Faktor-Faktor Pertumbuhan Rumput Laut

Faktor pertumbuhan rumput laut –  Komunitas rumput pada suatu perairan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantara faktor-faktor lingkungan yang merupakan syarat tumbuh dan distribusi rumput laut dapat diklasifikasikan dalam faktor fisika, kimia, biologi dan faktor dinamika laut.

1. Faktor Fisika meliputi substrat, suhu/temperature dan cahaya matahari.

 
a. Substrat
• Ada dua tipe substrat :
  1. Tipe keras seperti batu karang, karang hidup, batu vulkanik
  2. Tipe lunak seperti pasir, lumpur, campuran pasir dan Lumpur serta campuran pasir dan pecahan karang.
Tempat tumbuh rumput laut ini berfungsi untuk tempat menempel agar tahan terhadap terpaan ombak.
 
b. Suhu /temperature permukaan
Suhu mempunyai pengaruh terhadap kecepatan fotosintesis, sampai pada titik tertentu kecepatan fotosintesis akan meningkat dengan makin meningkatnya suhu. Temperatur yang baik untuk pertumbuhan rumput laut antara 28o-28oC. Suhu air laut umumnya berkisar antara -7o C sampai 42oC.
c. Cahaya matahari
Cahaya matahari adalah sumber energi bagi fotosintesis, karena itu cahaya mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap proses fotosintesis. Pengaruhnya meliputi 3 hal, yaitu intensitas cahaya, lamanya penyinaran dan kualitas panjang cahaya atau panjang gelombang

2. Faktor Kimia meliputi Salinitas dan derajat keasaman (pH) air laut dan zat hara.

 
a. Salinitas
Salinitas merupakan ukuran bagi jumlah berbagai zat padat yang terlarut pada satuan volume air. Umumnya rumput laut hidup pada kondisi perairan yang bersalinitas 28-38o/oo dan batas salinitas terendah untuk pertumbuhan rumput laut adalah 24o/oo. kesuburan Gracillaria verucosa dapat dipengaruhi oleh kadar garam yang tinggi antara 30 sampai 35 o/oo.
Faktor-FaktorPertumbuhan Rumput Laut
Salinitas air laut berpengaruh terhadap distribusi pertumbuhan rumput laut. Berkurangnya salinitas pada air laut dapat menyebabkan perubahan morfologi dan fisiologi jenis rumput laut tertentu seperti Caulerpa, Porphyra dan Euchema.
Ket : o/oo berarti per seribu persen
b. Derajat keasaman (pH) Air Laut
Derajat keasaman (pH) air laut berkisar antara 7,9 sampai 8,3 dan cenderung bersifat alkalis, ini disebabkan karena adanya CO2 baik dalam bentuk karbonat maupun bikarbonat, bikarbonat melepaskan CO2 bebas dan digunakan rumput laut untuk fotosintesis.
Toleransi rumput laut terhadap pH bervariasi dan dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain suhu air, oksigen terlarut, daya menggabung asam dan adanya kation serta jenis dan stadia organisme.
c. Zat hara
Zat hara di perairan mempengaruhi proses reproduksi, perkembangan, morfologi dan distribusi rumput laut.

3. Faktor Biologi meliputi persaingan, pemangsaan dan perlindungan

a. Persaingan
Perkembangan rumput laut tidak lepas dari pengaruh luar, terutama jenis rumput laut yang lainnya. Hubungan tersebut ada yang merugikan dan ada yang menguntungkan.
b. Pemangsaan
Herbivora adalah faktor eksternal penting yang akan menggangu keseimbangan komunitas, akibatnya akan timbul reaksi dari sistem komunitas yang menjurus kearah perubahan komposisi jenis-jenis rumput laut. Semua golongan herbivore mempunyai potensi sebagai faktor penghambat, pemicu maupun pemusnah perkembangan komunitas rumput laut.
c. Perlindungan
Bentuk-bentuk perlindungan alga bisa berupa perlindungan secara kimia, perlindungan non-kimia, dengan pengaturan reproduksi maupun dengan sifat sosial.

4. Faktor dinamik meliputi Gelombang dan Arus laut, dan Pasang-Surut.

a. Arus laut
Gerakan air selain berfungsi untuk mensuplai hara, membantu memudahkan rumput laut menyerap zat hara, membersihkan kotoran yang ada, dan melangsungkan pertukaran CO2  dan O2 sehingga kebutuhan oksigen dapat terpenuhi. Gerakan air mengalir (arus) yang baik untuk pertumbuhan rumput laut antara 20-40 Cm/detik.
b. Pasang-surut
Pasang-surut merupakan faktor lingkungan yang paling penting yang mempengaruhi kehidupan di daerah intertidal (Intertidal zone). Hal ini disebabkan oleh kisaran yang luas pada banyak faktor fisik akibat hubungan langsung yang bergantian antara keadaan terkena udara bebas dan terendam air.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !