Jamur, Sumber Vitamin D Dan Solusi Penyakit Rakhitis

Kekurangan vitamin D menjadi  persoalan baru bagi anak-anak Indonesia. Selain dapat menghambat pertumbuhan, kekurangan vitamin D dapat memicu penyakit pada tulang yang salah satunya adalah rakhitis. Rakhitis adalah penyakit yang menyebabkan tulang menjadi lembut dan lemah. Dalam beberapa kasus ekstrem, penyakit ini dapat menyebabkan patah dan kelainan bentuk tulang seperti kaki bengkok dan tulang belakang melengkung. Penderita rakhitis ini banyak terdapat di Negara-negara berkembang tidak hanya di Indonesia saja. Hal ini dapat terjadi karena kekurangan vitamin D ataupun kurang tercukupinya kalsium di dalam tubuh.

Defisiensi vitamin D dapat disebabkan kurang terkenanya tubuh terhadap sinar matahari. Cuaca yang berubah-ubah juga dapat mempengaruhi intensitas matahari yang menyinari tubuh. Anak yang terlalu banyak bermain game juga penyebab vitamin D tidak terpenuhi secara optimal di dalam tubuh. Terlalu banyak duduk pada usia dini dapat menghambat pertumbuhan tulang secara optimal. Faktor kemiskinan pun dapat dijadikan penyebab anak kekurangan vitamin D. Sumber vitamin D memang tidak banyak macamnya. Sumber vitamin D paling utama adalah didapatkan dari sinar matahari dan susu. Mengutip pernyataan dari kompas.com, sumber vitamin D selain dari susu dan sinar matahari diantaranya adalah ikan salmon, minyak ikan, sereal, telur, udang dan jamur.

Jamur, Sumber Vitamin D Dan Solusi Penyakit Rakhitis

Jamur merupakan salah satu sumber vitamin D, namun tidak semua jenis jamur memiliki kandungan vitamin D di dalamnya. Salah satunya adalah jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus) yang mengandung ergosterol sebagai sumber vitamin D2 bagi tubuh. Jamur ini dapat dikonsumsi, mudah dibudidayakan, murah harganya, dan mengandung gizi (protein, kh,lemak dsb….sebutkan) yang baik untuk PETUMBUHAN PADA ANAK tubuh.

jangan biarkan anak kekurangan nutrisi, tanggulangi sedini mungkin anak yang susah makan dengan memberikan multivitamin yang terpercaya.

Jamur memang belum sering dijadikan bahan pangan utama oleh masyarakat, hal ini terjadi dikarenakan bahwa masyarakat berfikir jamur tidak dapat dimakan, rasanya kurang enak dan mahal harganya. Padahal jamur ini dapat membantu kita dalam memenuhi asupan nutrisi untuk tubuh. Jamur tiram putih ini dapat dijadikan penambah asupan nutrisi yang mengandung vitamin D2 yang dapat mencegah penyakit rakhitis pada anak-anak.

Jenis Dan Sumber Vitamin D

Pada prinsipnya terdapat dua bentuk vitamin D (vitamin anti-rakhitis), yaitu: vitamin D2 (9,10-sekhoergasta-5, 7, 10 (19), 22-tetraen-3-β-ol), disebut juga kalsiferol, ergokalsiferol (C28H44O), ergosterol teraktifkan dan viosterol. Vitamin D3 (9,10-sekholesta-5, 7, 10 (19), 22-trien-3-β-ol), kholekalsiferol (C27H44O). Kedua vitamin ini merupakan kristal putih yang dibentuk dari proses irradiasi senyawa sterol yang kemudian diikuti dengan proses pemurnian.

Vitamin D2 mempunyai aktivitas penuh bagi manusia. Vitamin ini berasal dari irradiasi ergosterol yang terdapat dalam  hampir  semua tanaman, terutama sel khamir. Di alam vitamin D hanya terdapat dalam jumlah yang kecil. Jaringan tanaman dan sayuran hijau praktis tidak mengandung vitamin D. Adanya sedikit vitamin D dalam jaringan tanaman biasanya disebabkan tanaman tersebut mengandung banyak pro-vitamin D yang jikaterkena radiasi ultraviolet, misalnya karena penjemuran dapat terbentuk vitamin D.

Vitamin D terdapat dalam sebagian besar produk-produk hewani, walaupun sebagian besar terdapat dalam jumlah sedikit.Hati dan jeroan merupakan sumber yang paling kaya, tergantung pada spesies, umur, kondisi lingkungan tempat hidup, suplai makanan dan musim, hat iika mengandung 100-50.000 IU vitamin D per gram. Minyak dari hati ikan tuna (Thunnusthynnus), ikan pedang (Xiphiasgaldius), “black sea bass” (Stereolepsisgigas), “bocaccio” (Sebatodespanispinis), “halibut” (Hippogeossus hippoglossus) dan “Ling Kod” (Ophiodon elongatus) merupakan sumber vitamin D yang sangat baik. Sumber vitamin D yang baik lainnya adalah telur, mentega dan margarine yang diperkaya, susu cair dan bubuk yang ditambah vitamin D.

Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin D 

Jamur, Sumber Vitamin D Dan Solusi Penyakit Rakhitis
Rakhitis
Jamur, Sumber Vitamin D Dan Solusi Penyakit Rakhitis
Tulang

Kekurangan vitamin D pada anak-anak akan menimbulkan suatu kondisi penyakit tulang, yang ditandai dengan kelainan pada pertumbuhan sel tulang rawan dan pembesaran epiphyseal growth plates dalam tulang-tulang panjang. Akumulasu iutaan  matriks tulang yang tidak dimineralisasi pada permukaan-permukaan trabekular juga dikarenakan kekurangan vitamin D. Kerusakan-kerusakan ini membuat tulang menjadi lemah strukturnya, bengkok karena si anak dan mudah retak. Penyakit ini umum dikenal dengan rakhitis.

Rakhitis ini merupakan suatu penyakit mengenai tulang yang sedang tumbuh yang ditandai dengan gagalnya kalsium untuk disimpan di dalam tulang. Tulang menjadi lunak dan mudah patah atau berubah bentuknya. Penyakit ini mengenai tulang yang sedang tumbuh sehingga hanya terjadi pada anak-anak saja. Namun, jika tidak ditangani dengan baik maka akan terus menerus hingga dewasa. Gejala klinis yang terjadi jika anak mengalami rakhitis yaitu, pada bayi dapat dijumpai keadaan kejang, kaku, pertumbuhan fisik yang lambat, kelemahan dan gagal tumbuh. Pada anak yang sudah mulai berjalan, dapat dijumpai keadaan seperti deformitas tulang terutama pada bagian kaki seperti genu varum (bengkoknya lutut ke arah luar seperti membentuk busur panah) atau genu vakgum (bertemunya kedua lutut jika kaki diluruskan, lutut bengkok ke arah dalam).

Vitamin D dibutuhkan untuk penyerapan kalsium dari usus, sehingga jika tubuh kita kekurangan vitamin D maka kalsium tidak dapat diserap dari usus dan menyebabkan hipokalsemia (kurangnya kalsium di dalam darah) yang pada akhirnya akan menuju pada deformitas (kelainan bentuk) dari utlnag serta gejala lainnya seperti kejang, terganggunya pertumbuhan, dan lemas. Faktor lain yang menyebabkan rakhitis adalah genetik. Penyakit ini dapat diturunkan dari orang tua. Sinar matahari telah kita ketahui memiliki peranan penting dalam pembentukan vitamin D di dalam tubuh kita.

Tidak mendapatkan cukup kalsium dan fosfor dalam makanan kita juga dapat menyebabkan rakhitis. Rakhitis yang disebabkan oleh kurangnya mineral ini jarang terjadi di Negara maju, karena kalsium. Penyakit ini mungkin terjadi pada anak-anak selama periode pertumbuhan yang cepat, ketika tubuh membutuhkan tingkat kalsium dan fosfat. Rakhitis dapat dilihat pada usia anak usia 6-24 bulan. Hal ini jarang terjadi pada bayi baru lahir.

Jamur Sebagai Sumber Vitamin D

Sumber vitamin D salah satunya adalah berasal dari jamur. Memang tidak semua jamur yang memiliki kandungan vitamin D. Jamur yang mengandung vitamin D dan provitamin D2 (ergosterol) yaitu jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus). Jamur tiram memiliki kandungan gizi menurut Direktorat Jenderal Holtikultura Departemen pertanian Protein rata-rata 3.5 – 4 % dari berat basah. Berarti dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan asparagus dan kubis. Jika dihitung berat kering. Kandungan proteinnya 19-35%. Sedangkan beras hanya 7.3% gandum 13.2% kedelai 39.1%. susu sapi 25.2%. Jamur tiram juga mengandung 9 macam asam amino yaitu (1) lisin (2) metionin (3) triptofan (4) threonin (5) valin (6) leusin (7) isoleusin (8) histidin dan (9) fenil alanin. 72% lemak dalam jamur tiram adalah asam lemak tidak jenuh, sehingga aman dikonsumsi baik yang menderita kelebihan kolesterol (hiperkolesterol) maupun gangguan metabolisme lipid lainnya. 28% asam lemak jenuh serta adanya semacam polisakarida kitin di dalam jamur tiram diduga menimbulkan rasa enak.

Jamur, Sumber Vitamin D Dan Solusi Penyakit Rakhitis

Jamur tiram juga mengandung vitamin penting, terutama vitamin B, C dan D. vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), niasin dan provitamin D2 (ergosterol), dalam jamur tiram cukup tinggi. Mineral utama tertinggi adalah Kalium, Fosfor, Natrium, Kalsium dan Magnesium. Mineral utama tertinggi adalah : Zn, Fe, Mn, Mo, Co, Pb. Konsentrasi K, P, Na, Ca dan Me mencapai 56-70% dari total abu dengan kadar K mencapai 45%.

One thought on “Jamur, Sumber Vitamin D Dan Solusi Penyakit Rakhitis

  1. Pingback: Berikut 3 Buah Sumber Vitamin C Yang Harus Kamu Tahu Beserta Fungsinya - Chyrun.com

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !