Artikel

Ini yang Harus Kamu Lakukan Jika Dilanda Rasa Cemburu

Ini yang harus kamu lakukan jika dilanda rasa cemburu – Cemburu, perasaan yang biasanya dialami oleh sepasang kekasih karena takut posisinya akan tergantikan. Rasa cemburu menjadai salah satu indicator adanya perasaan cinta dan tak mau berpisah. Tapi adakalanya kita memperbesar rasa cemburu itu, menjadikannya berlebihan.

cemburu
cemburu

Ketika rasa cemburu hinggap pada kita, kita kan menjadi was-was, tidak tenang, makannya kamu harus segera melakukan sesuatu. Bagaimana caranya? Berikut cara yang bisa kamu lakukan jika kamu dilanda rasa cemburu :

Katakan

Kamu harus jujur pada dirimu sendiri dan pasanganmu. Mengatakan bahwa kamu cemburu melihat dia jalan dengan orang lain, tidak suka melihat dia chating dengan yang lain dsb adalah cara yang paling tegas dan jelas. Mengatakan bahwa kamu cemburu itu tidak akan mengurangi gengsi dan harga diri kok.

Jangan gunakan kode sulit

Menggunakan kode biasanya dilakukan oleh orang yang tak bisa/tak mua mengatakan bahwa dia sedang cemburu. Pasang muka cemberut, menjawab pertanyaan seperlunya saja, tak menjawab telefon, atau kode-kode yang lain. Kalau pasangan kamu peka mungkin dia tahu bahwa kamu sedang cemburu. Tapi dia kan buka malaikat yang tahu apa yang kamu mau dan rasa. Gunakan kode seperlunya saja, atau jika dia tak juga mengerti ya kembali ke cara nomor 1 diatas.

Positif Thinking

Berprasangka baiklah terhadap pasangan anda. Hilangkan imajinasi-imajinasi negative misalnya dia mendua, dia selingkuh, dia mendekati cowok/cewek lain. Perasaan seperti itu wajar, tapi kecurigaan yang terus dipelihara di otakmu tidak akan menyelesaikan kerisauanmu, dia hanya kan menyikasa batinmu. Atau mungkin gelombang itu bahka bisa membawa kepada kejadian yang sebenarnya.

Jangan bandingkan diri kamu

Rasa cemburu itu datang dari ketakutan bahwa pasangan kamu akan berpaling kepada orang lain karena mereka lebih menarik daripada kamu. Kamu melihat bahwa orang lain itu lebih cantik/ganteng dari kamu, dia lebih pintar, lebih kaya dari kamu. STOP! Hentikan membandingkan dirimu dengan orang lain. Jadilah diri kamu sebaik mungkin, jangan berstandar pada orang lain, toh jika pasangan kamu tulus mencintaimu, dia aka menerima kekirangan kamu.

Introspeksi

Ada dua yang harus kamu introspeksi, pertama, rasa cemburumu itu datang dari ketidak percayaan kepada dirimu sendiri, Kamu harus membangun kembali rasa percaya diri anda, bahwa anda layak dicintainya, pantas dipertahankan dan patut dia perjuangkan, kamu memiliki kelebihan dan kualitas disbanding orang lain.

Yang kedua, mungkin dia sedang membalas, membalas agar kamupun merasakan cemburu seperti yang dia rasakan sebelumnya. Untuk terlihat laku dan layak diperjuangkan dimata pasangan, kadang kita juga menarik perhatian orang lain. Tapi itu justru menjadi kesalahan fatal dan  akhirnya kalian berdua akan saling membuktikan bahwa kalian masih laku dimata orang lain.

Mungkin cintamu berlebihan

Bagi yang sudah menikah mungkin rasa cemburu yang besar itu wajar, karena dia memiliki tanggung jawab terhadap keutuhan rumah tangganya. Tapi bagi yang masih  baru sekedar berpacaran? Sadar woy! Dia itu belum menjadi siap-siapamu, masih orang lain. Apa hak kamu menaruh cemburu yang berlebihan terhadapnya?

Cintailah dia sewajarnya, jangan berlebihan, kalian belum ada ikatan resmi, dia belum sepenuhnya menjadi hak kamu.

Cari kebenaran

Rasa cemburu dalah rasa curiga, curiga bahwa dia ini, curiga bahwa dia itu, ini itu banyak sekali, hehe
Dibandingkan terus memupuk kecurigaanmu, lebih baik membuktikan kebenarannnya. Cari tahu mengapa dia jarang ada waktu untukmu, cari tahu mengapa dia tak sering menelfonmu, cari tahu mengapa dia terlambat membalas chatmu, dll. Cari tahu, buktikan!

Percaya

Jika semua cara diatas tak menghilangkan rasa cemburumu, ini cara terakhirmu, percaya. Percaya saja bahwa dia akan memperjuangkanmu, bahwa dia ka menjaga komitmen yang kalian sepakati. Toh jika nanti dia menghianati kepercayaanmu kamu sudah siap. Percaya saja bahwa Tuhan akan member kamu paangan yang tepat, entah dia atau bahkan orang selain dia.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !