Artikel, Inspirasi, Travel

Hal di Desa yang Jarang Ada di Kota

Hal di desa yang jarang ada di kota – Selamat datang di chyrun.com, tempat kami anak-anak desa menuangkan berbagai ide dan gagasan. Setidaknya ini adalah hal yang kami bisa dengan membangun blog dari desa, berharap memberi sumbangsih dan manfaat bagi pengunjung blog ini.

suasana desa
suasana desa

Sebagai anak desa, kami tidak ingin ndesa kami hilang. Kami bangga sebagai anak desa, di desa itu berbeda dengan kota, dan yang paling timpang adalah ketersediaan fasilitas publik serta system ekonominya, bisa dibilang di desa masih sangat tertinggal. Tapi bukan berarti hidup didesa akan sengsara. Ada hal-hal/kebiasaan –khususnya desa saya yaitu Kasegeran– yang lebih mengesankan dan jarang sekali ditemui di kota. Apa saja? Berikut :

#1. Membuat dodol ketika khajatan

Dodol menjadi makanan suguhan yang wajib ketika ada khajatan didesa. Meski sudah banya dodol yang dijual, namun “njenang” -begitu sebutan untuk membuat dodol- adalah kegiatan yang tak bisa dihilangkan, khajatan terasa hambar tanpa membuat dodol bersama. Ini juga bisanya sebagai tanda bahwa kahajatan telah dimulai.

#2. Saling kirim makanan

Orang kota melakukan ini mungkin hanya ketika mereka pindahan pertama disitu. Tapi berbeda dengan di desa, di desa saling kirim makanan adalah hal yang biasa. Tingkat sosialisasi masyarakatnya sangat tinggi dan care dengan tetangga-tetangganya.

#3. Obor ketika malam

Ada sebagian desa di Indonesia yang belum memiliki instalasi listrik. Akupun pernah mengalami hidup di lingkungan yang tak terjamah listrik. Namun itu tak sekalipun mengurangi kenikmatan hidup didesa. Pulang pergi ke masjid, bermain permainan tradisional bersama anak kampung,

#4. Gotong royong warga

Jika ingin membongkar atau memperbaiki rumah, memperbaiki selokan atau bahkan mencangkul di ladang, orang desa tak perlu mengeluarkan uang. Budaya gotong royong masih kuat, solidaritas terjalin dengan kokoh karena orang di desa menganggap tetangganya adalah bagian dari dirinya sendiri. Berbeda dengan kota yang individualis dan materialistis, untuk sekedar memperbaiki genteng yang bocor saja mereka harus mengeluarkan uang.

#5. Permainan anak

Beda permainan anak kota dan desa adalah anak kota menggunkan permainan dengan teknologi maju sedangkan permainan anak di desa adalah menggunakan sarana yang apa adanya yang ada di lingkungan, bahkan pelataranpun mereka dapat gunakan.

Contoh permainan anak kota adalah playstation, game online, timezone, dll. Sedangkan permainan anak desa contohnya gobak sodor, petak umpet, mandi di kali, sunda manda, tulupan, dll

Meski anak desa tak menggunkan permainan yang berbasis teknologi, namun dengan permainan yang kebanyakan melibatkan banyak orang, akan terbangun jiwa kelompok, kerjasama dan anti individulais, juga pastinya tak mengelurakan biaya. hehe

Baca juga : Memulai sukses dari desa

#6. Kenal semua orang

Karena jiwa sosial orang desa dan proses interaksi yang tinggi, kita akan mengenal banyak orang dan juga dikenal banyak orang. Tak heran jika kita mencari seseorang di desa mudah sekali ketemu, padahal menanyakan pada orang yang masih sangat jauh rumahnya, tapi mencari orang dikota sangat susah, karena banyak orang kota yang tak saling mengenal, bahkan tetangga sebelahnya.

#7. Makanan alami & murah

Di desa masih banyak lahan atau kebun kosong yang bisa ditanami dengan tumbuhan-tumbuhan. Berbeda dengan dikota yang serba pengawet dan membeli, di desa makanan buah-buahan dan tumbuh-tumbuhan bisa sepuasnya kita nikmati, tinggal seberapa mau kita menanam

#8. Kepekaan Sosial

Jika ada masalah dalam satu keluarga atau orang, pasti masyarakat yang lain akan mencoba menjemput bola membantunya tanpa harus dimintai pertolongan. Orang didesa sangat peduli dengan lingkungannya. Berbeda dengan masyarakat kota yang acuh tak acuh.

#9. Menjenguk orang sakit

Di desa, ketika ada salah satu orang yang sakit entah itu sakit dirumah ataupun dirawat dirumah sakit, pasti para tetangga berduyun duyun menjenguk. Bahkan ketika dirumah sakit akan dimarahi satpamnya karena banyak sekali orang yang masuk ke dalam ruangan, haha

Baca juga : Potensi bisnis pakaian di desa

Sekian paparan sederhana tentang kelebihan masyarakat desa dari pemuda desa. #BanggaJadiAnakDesa

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !