Jenis-Jenis Cabai Merah Unggul

Jenis-Jenis Cabai Merah Unggul – Menyambung artikel sebelumnya berjudul {PanduanLengkap Budidaya Cabai Merah (Lombok Abang)}. Kali ini kita akan mengenal jenis jenis/ varietas dari cabai merah itu sendiri. Tentunya cabai merah yang biasa dibudidayakan oleh masyarakat.

Masih banyak petani menggunakan varietas lokal setempat dan banyak juga yang menggunakan varietas impor. Kebanyakan varietas impor berasal dari KnowYou- Seed,  seperti jenis Hot Beauty (457), Hero (459), Long Chili (455), Ever Flavor (462), Passion (451), TM.999 dan lain-lain. para ilmuan menggunakan bioteknologi untuk menghasilkan bibit cabai unggulan.

Tanaman cabai memiliki varietas yang jumlahnya sangat banyak. Berkat kemajuan teknologi di bidang pembibitan, sudah banyak dihasilkan berbagai varietas cabai unggul hibrida oleh berbagai negara atau perusahaan benih unggul di dunia. Berikut adalah jenis cabai merah unggul yang biasanya di budidayakan di Indonesia.

Cabai Merah Kriting

Cabai berukuran lebih kecil dari cabai merah biasanya, tetapi rasanya lebih pedas dan aromanya lebih tajam. Bentuk fisiknya memang agak berkelok-kelok dengan permukaan buah tidak rata sehingga kita menyebutnya cabai keriting. Buah mudanya ada yang berwarna hijau dan ada yang ungu. Jika dibandingkan dengan cabai lainnya, cabai keriting lebih tahan terhadap serangan penyakit.

Cabai  Merah Tit atau Tit Super

Cabai merah Tit super dikenal sebagai cabai lokal. Cabai unggulan asal Indonesia yang sering di budidayakan oleh masyarakat. Tinggi tanaman cabai 30-70 cm, berwarna merah tua menyala dengan ukuran besar, panjang, dan mulus serta ujungnya mengecil runcing dan bengkok.

Cabai Merah Hot Beauty

Cabai ini adalah cabai hasil bioteknologi pertanian. Dikalangan petani cabai ini disebut cabai Taiwan. Sesuai namanya, cabai ini merupakan hybrid yang diproduksi dari Taiwan. Ukuran buahnya besar, panjang dan lurus. Daging buahnya tipis dengan rasa kurang pedas dibandingkan cabai keriting.

Cabai Merah Lain

Selain jenis cabai merah diatas, ada beberapa jenis cabai merah lain yang ada di Indonesia. Yaitu cabai semarang, cabai paris, cabai jatilaba, serta cabai long chili. Cabai semarang seperti cabai merah tit super. Perbedaannya hanya terletak pada buah lebih kecil, pangkalnya lurus, serta berujung bengkok. Cabai merah paris buahnya besar, lurus dari pangkal sampai ujung, berwarna merah kekuningan-kuningan, berurat atau bergaris putih. Cabai merah jatilaba berukuran besar, lurus, berkerut-kerut, berujung runcing, dan berwarna merah kehitaman. Cabai merah long chili adalah cabai merah produksi Taiwan. Buahnya ramping, panjang berkulit halus, dan berdaging agak tebal dibandingkan cabai jenis hot beauty.

Baca juga : Penanggulangan Penyakit Antraknosa Pada Cabai Merah

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !