KEHIDUPAN BUMI DI MULAI DARI MIKROALGA

KEHIDUPAN BUMI DI MULAI DARI MIKROALGA – Sebelum membahas mikroalga, mari kita mengerti dulu apa itu mikroalga. Mikroalga adalah sejenis fitoplangton. Fitoplankton merupakan tumbuhan mikro yang terdapat didalam perairan. Ada istilah Plankton, fitopalnkton dan zooplankton. Kita sering salah mengartikan. Pernah melihat filem spongbob, disitu ada karekter plakton yang selalu jahat kepada tuan creb, sebenarnya karakter pankton tersebut dalam ilmu biologi disebut  zooplankton yaitu hewan mikro yang hidup dalam perairan. Plankton merupakan nama umum dari fitoplakton dan zooplankton. Nah Mikroalga merupakan jenis dalam  golongan fitoplankton.

Mikroalga sangat berjasa buat bumi ini, karena merupakan pembuka kehidupan di planet bumi ini. Mikroalga memungkinkan adanya makhluk hidup yang lebih tinggi tingkatannya di muka bumi. Menurut evolusi, mikroalga diketahui telah hidup jauh sebelum manusia ada, dengan jarak sekitar beberapa ratus juta tahun. Mikroalga bersifat autotrof (dapat membuat makanan sendiri). Mikroalga mampu merubah hara anorganik menjadi organik dan merupakan organisme penghasil oksigen (O2).

Kemampuan mikroalga dalam memanfaatkan zat anorganik merupakan sebuah kelebihan. Dimana pada saat itu bumi belum ada kehidupan, seluruh lapisan bumi tersusun atas zat anorganik yang beracun bagi makhluk lain, namun mikroalga malah memanfaatkanya.

Sifat mikroalga sangat menguntungkan bagi organisme lain karena memungkinkan organisme yang lebih tinggi tingkatannya seperti ikan untuk dapat hidup dengan produk-produk yang dihasilkan dari mikroalga, salah satunya oksigen. Oksigen merupakan faktor penting penunjang kehidupan bumi ini.

Mikroalga menghasilkan oksigen, oksigen di manfaatkan oleh makhluk hidup lain untuk kehidupan mereka. Bayangkan jika bumi ini tidak ada mahluk hidup sperti mikroalga.  Dan menunggu reaksi terbentunya oksigen hanya oleh reaksi Ozonisasi.

Category: Ilmiah Tag:

About tohir

Ingin Belajar Sampai Dunia Alien, Bahwa berhenti belajar adalah kemunduran pemikiran. Tertarik pada hal baru yang mengundang penasaran.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !