Inilah Cemilan Favorit Pendamping Ngopi Di Indonesia

Inilah Cemilan Favorit Pendamping Ngopi Di Indonesia
Ilustrasi cemilang ngopi

Inilah Cemilan Favorit Pendamping Ngopi Di Indonesia – Meminum kopi disebagian negara di dunia sudah menjadi budaya kental yang sulit dilepaskan dari masyarakat sekitarnya.

Minuman yang satu ini menjadi salah-satu minuman favorit bagi masyarakat dunia tak terkecuali juga di Indonesia.

Bahkan masyarakat Indonesia begitu identik dengan kopi, karena hampir disetiap rumah penduduk selalu ada kopi, baik untuk konsumsi pribadi maupun untuk berjaga-jaga jikalau ada tamu yang berkunjung ke rumah.

Inilah Cemilan Favorit Pendamping Ngopi Di Indonesia
Ilustrasi cemilang ngopi

Meminum kopi tanpa ada cemilan pendamping akan terasa hambar bagi pecinta kopi, ada beberapa cemilan yang begitu khas dengan kopi seperti singkong rebus di daerah Jawa.

Tentunya disetiap daerah di Indonesia memiliki cemilan favorit sendiri-sendiri untuk meminum kopi. Nah pada kesempatan kali ini kami akan mencoba mengupas 5 cemilan favorit pendamping ngopi di Indonesia:

Pisang Goreng

Pisang goreng dan gorengan yang lain di Indonesia termasuk cemilan pendamping meminum kopi yang paling banyak digemari oleh masyarakat kita.

Menjadi perpaduan yang istimewa antara kopi dan pisang goreng, apalagi jika keduanya disajikan dalam bentuk hangat.

Harganya juga sangat bersahabat, hanya berbekal beberapa ribu saja kita sudah puas menikmati cemilan ini.

Sekarang mencari pisang goreng dan gorengan sangatlah mudah, karena banyak pendagang yang menjual cemilan ini, baik di warung kopi maupun di pinggir-pinggir jalan.

Kacang

Kacang merupakan cemilan yang wajib ada untuk para penyuka sepak bola, cemilan ini sangat digandrungi oleh anak muda, meski untuk memakanya kita harus mengupas kulitnya terlebih dahulu.

Kopi dan kacang merupakan dua hal yang tak bisa dilepaskan bagi masyarakat Indonesia khusunya bagi mereka yang suka bola. Karena keduanya akan hadir dikala ada perkumpulan yang terjadi atau tadi, dikala sedang nonton bola bersama.

Sekarang banyak disediakan berbagai macam cemilan berbahan dasar kacang, tergantung selera masing-masing individu untuk membelinya.

Dengan harga yang murah cemilan kacang akan selalu setia ketika kita sedang ngopi.

Roti Atau Biskuit

Orang kota atau Eropa lebih suka meminum kopi dengan cemilan roti atau biskuit, meminum kopi dengan cemilan tersebut akan mendapatkan cita rasa yang berbeda apalagi ketika roti tersebut terdapat kandungan coklatnya. Hemmm.

Memang masyarakat kita tidak terlalu akrab ngopi dengan cemilan roti, apalagi masyarakat di pedesaan.

Bagi mereka roti adalah barang langka yang hadir ketika ada momen-momen tertentu seperti hajatan atau lebaran.

Namun di Eropa berbanding terbalik Roti merupakan cemilan yang wajib hadir ketika mereka ngopi bersama kerabat.

Rempah Dan Buah-buahan Kering

Lain di Eropa lain juga di Timur tengah, kopi di Timur Tengah dianggap sebagai minuman para cendikiawan dan kaum intelektual pada saat itu.

Di Timur Tengah sendiri, kopi biasanya disajikan dengan sangat pahit dan kental. Itulah sebabnya manisan dan buah-buahan kering sering menjadi pasangan ngopi yang pas karena menyamarkan rasa pahitnya kopi.

Manisan dan buah kering ini seringnya disajikan di secangkir kopi sama seperti kukis di sisi cangkir.

Cafe-cafe kopi sekarang menjamur di Indonesia, jika kita berkunjung di salah-satu cafe di kota-kota besar di Indonesia, maka cemilan yang ada salah-satunya adalah buah-buahan kering khas Timur Tengah ini.

Baca juga : Baik buruk meminum kopi

Jajanan Pasar

Indonesia terkenal dengan kulinernya, termasuk di dalamnya adalah makanan kecil yang banyak sekali jenis maupun macamnya.

Makanan kecil ini diantaranya onde-onde, lapis, golang-galing, combro, ondol dan masih banyak yang lain.

Beberapa makanan kecil tadi, sering kita jumpai sebagai cemilan disaat masyarakat Indonesia sedang ngopi.

Kita bisa membeli itu semua di pasar-pasar tradisional di Indonesia, kalau di pasar modern hampir musatahil dapat menemukannya. Itu pun membelinya harus di pagi hari.

Demikian  cemilan favorit pendamping ngopi di Indonesia, semoga bermanfaat.

About Agus Prasetio 135 Articles

Seorang manusia biasa terlahir dari orang tua yang sangat luar biasa, Bapak Jaya Sumitro dan Ibu Jawen

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*