasoma (perut).

Morfologi semut cukup jelas dibandingkan dengan serangga lain yang juga memiliki antena, kelenjar metapleural, dan bagian perut kedua yang berhubungan ke tangkai semut membentuk pinggang sempit (pedunkel) di antara mesosoma (bagian rongga dada dan daerah perut) dan metasoma (perut yang kurang abdominal segmen dalam petiole). Petiole yang dapat dibentuk oleh satu atau dua node (hanya yang kedua, atau yang kedua dan ketiga abdominal segmen ini bisa terwujud).

Yang namanya semut ya seperti pada gambar di atas beserta deskripsinya itu, jangan salah ya !, lalu bagaimana dengan semut Jepang yang beredar dan dianggap berkhasiat di masyarakat?

Nah, ini yang harus di luruskan, semut jepang yang beredar dalam masyarakat adalah bukan keluarga semut-semutan yang sering kita lihat, namun memiliki ciri-ciri fisik/morfologi sebagai berikut :

Ciri ciri semut jepang yang beredar di masyarakat adalah sebagai berikut :

Berkaki 6, dengan ruas terdiri dari ruas kepala (head), leher (thorak) dan badan (abdomen). Ruas abdomen lebih besar.

Klasifikasi Semut Jepang

  1. Ukurannya kecil hanya beberapa milimeter.
  2. Bentuknya hampir mirip kutu beras tetapi kutu beras yang tidak ada moncongnya.
  3. Berbadan keras
  4. Ukurannya kecil sekitar 1-2 cm
  5. Pada sayapnya terdapat garis-galis lurus halus.
  6. Bersayap tetapi tidak dapat terbang
  7. Hidup berkelompok (berkoloni)
  8. Suka bereproduksi (berkembang biak)
  9. Bukan hewan kanibal.
  10. Suka hidup pada ragi
  11. Makanannya hanya ragi, tidak diberi air atau makanan lain.

Semut jepang ini tidak seperti species semut (Hymenoptera ) pada umumnya, namun lebih mirip species serangga Tenebrio Molitor. Tenebrio Molitor dimanfaatkan larvanya yang sering disebut Ulat Hongkong lebih dikenal dengan sebutan Meal Worm atau Yellow Meal Worm.

Berikut gambar dari Tenebrio Molitor dan fase perkembanganya :

Fakta Semut Jepang
Fakta Semut Jepang

Gambar Perkembangannya:

Fase perkembangan semut jepang

Berikut Taksonomi / Taxonomy dan Klasifikasi dari serangga yang di sebut sebagai semut Jepang dan mirip dengan Tenebrio Molitor.

Kingdom             : Animalia (Animals)

Phylum                 : Arthropoda (Arthropods)

Class                     : Insecta (Insects)

Order                   : Coleoptera (Beetles)

Suborder           : Polyphaga (Water, Rove, Scarab, Longhorn, Leaf and Snout Beetles)

Superfamily         : Tenebrionoidea (Fungus, Bark, Darkling and Blister Beetles)

Family                 : Tenebrionidae (Darkling Beetles)

Subfamily           : Tenebrioninae

Tribe                     : Tenebrionini

Genus                   : Tenebrio (Mealworm beetles)

Species                 : Tenebrio molitor (yellow mealworm)

Reproduksi “ yang sering kita sebut Semut Jepang” padahal jenis Tenebrio molitor (sejenis kumbang-kumbangan) :

Memiliki tingkat reproduksi yang subur . Memiliki tiga tahapan perkawinan : laki-laki mengejar betina , Lalu berpasangan dan jantan melakukan penetrasi , dan terakhir menyuntikkan sperma . Dalam beberapa hari betina akan meletakkan sekitar 500 telur dalam sarang/ tanah gembur. Setelah empat sampai 19 hari telur menetas.

Apakah Hewan tersebut benar-benar bermanfaat untuk kesehatan ?

Nah, untuk yang satu ini masih pro kontra. Dari informasi yang saya dapatkan, jenis Tenebrio molitor dapat di konsumsi pada fase larva. Dan dari artikel yang saya dapatkan tidak menyebutkan hewan ini memiliki khasiat menyembuhkan, namun memang memiliki protein yang tinggi jika dimakan pada fase larva.

Untuk lebih detail, berikut saya tuliskan kandungan gizi dari larva Tenebrio Molitor

Kandungan nutrisi diantaranya protein kasar mencapai 48%, lemak kasar berkisar 40%, kadar abu hingga 3%, kadar air mencapai 57%, serta kandungan ekstra non nitrogen sebesar 8%.

Karena saya sendiri belum menemukan tulisan medis dari khasiat semut Jepang, Maka saya akan berikan beberapa manfaat yang katanya bisa di dapat dari semut jepang. Namun saya sediri tidak menjamin kebenarnya, konom semut Jepang berkhasiat sebagai berikut :

  1. Semut Jepang berguna untuk menjadikan tingkat kolesterol di darah normal, khususnya untuk orang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi pada darah.
  2. Mengobati dan meringankan penyakit jantung.
  3. Mengobati dan meringankan penyakit asam urat, khusus orang dengan kadar asam urat tinggi di tubuh.
  4. Menjadikan jumlah gula di darah menjadi stabil, cocok untuk orang yang terserang penyakit diabetes.
  5. Menjadikan tekanan darah stabil, khususnya untuk orang yang menderita hipertensi (penyakit darah tinggi).
  6. Mampu menambah vitalitas dari pria maupun wanita, cocok bagi pria maupun wanita dengan jam kerja tinggi serta kesibukan untuk sehari-harinya, tubuh pun dapat menjadi lebih segar dengan semut Jepang.

Bagi saya, sebelum Anda mencoba pengobatan dengan semut Jepang, Alangkah baiknya tanyakan pada dokter atau ahli nutrisi yang lebih tahu. Perlu adanya penelitian lebih lanjut terkait khasiat semut Jepang yang sudah kadung buming dalam masyarakat.

Baca : Khasiat Air Teh Basi Bagi Rambut

Semoga bermanfaat

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !