Hay Gaes, Ingat Otak Kita Perlu Istirahat

Hay Gaes, ingat otak kita perlu istirahat – Memang sudah menjadi fitranya bahwa otak manusia harus digunakan, diasah dan dimanfaatkan dengan berbagai sumber ilmu yang didapat ataupun dengan masalah yang terjadi dalam dinamika kehidupan manusia, tetapi itu tidak menjadikanya terbebas dari sisi waktu bahwa otak memerlukan istirahat.

Orang yang mempunyai kemampuan otak yang baik akan mudah diterima dimana saja, oleh karena itu tidak salah kalau otak merupakan aset yang perlu dijaga dan dikembangkan supaya memiliki kemapuan yang diinginkan.

Otak manusia terdiri dari dari dua bagian yaitu otak kiri dan otak kanan yang masing-masing bagian mempunyai kemampuan yang berbeda, tidak banyak orang yang bisa mengaktifkan otak kiri dan kanan secara seimbang. Perlu latihan khusus dan rutin agar kedua bagian otak kita bisa berkembang secara bersama.

Hay Gaes, ingat otak kita perlu istirahat

ilustrasi otak manusia

Penelitian dari beberapa ahli sudah menunjukan perbedaan peran antara otak kiri dan otak kanan, dimana pada otak kiri lebih dominan pemikiran yang mengandung logika seperti ketrampilan menghitung, ketrampilan ilmiah, menulis, berbicara, dan pertimbangan.

Sedangkan otak kanan lebih berperan menghasilkan soal rasa, seperti musik, kesenian, imajinasi, intuisi, kreatifitas dan emosi.

Itulah beberapa gambaran mengenai kehebatan otak manusia (jika dimanfaatkan) baik otak kiri dan otak kanan. Sebagai makluk yang dianugerahi otak sudah selayaknya kita gunakan otak kita dengan maksimal.

Namun yang perlu menjadi catatan kemampuan otak sudah tercipta semenjak dari dalam kandungan yang artinya bahwa setiap bayi yang lahir sudah dibekali kemampuan otak yang berbeda-beda.

Pola asuh kepada ibu hamil dan makanan yang diasupnya merupakan salah-satu  pembeda kemampuan otak bayi yang baru lahir. Ibu yang sedari dalam kandungan sudah memperhatiakan asupan makanan dan latihan respon kepada calon bayi akan melahirkan bayi yang cerdas.

Otak manusia memang bisa dibentuk sedemikian rupa dan ternyata semua ada caranya, yang menjadi masalah adalah tidak semua calon ibu tahu mengenai cara-cara tersebut. Dan parahnya bapak juga demikian.

Padangan masyarakat Indonesia secara umum mengatakan bahwa kecerdasaan muncul ketika anak sudah berada di bangku sekolah, ini pandangan yang sangat keliru! Padahal kecerdasan anak akan muncul jauh-jauh hari sebelum anak itu lahir.

Orang tua ketika mendapati anaknya tidak pandai akan merasa kecewa dan imbasnya sekolah yang menjadi sasaran, dengan mengatakan kualitas sekolah dan pengajar didalamnya tidak profesional.

Kemampuan otak memang sangat luar biasa, di dunia moderen seperti sekarang sudah bisa dibuktikan dengan berbagai kemudahan yang disediakan berkat kemampuan otak manusia.

Segala fasiltas dan infrastruktur dapat kita nikmati sekarang ini berkat memanfaatkan kemampuan otak, karena memang otak bisa mencipta hal-hal baru yang memudahkan manusia untuk segala sesuatu.

Namun ingatlah gaes bahwa sehebat apapun kemampuan otak kita, toh kita perlu mengistirahatlkanya, jangan terlalu dipaksa meski hidup ini penuh dengan paksaan, bisa-bisa malah bukan kesuksesan yang kita dapat namun kesengsaraan.

Menurut beberapa ahli sumber penyakit yang utama justru dari pikiran. Orang yang otaknya setiap hari dikuras dan tidak cukup untuk istirahat maka orang tersebut sangat besar terjadi masalah dikesehatanya.

Coba kalian perhatikan rata-rata orang yang sakit, penyebab utamanya adalah karena memikirkan sesuatu yang berat, meski ukuran berat tidaknya masalah seseorang subjektif namun yang bisa kita ambil dari hal tersebut adalah otak kita sesekali waktu perlu dibebaskan dari masalah yang ada.

Mungkin kalian para pekerja keras yang dianugerahi waktu 24 jam pun terasa kurang, mungkin juga kemampuan otak kalian di atas rata-rata manusia pada umumnya, namun ada hal yang tak bisa kita hindari bahwa otak dan hidup ini perlu jeda untuk sekedar mengela nafas dengan berbagai macam tekanan yang ada.

Salah-satu cara yang paling ampuh untuk mengistirahtkan otak kita adalah tidur. Tidur bisa mengobati rasa letih yang ada dalam tubuh manusia dan menyegarkan kembali otak kita.

Kalian juga bisa mencoba dengan berlibur, tidak harus jauh dan mengelurkan banyak uang namun mengganti suasana yang kerap kali kalian lihat setiap hari, pergilah ke gunung atau pantai, atau hanya bersantai-santai saja di rumah sambil memanjakan tubuh dan mengistirahatkan otak secara penuh.

Demikian sekilas mengenai otak kita yang nyatanya perlu istirahat, kerja keras penting namun apalah artinya kalau hidup kita tidak sehat, maka perhatikanlah hal-hal yang sekiranya menguras otak dan beristirahatlah dengan cerdas.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !