Kepik Hitam Menjadi Hama Tanaman Padi Yang Menjengkelkan

Kepik Hitam Menjadi Hama Tanaman Padi Yang Menjengkelkan – Padi (bahasa latin: Oryza sativa L.) merupakan salah satu tanaman budidaya terpenting dalam peradaban. Meskipun terutama mengacu pada jenis tanaman budidaya, padi juga digunakan untuk mengacu pada beberapa jenis dari marga (genus) yang sama, yang biasa disebut sebagai padi liar. Padi diduga berasal dari India atau Indocina dan masuk ke Indonesia dibawa oleh nenek moyang yang migrasi dari daratan Asia sekitar 1500 SM.

Padi termasuk dalam suku padi-padian atau poaceae. Terna semusim,berakar serabut,batang sangat pendek,struktur serupa batang terbentuk dari rangkaian pelepah daun yang saling menopang daun sempurna dengan pelepah tegak,daun berbentuk lanset,warna hijau muda hingga hijau tua,berurat daun sejajar,tertutupi oleh rambut yang pendek dan jarang,bagian bunga tersusun majemuk,tipe malai bercabang,satuan bunga disebut floret yang terletak pada satu spikelet yang duduk pada panikula,tipe buah bulir atau kariopsis yang tidak dapat dibedakan mana buah dan bijinya,bentuk hampir bulat hingga lonjong,ukuran 3 mm hingga 15mm,tertutup oleh palea dan lemma yang dalam bahasa sehari-hari disebut sekam,struktur dominan padi yang biasa dikonsumsi yaitu jenis enduspermium.

Klasifikasi Tanaman Padi

Kingdom              : Plantae (Tumbuhan)

Subkingdom       : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)

Super Divisi         : Spermatophyta (Menghasilkan biji)

Divisi                      : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)

Kelas                     : Liliopsida (berkeping satu / monokotil)

Sub Kelas             : Commelinidae

Ordo                      : Poales

Famili                    : Poaceae (suku rumput-rumputan)

Genus                   : Oryza

Spesies                 : Oryza sativa

Kepik Hitam Menjadi Hama Tanaman Padi Yang Menjengkelkan

Syarat utama yang harus di penuhi untuk menanam padi sawah adalah kebutuhan air yang harus tercukupi. Jika tidak maka pertumbuhan padi sawah yang di tanam akan terhambat dan produktivitasnya menurut. Berikut ini syarat tumbuh tanaman padi sawah yang harus di perhatikan:

  1. Lokasi tanam. Ketinggian optimal 0 – 1500 meter diatas permukaan laut.
  2. Kondisi tanah. Padi sawah ditanam di tanah berlumpur yag subur dengan ketebalan 18 – 22 cm.
  3. Iklim. Padi sawah dapat tumbuh dalam iklim yang beragam, terutama di daerah dengan cuaca panas, kelembaban tinggi dengan curah hujan 200 mm/bulan atau 1500-2000 mm/tahun. Tanaman padi dapat tumbuh baik pada suhu 23˚C.
  4. Intensitas cahaya matahari harus penuh sepanjang hari tanpa ada naungan.
  5. pH tanah harus berkisar antara 4,0 – 7,0. pH tanah yang tinggi atau diatas 7,0 akan mengurangi hasil produksi.
  6. Angin akan berpengaruh terhadap proses penyerbukan bunga padi. Karena itu lokasi sawah harus terbuka dan tidak terhalang sehingga angin dapat bertiup dengan bebas.
  7. Air harus tersedia setiap saat mencukupi untuk mengenangi tanah persawahan.

Berdasarkan hasil praktikum pengenalan hama dan gejala serangan, diperoleh bahwa hama kapik hitam ( Anoplocnemis sp ) memiliki bagian tubuh yang meliputi kepala, punggung, abdomen, dan tungkai. Anoplocnemis merupakan jenis hama yang memilki tipe mulut penghisap yang menyerang tanaman padi dan memiliki metamorfosis tidak sempurna serta kami mengamati dari sumber herbarium kering.

Klasifikasi Kepih Hitam

Kingdom    : Animalia

Filum          : Arthropoda

Klas            : Insecta

Ordo           : Coleoptera

Famili         : Coccinellidae

Genus         : Halmus

Spesies       : Halmus chalybeus

Gejala serangan

Hama kepik hitam merusak tanaman padi dengan cara menusukkan stiletnya ke dalam bulir padi dan menghisap cairan gabah. Gejala serangan bulir padi menjadi coklat, beras berwarna coklat kehitaman, mudah hancur saat digiling dan apabila dimasak nasinya terasa pahit. Akibat petani merugi dan pedagang padi enggan membeli gabah yang berasal dari lahan terserang.

Siklus hidup

Telur berukuran panjang 1 mm lebar 0,3 mm dan menetas setelah 4-6 hari.Nimfa berbentuk ramping dan berwarna hitam menyerupai serangga dewasa, kecuali instar ke-1 berwarna merah. Nimfa terdiri dari 5 instar. Dewasa berukuran panjang 7-7.5 mm, femur tungkai depan membesar dan mempunyai duri sebanyak 8 buah, tungkai tengah berukuran lebih kecil daripada tungkai belakang. Lama hidup dewasa 6-12 hari.

Pengendalian Hama Kepik Hitam

  • Teknik bercocok tanam

Pengolahan tanah dan pemupukan

  • Pola tanam

Pengaturan jarak tanam dibuat agak lebar untuk menciptakan kondisi lingkungan yang tidak sesuai untuk perkembangan hama. Melakukan pergiliran varietas padi dan pola tanam padi – palawija. Melakukan pengaturan air secara berkala untuk mengurangi kelembaban di sekitar pertanaman.

Baca juga :

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !