Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Muda

Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Muda – Waktu berlalu begitu cepat, tanpa kompromi, tanpa permisi. Dia akan menjadi senjata bagi dia yang bisa memanfaatkan, tapi akan menggilas bagi siapa saja yang menyia-nyiakannya. Banyak orang yang baru sadar tau-tau mereka sudah tua dan menyesal tak melakukan hal untuk membekali mereka ketika tua.

Perasaan menyesalpun muncul, seandainya dulu ketika muda dia akan ini, dia akan itu, dan sebagainya. Tapi semua itu tak berguna. Jangan sampai kita yang muda mengalami itu semua. Kita harus memanfaatkan sebaik mungkin. Bagaimana caranya? Berikut adalah Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Muda :

1. Menemukan Kegemaran (Passion)


Passion/kegemaran/hobby/minat  adalah hal sangat penting kamu temukan. Dia adalah hal yang paling mendasar terhadap kebahagiaan hidupmu kelak. Setiap orang pasti mempunyai passion masing-masing. Jika kamu sudah menemukan passionmu maka kamu akan mudah menentukan langkah karir selanjutnya yang akan kamu lakukan. Banyak orang yang dimasa tuanya tidak bahagia karena bekerja bukan dengan passionnya. Orang yang bekerja dengan passionnya, dia tidak akan pernah terbebani untuk bekerja keras, dia serasa hanya melakukan main-main saja karena kecintaan terhadap apa yang dia lakukan.

Banyak-banyaklah mengikuti kegiatan sekolah/kampus, karena dengan begitu kamu akan mengetahui apa yang kamu sukai. Selain itu mintalah gurumu untuk membimbingmu (ingat membimbing, bukan menentukan) mencari hal apa yang kira-kira menjadi passionmu. Selain itu carilah buku-buku atau browsing cara-cara menemukan passion dirimu.

Baca Juga : Bekerja Tanpa Passion, Tersiksanya


2. Berkarakterlah

Berkarakter disini maksudnya adalah menjadi diri sendiri. Jangan pernah meniru gaya dan perilaku orang lain jika itu hanya menjadi “topeng”mu. Lebih baik Bersikap dan berlakulah sesuai dengan apa kata hatimu. Melakukan kesalahan itu wajar, tapi kamu akan terus melakukan koreksi diri dan mengambil hikmah dari yang kamu lakukan.

Walaupun menyenagkan orang lain itu perlu, tapi jangan pernah menyenangkan perasaan orang lain jika perasaanmu sendiri yang menjadi korban. Intinya jangan pernah membebani perasaan diri sendiri.

Kamu juga jangan terlalu mempedulikan apa yang dikatakan orang lain. Orang lain biasanya berkata A B C D tentangmu, tapi yang mengetahui mana yang terbaik adalah dirimu sendiri, tentunya dengan bertanggung jawab atas segala konsekuensinya.

3. Cari Teman Sebanyak Mungkin


Mencari teman sebanyak mungkin ketika masih muda akan sangat bermanfaat bagi dirimu. Jangan pernah memilih-milih teman, bergaulah dengan siapapun, dengan yang kaya, miskin, keren, culun atau jahil sekalipun. Mengapa? Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi dimasa depan, siapa tahu anak yang dulunya jahil kelak dia akan menjadi orang yang sukses dan bisa menjadi jaringan bisnis kita.

Dalam berteman kita juga harus menjaga independensian kita, kita boleh terbawa teman kita kepada hal yang positif, tetapi janganlah kita ikut-ikutan hal negative yang mereka lakukan. Berkenalalnlah dengan semua orang dan temukan teman sejatimu.

Baca Juga : 7 Cara Mengetahui Dia Teman Sejati Atau Tidak

4. Lakukanlah Banyak Kegiatan/Hal

Simple alasannya, dengan banyak melakukan kegiatan, kamu akan menambah pengetahuanmu dan keahlianmu. Point ini juga bermanfaat untukmu dalam melakukan point nomor 1 dan 3 diatas.

Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Muda
mengikuti kegiatan

Dengan mengikuti banyak kegiatan/hal kamu juga akan belajar bagaimana berorganisasi, berinteraksi dengan orang lain, diskusi, musyawarah dan lain-lain. Melakukan banyak akan membuatmu sibuk terhadap hal-hal yang positif sehingga akan meminimalisir terhadap hal-hal yang tak bermanfaat.

5. Berwirausahalah


Saat ini jumlah lapangan pekerjaan jauh lebih sedikit dibandingkan lulusan yang ada. Banyak sarjana menganggur karena banyaknya perusahaan dan instansi tidak cukup menampung mereka semua. Bagi anak yang berotak encer mungkin mereka akan bisa bersaing, tapi bagi yang kurang mampu bersaing mereka akan tergilas. Saat itulah mereka baru akan berusaha untuk berwirausaha. Bagaimana? Sangat terlambat bukan?

Untuk mengantisipasi ketidak beruntunganmu didunia kerja, maka mulailah belajar berwirausaha sedini mungkin, karena kesuksesan dalam berwirausaha akan dipengaruhi oleh pengalaman yang sudah ia peroleh.

Berwirausaha juga akan mengajarkan tentang kerja keras, disiplin, hemat dan bagaimana membangun relasi. Berwirausahalah sedini mungkin dan sukseslah semuda mungkin.

Baca juga : 7 Cara Mengetahui Dia Teman Sejati Atau Tidak

6. Kunjungilah Banyak Tempat


Di dunia ini banyak sekali tempat-tempat yang indah dan menarik. Jangan melihatnya melalui televisi atau internet. Pergilah ketempat-tempat tersebut selagi kamu masih bebas. Ketika tua nanti akan ada banyak hal yang akan menghalangimu berkunjung, misalnya karena keuangan, karena pekerjaan, dan hal-hal lain. Pergilah kemanapun, jangan dirumah saja, atau akan menyesal nantinya!

Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Muda
kunjungi banyak tempat

7. Belajar Ilmu Agama

Agama adalah hal yang paling hakiki dalam kehidupan, agama adalah kebutuhan yang paling mendasar dan mendalam. Sekuses dan sekaya apapun seseorang tetap akan merasa ada yang kurang jika aspek religius dalam dirinya tak terpenuhi.

Banyak orang yang baru mengaji dan mengkaji ilmu agama ketika sudah tua, mereka baru sadar bahwa suatu saat mereka akan kembali kepada-Nya dan segala sesuatu berupa materi yang dia usahakan tidak akan dibawa ketika ia mati. Jelas orang-orang yang sudah dewasa akan mengalami kesulitan dalam belajar agama dibanding anak-anak, karena mereka sudah terkontaminasi oleh kepentingan-kepentingan dunia yang menjadi tanggung jawabnya.

Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Muda
belajar agama

Ilmu agama memegang peranan yang sangat penting terhadap perilaku seseorang dimasa depan. Banyakorang-orang pintar tapi tidak benar, mereka mempraktekan perilaku-perilaku korup dalam pekerjaanya.

Jadi selagi masih muda bekali dirimu dengan ilmu agama, karena ilmu agamalah yang akan mengajarkan bagaimana hubunganmu terhadap Tuhan, sesama manusia dan kepada alam.

-RianNova-

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !