Jenis Bebek Pedaging Unggulan

Jenis Bebek Pedaging Unggulan – Bisnis daging bebek sudah mulai menjadi komoditi yang digemari di Indonesia. Biasanya kita orang Indonesia menyebut bebek, secara global masyarakat menyebutnya itik. Bebek atau itik sangat beragam jenisnya di seluruh dunia.

Sebelum kita mengulas jenis-jenis bebek pedaging Unggulan, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu perbedaan bebek jantan dan bebek betina. Ini penting diketahui karena akan menunjang bisnis Anda dalam peternakan bebek pedaging.

“Perbedaan bebek jantan dan bebek betina”

Perlu di ingat, dalam beternak bebek pedaging bebek yang diternakan adalah bebek jantan. Bebek jantan memiliki kelebihan yaitu cepat pertumbuhanya di banding bebek betina. Nah, untuk mengetahui perbedaanya,  bebek jantan memiliki tonjolan pada bagian dubur, bebek betina tidak memiliki tonjolan. Hehe, ternyata sama ya kaya manusia.

Di Indonesia terdapat jenis bebek unggul sebagai bebek pedaging. Bebek yang digunakan sebagai pedaging memiliki bobot tubuh yang berat sehingga karakas yang dihasilkan lebih banyak dari pada bebek yang biasanya digunakan sebagai bebek petelur.

Jenis Bebek Pedaging Unggulan

 Berikut jenis bebek pedaging unggulan:

A_Muskovi

Bebek ini berasal dari daerah Amerika selatan. Bebek muskovi dimanfaatkan sebagai bebek pengeram atau penetas sehingga sangat berguna. Di Indonesia bebek ini dikenal dengan sebutan mentok, entok atau bebek manila. Berat entok jantan bisa mencapai 7 kg dan entok betina bisa mencapai 5 kg. Warna entok biasanya hitam putih dan biru.

B_Tiktok

Penamaan tiktok berasal dari penggabungan nama bebek dan entok. Tictok atau mule duck merupakan hasil persilangan bebek alabio dengan entok/bebek manila. Jenis ini diperoleh dari inseminasi buatan. Bebek tiktok memiliki berat tubuh dan pertumbuhan yang bagus. Tiktok dapat dipanen setelah umur 6-8 minggu atau bobot mencapai 1,5-1,8 kg.

C_Pekin

Bebek pekin didatangkan dari Cina ke Amerika serikat pada tahun1870. Bebek ini merupakan jenis bebek pedagingyang paling disukai, baik di Cina, Amerina Utara, maupun Australia. Daging bebek ini bahkan sudah di ekspor sampai ke Indonesia.

Bobot bebek pekin bisa mencapai 2,5-3,5 kg dalam waktu dua bulan.bebek pekin kerap dikawinsilangkan dengan bebek-bebek lokal seperti bebek rambon dan bebek tegal. Perkawinan silang ini bertujuan untuk mendapatkan keunggulan yang dimiliki bebek pekin, namun mampu bertahan dengan cuaca di Indonesia.

D_Aylesbury

Diambil dari nama daerah di Inggris. Bebek ini memiliki warna putih salju, mata kebiruan, dan kaki orange.bebek ini hanya mampu memproduksi telur sebanyak 100 butir per ekor per tahun sehingga banyak digunakan sebagai itik pedaging. Bobot bebek ini mampu mencapai 4,5 kg.

E_Rouen

Bebek ini berasal dari Prancis. Bobot bebek rouen bisa mencapai 4,1-5,4 kg. Ciri bebek rouen terletak pada cangkangnya yang berwarna kebiruan.

F_Bebek Cirebon

Bebek cirebon/rambon banyak ditemui di sepanjang pantai utara pulau jawa. Dari cirebon, Indramayu, Brebes, Tegal sampai ke Semarang. Bebek ini termasuk bebek jawa, memiliki ciri khas bulu berwarna kecoklatan.

Bagi peternak Cirebon, bebek rambon merupakan ras asli yang berkembang di daerah cirebon. Bebek rambon mampu bertelur 260 butir dalam setahun. Dengan puncak produksi pada umur 1,5 tahun. Bobot yang bisa dicapai dalam waktu 2 bulan sekitar 1,3 kg.

G_Bebek Tegal

Termasuk dalam ras bebek jawa.  Tersebar di sepanjang pantura (pantai utara jawa). Produksi telur bebek ini bisa mencapai 250 telur pertahun. Berat dapat mencapai 1,5 kg dalam waktu 2-3 bulan.

Bebek Tegal Paling mudah beradaptasi dan sering dikawinsilangkan dengan ras lain. warna bulu yaitu beranjangan, lemahan, jarakan, jalen,blorong, jambul, pundak, putihan, dan irengan.

H_Bebek Metaram

Sentra peternakan bebek ini berada di desa Turi, Bantul, Yogyakarta. Bebek metaram sering juga disebut sebagai bebek turi. Seperti halnya bebek tegal, bebek ini memiliki varietas dengan berbagai warna seperti jenis bambangan, kalung, bosokan dan ireng.

Dapat bertelur 200 butir dalam setahun dengan masa paling produktif di umur 1,5 tahun. Jantan dapat memiliki berat sampai dengan 2,2 kg dalam waktu 2-3 bulan.

I_Bebek Mojosari

Bebek ini berasal dari desa Madupuro, Mojokerto, Jawa Timur. Bebek ini tersebar dari Jawa Timur, Madura, Jawa Tengah, hingga Sulawesi Selatan.Mampu menghasilkan telur hingga 230 butir dalam satu tahun. Bebek ini akan mulai bertelur di umur 5,5 bulan. Bobot dewasa bebek mojosari mencapai 1,7 kg.

J_Bebek Bali

Bebek bali banyak dipelihara oleh masyarakat Bali dan Lombok. Sentra peternakan berada di daerah Tabanan, Bali. Jenis bebek bali dibedakan berdasarkan warna bulunya, sikep (putih), suni (warna jerami kering), dan sumbilan ( gelap ). Mampu bertelur 220 butir dalam setahun. Bobot bisa mencapai 1,6 kg dalam waktu 2-3 bulan.

K_Bebek Pegagan

Berasal dari Kecamatan Tanjung Raja, Inderalaya, dan Pamulutan di kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Nama pegagan di ambil dari nama suku di daerah tersebut. Bebek jantan memiliki warna mengkilat kehitaman di bagian kepala, sayap dan ekor, sementara badanya berwarna putih keabuan. Betina memiliki bulu gelap hingga kehitaman dan bagian sayap berwarna biru mengkilap. Mampu bertelur 220 butir per tahun. Bobot tubuh mencapai 2,1 kg dalam waktu 2-3 bulan.

L_Bebek Alabio

Sentra budidaya bebek alabio berada di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan. Untuk sentera pembibitan berada di desa Mamar, Kecamatan Amuntai Selatan. Mampu bertelur 225 butir dalam setahun. Bobot tubuh mencapai 2 kg pada umur 2-3 bulan.

M_Bebek Pitalah

Berasal dari Nagari Pitalah, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Mampu bertelur 270 butir dalam setahun. Bobot rata-rata bebek pitalah adalah 1,5 kg pada usia dewasa.

N_Bebek Bayang

Berasal dari Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Memiliki bulu putih mirip kaling melingkar di leher. Mampu bertelur 190 butir dalam setahun. Bobot tubuh mencapai 1,5 kg-2 kg diusia dewasa.

O_Khaki Campbell

Bebek ini merupakan salah satu bebek petelur paling baik. Berasal dari Inggris. Memiliki bobot 2-2,5 kg. Mampu bertelur 300-355 butir dalam setahun.

P_Cayuga

Ini adalah jenis itik hias. Bebek ini mampu menghasilkan 150-200 butir telur dalam setahun. Berat itik dapat mencapai 3,2-3,6 kg sangat cocok di gunakan sebagai bebek pedaging.

Baca Juga : Memulai Usaha Ternak Bebek Pedaging Di Pinggir Sawah

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !