Jadilah Netizen Yang Cerdas

Jadilah Netizen Yang Cerdas – Sistem demokrasi yang dianut oleh Negara kita memungkinkan orang untuk berpendapat dan mengeluarkan gagasannya melalui apa saja yang dirasa dapat menyalurkan hasil pikiran dan karyanya.

Media online kini muncul menjadi salah-satu media yang paling banyak diakses oleh masyarakat, generasi muda kita sudah tidak populer lagi dengan koran atau majalah yang dulu menjadi andalan untuk media di Indonesia.

Dengan berkembangnya teknologi informasi kini masyarakat dengan mudah dapat menyambungan informasi dari daerah satu kedaerah yang lain tanpa mengenal batas apalagi bila daerah tersebut sudah masuk internet.

Jadilah Netizen Yang Cerdas
ilustrasi nitizen

Dunia Internet memungkinkan kita bisa mendapatkan informasi apapun dari mulai resep masakan sampai dengan hingar-bingar politik yang kerapkali memanas dan menyita perhatian masyarakat.

Namun sayangnya diatas kebebasan kita mengeluarkan pendapat ada beberapa orang yang tidak bertanggung jawab yang terkadang menyebarkan informasi yang tidak nyata, memanipulasi fakta hanya untuk memuluskan kepentingannya.

Di dunia maya sekarang banyak sekali informasi yang berkliweran, apalagi kalau kalian pengguna media sosial akan banyak informasi yang masuk yang belum jelas bisa dipertanggungjawabkan.

Saya ambil contoh kasus yang sedang hangat diperbincankan sekarang mengenai demo bela Islam kemarin, banyak informasi yang simpang siur mengenai siapa yang menjadi dalang atau aktor dalam demonstrasi yang akhirnya berakhir ricuh tersebut.

Satu sisi memandang pemerintah sebagai dalang kericuhan karena menekan dan menembakkan gas air mata kearah demonstran, sisi yang lain memandang pendemo yang salah yang tidak dengan segera membubarkan diri padahal sudah disepakati bahwa aspirasi pendemo sudah diterima dan akan segera ditindaklanjuti.

Nah contoh kasus di atas harus menjadi perhatian bagi kita sebagai nitizen supaya tidak mudah menyalahkan orang atau kelompok lain atas dasar satu informasi yang kita peroleh.

Media di Indonesia sekarang memang sarat kepentingan, karena kenyataanya sekarang banyak aktor politik yang menguasai media, bila pemilik media sudah terjun ke ranah politik maka kebanyakan media tersebut sudah tidak independen lagi.

Gampang kok kalau kalian mau mengamati contoh pemberitaan politik antara stasiun TV swasta yang ada di Indonesia kerapkali tidak sama, stasiun TV satu menyalahkan pemerintah sementara TV yang lain mendukung pemerintah. Mudah ditebak tinggal dicari saja stasiun TV itu milik siapa dan pandangan politiknya bagamaimana, maka jadilah nitezen yang cerdas.

Media besar di Indonesia memang sudah jarang yang independen, bila memberitakan sesuatu kita harus benar-benar memahami apakah pemberitaan tersebut tepat dan sesuai fakta.

Pertarungan di Indonesia sekarang adalah pertarungan #opini di media baik radio, televisi maupun media sosial yang kerap menghiasi perdebatan sengit ditengah ketidakpastian berita tersebut.

Kalau mau jujur sebagian besar masyarakat Indonesia kini menjadi masyarakat yang bingung mengenai kebenaran suatu berita yang disajikan oleh media tertentu. Belum lagi dengan banyak munculnya media abal-abal yang kadang semakin menambah riu dan gaduhnya kebenaran suatu berita tersebut.

Demikian Jadilah Netizen Yang Cerdas, semoga bermanfaat

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !