Pendidikan

Info Pendidikan, Tips Masuk Sekolah Baru

Info Pendidikan, Tips Masuk Sekolah Baru – Wah..tahun ajaran baru akan segera tiba. Kini sekolah yang lama sudah dilewati dan ditinggalkan, kini akan memasuki sekolah baru dengan suasana yang baru, akan bergaul dengan teman-teman baru, akan diajar oleh guru-guru yang baru juga. Nah untuk membantumu supaya tidak mengalami kesulitan beradaptasi dengan hal-hal baru tersebut, berikut adalah Info Pendidikan, Tips Masuk Sekolah Baru menurut kami:

1. Percaya Diri

Ketika kamu pertama kali masuk sekolah, kamu akan memasuki lingkungan baru, keadaan/suasana  yang baru, teman-teman baru dan lain-lain.  Namun dengan semua hal-hal baru tersebut bukan berarti kamu harus minder.

Percaya dirilah, anggaplah teman-teman barumu itu orang-orang yang biasa saja, tidak lebih dari kamu. Bukankah mereka juga masuk lingkungan yang baru juga sama sepertimu? Jadi tidak ada alasan untukmu untuk malu. Malu inilah, malu itulah, malu kesinilah, malu kesitulah. So PD aja..kamu itu Hebat..

Info Pendidikan, Tips Masuk Sekolah Baru
Percaya Diri

2. Carilah Teman Sebanyak Mungkin

Kamu manusia? Manusia itu disebut makhluk apa? Yaps! manusia adalah makluk sosial. Entah itu sebagai karyawan, pedagang, ibu rumah tangga, bahkan pelajar sepertimu itu ya termasuk makhluk sosial.
Tahu apa itu makhluk sosial? Apa…lupa??!! Ya sudah aku jelaskan, makhluk sosial adalah makhluk yang tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan orang lain. Kamu sebagai pelajar jelas memerlukan orang lain(teman). Akan sangat aneh bukan jika kamu seorang diri tanpa teman dikelas?
Banyak  teman itu banyak manfaat, contohnya jika kamu membutuhkan uang kamu bisa meminjam dulu kepada teman..hehe, pokoknya banyak manfaatnya deh, kalau tidak percaya silahkan buktikan sendiri.

3. Tunjukanlah Keistimewaan

Ini juga tak kalah penting, menunjukkan keistimewaan disini adalah usahakan kamu menjadi pusat perhatian dari mereka yang ada disekelilingmu, baik itu teman ataupun guru. Tentunya perhatian tersebut didapat dari kemampuan/kelebihan yang kamu miliki untuk ditunjukkan kepada mereka.
Usahakan kamu menjadi orang pertama yang maju ketika misalnya disuruh perkenalan. Ataupun ketika ada semacam perlombaan, kamu wajib mengikutinya,dan sebisa mungkin juara, karena itu adalah cara terAMPUH menunjukkan siapa dirimu. Kamu juga wajib menjadi bagian dari struktur organisasi dalam kelas. Intinya kamu harus memanfaatkan semua kesempatan untuk menunjukkan dirimu.

4. Jaga Sikap

Sehebat apapun diri kamu, tetaplah untuk “membumi”, tetaplah untuk merendah. Jangan bersikap over/berlebihan. Sikap atau apapun itu jika dilakukan secara berlebihan itu tidak baik. Sikap over hanya akan membuatmu banyak dibenci. Kamu menjadi terkenal itu iya, tapi terkenal dengan reputasi yang tidak baik.

Rasa hormat kepada orang lain adalah hal yang wajib kamu terapkan dalam pergaulan sekolah. Semakin kamu menghormati dan menjunjung orang lain maka akan semakin besar pula dirimu. Tapi semakin kamu merendahkan orang lain maka kamu justru sedang menkerdilkan diri sendiri. Sejelek apapun teman kamu jangan pernah untuk mem-bully, sebaliknya sekeren/sehebat teman kamu janganlah kamu mendewakan/memujanya.

5. Ikutilah Sebanyak Mungkin Kegiatan/Ekstra

Info Pendidikan, Tips Masuk Sekolah Baru
ilustrasi ekstrakurikuler

Masa sekolah adalah masa muda dimana kamu akan mencari jati diri, menentukan bakat dan minatmu. Ikutilah sebanyak mungkin kegiatan ataupun ekstrakurikuler yang ada disekolah.

Sedikitnya ada tiga manfaat yang akan kamu peroleh jika melaksanakan tips ini, Pertama,  pengetahuan dan keahlianmu akan bertambah, dengan bertambahnya pengetahuan dan keahlian maka semakin besar pula peluang kamu bisa bermanfaat untuk orang lain. Kedua, dengan mengikuti banyaknya kegiatan ataupun ekstrakurikuler akan semakin banyak pula temanmu. Ketiga, kamu akan mengetahui bidang apa yang menjadi bakat dan minatmu, ini merupakan manfaat yang terpenting karena kamu akan menemukan kekuatan yang kamu miliki dan sangat bermanfaat untuk menentukan langkah apa yang akan kamu lakukan.

Nah sekian tips yang dapat kamu lakukan, semoga kamu akan betah di sekolah barumu, menikmati pembelajaran dengan lancar dan berproses menjadi orang yang lebih baik. Good Luck!

-RianNova-

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !