Hal-hal Yang Harus Dilakukan Saat Kuliah

Hal-hal Yang Harus Dilakukan Saat Kuliah – Kuliah merupakan masa yang menyenangkan bagi sebagian orang, karena kita bisa terbebas dari rutinitas sekolah yang menjenuhkan seperti upacara bendera, setiap hari harus bangun pagi dan harus mengenakan seragam sekolah.

Tidak hanya itu rambut harus rapi, mengenakan sepatu hitam dan harus berdasi, banyak aturan yang seringkali bagi anak seusia kita malas untuk mengikuti aturan yang ada di sekolah.

Nah kuliah merupakan bentuk kebebasan yang bisa kita dapatkan selama hampir 12 tahun lamanya kita hidup di dunia yang penuh dengan aturan yang ketat, apalagi bagi kita yang sudah muak dengan aturan, kuliah adalah surga bagi kita. hehe

Hal-hal Yang Harus Dilakukan Saat Kuliah

Ilustrasi proses perkuliahan

Hampir semua anak di dunia ini mendambakan untuk bisa berkuliah, kita pun sering mengamati kehidupan teman kita yang sudah memasuki jenjang perkuliahan, kita sering merasa iri mendengar cerita teman yang sudah menjadi mahasiswa.

Masa kuliah merupakan masa yang indah karena kita sudah dianggap menjadi dewasa, sehingga kontrol dari orang tua pun kerap kali agak longgar karena orang tua merasa anaknya sudah dewasa. Sudah bisa mengatur hidupnya sendiri.

Kita sudah tak terikat lagi oleh waktu, bebas mau pulang malam, tidak seperti ketika kita masih duduk di bangku SMA, jam Sembilan saja kita belum kelihatan di rumah orang tua sudah sibuk mencari kita.

Namun dibalik kebebasan yang sudah kita dapat, ada tanggung jawab besar yang kita pikul, yaitu mengejar cita-cita kita, jangan sampai kita terlena dengan kehidupan hedonism perkuliahan yang kerap kali menggangu seseorang dalam menyelesaikan kuliahnya.

Jika kamu baru memasuki masa-masa kuliah ada beberapa hal yang harus kamu lakukan selama kamu belajar di Universitas tertentu. Berikut adalah beberapa ulasannya.

Cari teman sebanyak-banyaknya

Kuliah memungkinkan kita untuk bertemu dengan banyak orang, berbeda ketika kita masih SMA yang hanya bisa berteman dengan beberapa ratus orang saja. Dengan jurusan yang berbeda-beda kuliah membuka kesempatan bagi kita berteman dengan ribuan orang baru dengan latar belakang disiplin ilmu yang beragam pula.

Mencari teman sebanyak-banyaknya juga bisa membuat kita menjadi cepat merasa betah di kampus. Orang yang banyak teman dikampus juga akan dimudahkan dalam proses perkuliahan karena banyak orang yang siap membantu jikalau kita mengalami kesulitan.

Apalagi bagi kalian yang jauh dari rumah, teman merupakan media yang pas untuk kalian menjalin kekerabatan yang berujung pada persaudaraan. Lagi pula menurut peribahasa banyak saudara banyak rezeki bukan?. Jadi carilah teman sebanyak-banyaknya ketika kalian kuliah.

Teman kuliah tanpa disadari kelak dikemudian hari juga bisa menjadi relasi, akan banyak membantu kita kelak dalam mencari pekerjaan atau bahkan bisa menjadi relasi bisnis yang mumpuni.

Aktif di organisasi

Orang-orang besar kerap kali lahir dari organisasi kampus baik itu HMP (himpunan mahasiswa jurusan), BEM (badan eksekutif mahasiswa), maupun dari UKM (unit kegiatan mahasiswa).

Organisasi mengajarkan kita tentang ilmu yang tidak pernah kita dapat di kampus manapun. Misalnya cara berbicara, cara membuat agenda kegiatan dan masih banyak kegiatan positif yang lain dalam dunia organisasi.

Dalam dunia beroganisasi kita juga bisa mengembangkan diri kita kearah yang lebih baik, menempa diri dalam permasalahan yang kerap kali hadir di organisasi, dari hasil terpaan itu maka akan membuat diri menjadi lebih kuat dan tahan uji.

Namun kita jangan sampai terlena dengan organisasi, meski organisasi banyak manfaatnya tidak sedikit mahasiswa yang lebih mengutamakan organisasi dari pada kuliahnya. Ingat tujuan awal kalian kuliah adalah belajar, bahwa organisasi itu hanya sekedar penunjang untuk kita menjadi pribadi yang lebih baik.

Jangan malah asyik berorganisasi namun kuliah dinomor duakan. Itu yang salah, tetap kuliah yang pertama. Karena kuliah merupakan tanggung jawab kepada orang tua yang harus kita selesaikan.

Gali potensi diri dan kembangkan

Kuliah memungkinkan kita untuk tau banyak. Banyak ilmu baru yang kita dapati selama kuliah, tidak hanya mata kuliah saja, namun juga ada ilmu-ilmu lain diluar dari itu. Seperti yang sudah saya sebut di atas adalah ikut organisasi.

Setiap orang pasti mempunyai kecederungan tertentu, ada cenderung ingin jadi pemimpin maka BEM merupakan salah satu wadah yang pas bagi kita untuk diikuti. Karena kampus merupakan miniatur kecil pemerintahan.

Jika kita merasa tertarik di dunia politik maka belajar di BEM merupakan jembatan awal kita untuk menjadi politikus yang professional.

Sekarang bagi kalian yang lebih tertarik mengembangkan bakat kalian bagaimana? Tenang saja bro kampus juga bisa memfasilitasi bakat kalian. Dikampus berjubel berbagai UKM dari mulai Olahraga hingga Kesenian. Ini semua mudah kita dapati di kampus.

Kembangkan bakat dan minat kita, kampus memang “kawah candradimuka” bagi kita jika kita ingin benar-benar menjadi orang yang sukses. Ya minimal lewat kegiatan positif di kampus kita punya banyak pengalaman untuk menghadapi kehidupan sesungguhnya pasca kuliah nanti.

Pergilah kemanapun yang ada inginkan

Jika memungkinkah maka mumpung masih kuliah pergilah ketempat manapun yang anda inginkan. Karena ketika kalian sudah sibuk bekerja maka akan sulit berpergian. Orang yang sudah bekerja terikat dengan waktu dan aturan. Kita tidak mungkin bisa seenaknya bisa meninggalkan pekerjaan.

Berpetualanglah kemanapun tempat yang kita inginkan, yang suka naik gunung misalnya dakilah gunung tertinggi dan terjauh yang kalian bisa. Pokoknya jangan sia-siakan waktu yang ada saat kuliah.

Mengatur waktu dalam kuliah relatif mudah, selain mendapat dispensasi kuliah, jadwal perkuliahan juga tidak mesti ada setiap hari. Maka inilah kesempatan bagi kita untuk berkunjung ketempat yang kita inginkan selama ini.

Beruntunglah bagi kalian yang bisa berkuliah, mungkin banyak dari teman kita yang sudah dituntut untuk bekerja. Masa kuliah ada masa yang paling indah, masa muda kalian benar-benar bisa kita nikmati.

Meski begitu kita jangan pernah terlena dengan kebebasan kita. Ingat tujuan awal kita kuliah adalah membentuk diri menjadi lebih baik untuk menuju puncak sukses yang kita idam-idamkan.

Berkuliah merupakan salah-satu jempatan yang paling mungkin untuk kita bisa hidup layak di dunia ini dan mendapat kedudukan yang strategis dilingkungan masyarakat. Maka jangan pernah sia-siakan itu.

Demikian tulisan mengenai “hal-hal yang harus dilakukan saat kuliah” semoga bermanfaat. Salam.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !