Jenis / Macam, Fungsi Dan Prinsip Kerja Karburator

Jenis, Fungsi Dan Prinsip Kerja Karburator – Pada dasarnya karburator bekerja menggunakan Prinsip Bernoulli: semakin cepat udara bergerak maka semakin kecil tekanan statis-nya namun makin tinggi tekanan dinamis-nya. Pedal gas pada mobil sebenarnya tidak secara langsung mengendalikan besarnya aliran bahan bakar yang masuk kedalam ruang bakar. Pedal gas sebenarnya mengendalikan katup dalam karburator untuk menentukan besarnya aliran udara yang dapat masuk kedalam ruang bakar. Udara bergerak dalam karburator inilah yang memiliki tekanan untuk menarik serta bahan bakar masuk kedalam ruang bakar.

Kebanyakan mesin berkarburator hanya memiliki satu buah karburator, namun ada pula yang menggunakan satu karburator untuk tiap silinder yang dimiliki. Bahkan sempat menjadi trend modifikasi sepeda motor di Indonesia penggunaan multi-carbu (banyak karburator) namun biasanya hal ini hanya digunakan sebagai hiasan saja tanpa ada fungsi teknisnya.

Mesin-mesin generasi awal menggunakan karburator aliran keatas (updraft), dimana udara masuk melalui bagian bawah karburator lalu keluar melalui bagian atas. Keuntungan desain ini adalah dapat menghindari terjadinya mesin banjir, karena kelebihan bahan bakar cair akan langsung tumpah keluar karburator dan tidak sampai masuk kedalam intake mainfold; keuntungan lainnya adalah bagian bawah karburator dapat disambungkan dengan saluran oli supaya ada sedikit oli yang ikut kedalam aliran udara dan digunakan untuk membasuh filter udara; namun dengan menggunakan filter udara berbahan kertas pembasuhan menggunakan oli ini sudah tidak diperlukan lagi sekarang ini.

Untuk itu fungsi dari karburator antara lain:

  1. Untuk mengatur udara dan bahan bakar ke dalam saluran isap.
  2. Untuk mengatur perbandingan bahan bakar-udara pada berbagai beban kecepatan motor.
  3. Mencampur bahan bakar dan udara secara merata.

Jenis/Macam karburator

1.Karburator PE

Karburator PE 28

Karburator PE 28

Karakter karburator PE yaitu mempunyai tarikan atas yang oke, namun konsekuensinya mempunyai tarikan bawah yang agak susah untuk didapat.

Karbu ini menjadi pilihan nomor satu terutama untuk ajang balap drag misalnya.

2.Karburator PJ

Karburator PJ

Karburator PJ

Karakter karbu ini mempunyai skep yang berbentuk oval. sangat cocok untuk konsumen yang menginginkan top speed jozz.

3.Karburator PWK 28-41 series

Karburator PWK 28-41 series

Karburator PWK 28-41 series

Karakteristik :  karbu PWK atau Keihin PWK mempunyai tarikan bawah dan atas yang mumpuni, setting karbu mudah didapat, tetapi main jetnya tidak sama.

4.Karburator FCR Series

Karburator FCR Series

Karburator FCR Series

Karakteristik : digunakan untuk ajang road race,  FCR horizontal untuk mesin tegak dan FCR vertikal untuk mesin rebah/tidur.

5.Karburator Mikuni (TM)

Karburator Mikuni (TM)

Karburator Mikuni (TM)

Tersedia dari ukuran Mikuni 24 hingga 39.

Baca juga :

Demikian artikel kami berudul Jenis / Macam, Fungsi Dan Prinsip Kerja Karburator

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !