Inovasi Baru : Bakteri sebagai Penghasil Listrik

Akhir-akhir ini marak dibicarakan tentang permasalahan krisis energi. Banyak dari kalangan peneliti pemerintah dan bahkan pelajar banyak yang sedang melakukan pencarian energi alternative sebagai solusi untuk menghadapi krisis energi yang mulai terjadi sekarang ini.

Mulai dari temuan biogas, Biofuel, dan pembangkit listrik tenaga gelombang (micro-hidro) dengan berbagai macam inovasi. Temuan yang satu ini oleh mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman sangat berbeda dengan yang biasanya.

Alam temuannya menyatakan bahwa makhluk kecil yang disebut bakteri yang biasanya hanya dimanfaatkan untuk inovasi makanan fermentasi, tenyata mempunyai potensial mengahasilkan energi listrik.

Bakteri penghasil listrik

Bakteri tersebut didapatkan dari hasil isolasi dari limbah cair organik. Setelah dilakukan beberapa penelusuran, ternyata Bakteri tersebut mempunyai potensi listrik yang mampu dihasilkan dalam 30 mL mencapai 0,5-0,7 Volt atau setara dengan setengah batu batrai. Bakteri tersebut hanya ditumbuhkan dalam media limbah organik yang kaya nutrisi kemudian didiaman selama beberapa waktu maka kemudian dapat dideteksi adanya energi listrik.

Loading...

Menurut Rara Khenti salah satu mahasiswa yang meneliti bakteri penghasil listrik tersebut menyatakan bahwa, “Penelitan ini perlu dilakuakan penelurusan lebih jaunh mengenai teknologi yang nantinya dapat diterapkan untuk kehidupan kita.

Karena bakteri ini sangat potensial, apabila bakteri ini ditumbuhkan dalam media limbah organik sebanyak ribuan liter yang diproduksi oleh pabrik setiap ari maka listrik yang dihasilkannyaakan semakin besar.“

By : Rara Kenti (Berbie colection)

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.