9 Jenis Bisnis yang Tepat Saat Memasuki Bulan Puasa

Jenis Bisnis yang Tepat Saat Memasuki Bulan Puasa
Jual perlengkapan sekolah

Apa kira-kira jenis bisnis yang tepat saat bulan puasa ? Lebaran sebentar lagi, bagi umat islam momentum bulan puasa memiliki arti sakral. Pahala dan rizki yang berlimpah di tebar ke bumi untuk umat yang dengan ikhlas menjalankan puasa dan ibadah-ibadah lain. Terlepas dari iming iming pahala, bulan puasa menjadi bulan yang penuh mahfiroh. Ada getaran tersendiri ketika momentum bulan puasa datang.

Getaran perasaan yang tidak dapat diungkapkan, kesenangan hati penuh keikhlasan, bahagia yang datang dari hati sanubari terdalam.

Karena judul artikel membahas masalah bisnis, maka artikel kali ini akan mengulas seputar bisnis di bulan puasa dan libur lebaran. Untuk serba-serbi dan keunikan lebaran yang lain dapat anda baca di artikel pilar kami

Penulis menulis berdasar pemahaman melihat momentum bulan puasa apalagi di daerah pedesaan. Kenapa pedesaan ? Alasan yang pertama, karena saya tinggal di pedesaan, alasan yang kedua, pedesaan pada bulan puasa ramai oleh orang-orang yang mudik ke kampung halaman membawa dana segar dari kota-kota besar.

Nah, inilah peluang berbisnis yang menjanjikan di desa. Perputaran uang di bulan puasa  dapat dipastikan lebih besar dari bulan bulan biasanya. Lho ko bisa?

Alasan cerdas bisnis saat bulan puasa adalah:

Merantau, ini adalah kata familiar di desa-desa seluruh Indonesia. Merantau ke kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Jogjakarta dan kota besar lainya. Masyarakat pergi dari kampung halaman untuk merantau ke kota-kota besar, kemudian kembali ketika lebaran datang. Mereka membawa aset yang sangat berharga yaitu uang, membawa kebiasaan yang berbeda seperti fashion, pola kehidupan konsumtif yang pasti berbeda dari kampung halaman.

Mari kita fasilitasi mereka untuk menghabiskan uang. Jadikan momentum ini sebagai ladang bisnis yang menguntungkan. Hahaha……

Jenis Bisnis yang Tepat Saat Memasuki Bulan Puasa
Jual perlengkapan sekolah

Bisnis-bisnis yang sesuai di bulan ramadhan adalah sebagai berikut :

1. Berjualan baju lebaran

Baju muslim yang dimaksud adalah gamis, koko, Kemeja putih, batik, sarung serta mukena. Barang-barang tersebut menjadi barang pokok saat lebaran datang. Budaya serba baru sudah diwariskan turun-temurun. Ini salah satu peluang kita untuk mengambil keuntungan dari menjual baju.

Berjualan baju lebaran adalah peluang yang sangat cocok saat lebaran di desa ataupun di kota.

2. Berjualan makanan pokok

Baik makanan pokok mentah atau yang sudah matang. Biasanya masyarakat melebihkan baget untuk hal yang satu ini. Momentum puasa tidak malah membuat hemat, justru sebaliknya. Pengeluaran keuangan di bulan ramadhan lebih besar dibanding bulan biasa. Ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat muslim di Indonesia.

3. Berbisnis aksesoris lebaran, seperti sepatu, sendal, kopiah, sampai gantungan kunci

Jangan salah, penjual kopiah bisa meraup omset jutaan satu hari di bulan puasa. Pernah menjumpai penjual kopiah berjualan di depan masjid Anda?.

4. Berjualan makanan dan minuman manis seperti kolak, bubur, es kelapa

Memakan makanan manis menjadi anjuran dalam agama ketika bulan puasa. Ini desebabkan kondisi puasa menyebabkan kadar gula darah menurun, merasa lemas dan tidak bersemangat. Dengan meminum atau memakan makanan manis maka kadar gula tubuh akan kembali normal.

Berjualan makanan dan minuman manis dilakukan ketika mulai hari pertama bulan puasa. Setelah bulan puasa selasai maka makanan ini sudah tidak banyak lagi peminatnya. Hanya beberapa saja yang memang penyuka makanan manis.

5. Berjualan kue-kue lebaran

Bisnis ini dilakukan ketika menjelang hari raya atau sudah masuk pertengahan bulan puasa. Kue-kue akan banyak dicari untuk mengisi meja rumah pada saat hari raya lebaran.

6. Berinvestasi daging

bentuk bisnis ini adalah menginvestasikan uang untuk membeli sapi atau kambing 2 bulan sebelum bulan puasa. Setelah 2 hari menjelang lebaran kambing atau sapi yang sudah kita beli kita potong dan kita jual dagingnya. Saya jamin, pasti banyak pembeli yang mengantri. Apalagi harga lebih murah dari di pasar dan kondisi daging masih dalam keadaan fress.

7. Menjual pulsa seluler

Kenapa?

Banyak orang kembali dari kota seperti Jakarta, istilahnya mudik maka banyak pulsa yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pulsa mereka. Ini adalah kesempatan kita. Menemukan waktu pas untuk berjualan pulsa.

8. Menjual baju sekolah dan alat-alat sekolah

Ini yang sering terlupakan dan tidak banyak dipikirkan. Memang momentum lebaran, namun target anak-anak sekolah yang sedang liburan adalah ide cerdas yang patut untuk di coba.

Selepas mereka masuk sekolah maka mereka akan berbondong-bondong membeli alat-alat sekolah. Apalagi masyarakat yang bersama keluarga mudik ke kampung dengan membawa anak-anak mereka.

9. Berjualan oleh-oleh khas daerah tersebut

Misalnya di daerah banyumas berjualan gethuk goreng, mendoan mentah atau kripik. Intinya menjual yang menjadi khas di daerah tersebut. Niscaya, ketika musim arus balik ke jakarta banyak yang membeli sebagai oleh-oleh.

Demikian sedikit artikel yang saya persembahkan menjelang bulan puasa, akan ada artikel-artikel yang di share di blog ini, Insaallah menarik dan bermanfaat bagi pembaca semua. Untuk berlangganan artikel dari kami silahkan berlangganan lewat email.

Baca Juga : 7 Ide Usaha di Daerah Pedesaan

Semoga bermanfaat.

About Tohir 829 Articles

Kalo satu lidi bisa patah dengan mudah, tapi seratus lidi yang bersatu akan sangat susah.

2 Komentar

  1. Berjualan baju lebaran ,terasa lebih pas, karena barang tidak ada istilah basi. Bisa dijual lagi setelah musim lebaran jika tidak laku.

    • Betul sekali mas…dapat pahala sekalian dapat berkah berupa uang..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*