Fitur dan Arsitektur Software Sistem Operasi Android

Fitur dan Arsitektur Software Sistem Operasi Android – Android adalah sebuah platform pertama yang betul-betul terbuka dan komprehensif untuk perangkat mobile, semua perangkat lunak yang ada difungsikan menjalankan sebuah device mobile tanpa memikirkan kendala kepemilikan yang menghambat inovasi pada teknologi mobile.

Android lahir beberapa dekade setelah internet berkembang pesat, Sejarah perkembangan android tidak lepas dari sejarah perkembangan internet.

Oke, mari kita lihat fitur dan arsitektur android ini ;

#1. Fitur Android

Fitur yang tersedia pada platform Android saat ini antara lain:

  • Fitur Android Framework Aplikasi yang mendukung penggantian komponen dan reusable.
  • Fitur Android Mesin Viritual Dalvik berjalan di atas Linux kernel yang dioptimalkan untuk perangkat mobile.
  • Fitur Android Intergrated browser berdasarkan open source engine WebKit.
  • Fitur Android Grafis yang dioptimalkan dan didukung oleh library grafis 2D yang terkustomisasi, grafis, 3D berdasarkan spesifikasi openGL ES 1.0 (Opsional Akselerasi Hardware) .
  • Fitur Android SQLite untuk menyimpan data.
  • Media support yang mendukung audio, video, dan gambar (MPEG4, H.264, MP3, ACC, AMR, JPG, PNG, GIF).
  • GSM Telephoning (Tergantung Hardware)
  • Bluetooth, EDGE, 3G, dan WIFI (tergantung Hardware)
  • Dukungan perangkat tambahan, android dapat memanfaatkan kamera, Layar sentuh, Accelerometers, Magnetometers, GPS, Akselerasi 2D (dengan perangkat Orientasi, Scalling, konversi format piksel) dan Akselerasi grafis 3D
  • Fitur Android Multi-Touch, kemampuan layaknya handset modern yang dapat menggunakan dua jari atau lebih untuk berinteraksi dengan perangkat.
  • Lingkungan development yang lengkap dan kaya termasuk perangkat emulator, tools untuk debugging, profil dan kinerja memori dan plugin untuk Eclipse IDE.
  • Market, seperti kebanyakan ponsel yang memiliki tempat penjualan aplikasi, Market pada android merupakan katalog aplikasi yang dapat di download dan diinstal pada ponsel melalui internet.

#2. Arsitektur Android

Gambar arsitektur android

Fitur dan Arsitektur Software Sistem Operasi Android

Arsitektur Android

Secara sederhana arsitektur android merupakan sebuah kernel Linux dan  sekumpulan pustaka  C /C++  dalam  suatu  framework yang menyediakan dan  mengatur alur proses aplikasi. Diagram berikut ini menunjukkan komponen utama dari sistem operasi Android.

Sekilas sejarah android ;

Pada tahun 2005 Google mengakuisisi Android Inc yang pada saat itu dimonitori oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Yang kemudian pada tahun itu juga memulai membangun platform  Android secara intensif.

Kemudian pada tanggal 12 November 2007 Google bersama Open Handset Alliance yaitu sebuah konsorsium perangkat mobile terbuka, merilis Google Android SDK, setelah mengumumkannya seminggu sebelumnya. Dan sambutannya sangat luar biasa, hampir semua media berita tentang IT dan  Programming memberitakan tentang dirilisnya  Android SDK (Software Development Kit).

Baca juga :

Google bersama dengan OHA merilis paket software SDK yang lengkap untuk mengembangkan aplikasi pada perangkat mobile.

Yaitu ;

Sistem Operasi, Middleware dan Aplikasi Utama untuk perangkat mobile. Sebagai programmer atau developer bisa melakukan segalanya, mulai dari membuat aplikasi pengiriman SMS hanya dengan dua baris kode, hingga mengganti event pada Home Screen pearangkat Android. Selain itu, bahkan dengan mudah kita bisa membuat dan merubah Sistem Operasi-nya atau mengganti semua aplikasi default dari Google.

Demikian artikel berjudul Fitur dan Arsitektur Android, salam

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !