Format Sinopsis Usulan Penelitian Biologi

Sinopsis Usulan Penelitian

Judul  : Uji Kemampuan 4 isolat Trichoderma dalam Mendegradasi Limbah Cair Tahu

Nama mahasiswa : Paijo

NIM : B1J009180

Latar Belakanag : Trichoderma adalah fungi saprofit yang bisa ditemukan di dalam tanah, kayu lapuk, sisa tanaman, buah dan jerami. Trichoderma merupakan salah satu fungi yang mampu mendegradasi beberapa substrat seperti lignin, serat kasar, selulosa, hemiselulosa, kitin, serta senyawa organik yang mengandung nitrogen dan karbon. Limbah cair tahu merupakan limbah organik berupa cairan kental yang terpisah dari gumpalan tahu yang disebut dengan air dadih (whey). Komponen terbesar dari limbah cair tahu yaitu bahan organik, sehingga masuknya limbah cair tahu ke lingkungan perairan akan meningkatkan total nitrogen di perairan tersebut. Senyawa-senyawa organik di dalam air buangan tersebut dapat berupa protein, karbohidrat, lemak dan minyak. Diantara senyawa-senyawa tersebut, protein dan karbohidrat  jumlahnya paling besar. Dampak yang ditimbulkan oleh pencemaran bahan organik limbah industri tahu adalah gangguan terhadap kehidupan biotik. Aktivitas organisme salah satunya jamur dapat memecah molekul organik yang kompleks menjadi molekul organik yang sederhana. Fungi mempunyai kebutuhan nitrogen yang rendah dan dapat tumbuh baik dikadar nitrogen yang tinggi. Kemampuan dari fungi untuk dapat bertahan dibawah pH yang rendah membuat mikroorganisme ini sangat penting dalam pengolahan limbah industri secara biologi. Hal inilah yang menjadi kelebihan fungi dibandingkan dengan bakteri. Namun, tidak begitu banyak kajian yang mempelajari kemampuan Trichoderma dalam mendekomposisi limbah Organik (Limbah Cair Tahu). Hingga saat ini Trichoderma lebih banyak di manfaatkan sebagai jamur antagonis dalam pertanian sebagai pengendali penyakit secara hayati. Oleh karena itu penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui kelebihan Trichoderma sebagai biodekomposer limbah.

Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk :

  1. Mengetahui kemampuan  4 isolat Trichoderma spp. yang tumbuh serta menurunkan BOD dan COD dalam limbah cair tahu dengan konsentrasi berbeda.
  2. Mengetahui isolate Trichoderma spp. pada konsentrasi manakah yang mampu tumbuh dengan baik serta menurunkan BOD dan COD limbah cair tahu.

Metode :  Penelitian ini dilakukan menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 8 perlakuan  dan setiap perlakuan diulang sebanyak 4 kali.

Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Trichoderma spp. dan konsentrasi limbah cair tahu sedangkan variabel tergantung berupa kemampuan Trichoderma untuk mengurangi kandungan bahan organik limbah cair tahu.

Parameter utama yang diamati adalah berat kering miselium, COD (Chemical Oxygen Demand) dan BOD (Biological Oxygen Demand), sedangkan parameter pendukungnya adalah pengukuran pH dan suhu pada awal dan akhir perlakuan dan warna.

Format Sinopsis Usulan Penelitian Biologi

Tulisan yang saya bold adalah poin penting yang harus ada dalam sinopsis penelitian S1, secara umum format sinopsis sama, namun ada beberapa universitas yang memiliki formatnya sendiri, Ini adalah format yang saya ambil dari Fak. Biologi Unsoed tahun 2014.

Category: Ilmiah Tag:

About tohir

Ingin Belajar Sampai Dunia Alien, Bahwa berhenti belajar adalah kemunduran pemikiran. Tertarik pada hal baru yang mengundang penasaran.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !