Jenis-Jenis Pisang khas Indonesia

Pada kesempatan kali ini wisata sains akan melanjutkan postingan sebelumnya yang berjudul “Potensi dan Manfaat Tanaman Pisang”. Masih membahas tentang Pisang, pada artikel kali ini yang berjudul “Jenis-jenis pisang komersial” akan membahas jenis pisang yang mempunyai nilai komersial yang cukup tinggi.

Jenis-jenis pisang khas indonesia
Pisang Ambon

1.Pisang barangan

Pisang barangan di Filipina dikenal dengan nama pisang lakatan dan di Malaysia disebut pisang berangan. Pisang jenis ini sangat popular sebagai pisang meja. Berat rata-rata per tandan berkisar 12-20 kg terdiri dari 8-12 sisir. Setiap sisirnya terdiri dari 12-20 buah. Ukuran buahnya 12-18 cm dan diameter 3-4 cm. Warna daging buahnya agak oranye, rasanya enak, dan aromanya harum.

2.Pisang raja

Pisang jenis ini tangkai buahnya terdiri atas 6 sisir yang masing-masing terdiri 15 buah. Berat satu buah pisang sekitar 92 gram dengan panjang 12-18 cm dan diameter 3,2 cm. Bentuk buahnya melengkung dengan bagian pangkal bulat.

Warna daging buahnya kuning kemerahan tanpa biji. Empulur buahnya nyata dengan tekstur kasar. Rasanya manis. Lama tanaman berbunga seja anakan adalah 14 bulan. Sedangkan buah masak 164 hari sesudah muncul bunga.

3.Pisang raja sere

Pisang raja sere dikenal sebagai pisang meja. Ukurannya kecil dengan panjang buah 10-15 cm dan diameter 3-4cm. Berat per tandan 10-14 kg, jumlah sisir 5-9, dan tiap sisir terdiri dari 12-16 buah. Pada waktu matang warna kulitnya kuning kecoklatan dengan bintik-bintik coklat kehitaman. Kulit buahnya tipis, warna , rasanya manis, dan aromanya harum.

4.Pisang raja uli

Pisang raja uli dikenal sebagai pisang olahan. Warna kulit buah kuning cerah dan daging buah putih. Buahnya berasa manis dan beraroma harum. Setiap tandannya terdiri dari 5-8 sisir buah dengan berat setiap sisir kurang lebih 1.620 gr. Berat tiap  gr, panjang buah 18 cm, dan lingkar buah 13 cm. Pisang ini sangat enak kalau direbus ataupun digoreng.

5.Pisang kepok

Pisang kepok di Filipina dikenal dengan nama pisang saba, sedang di Malaysia dikenal dengan nama pisang nipah. Buahnya enak dimakan setelah diolah terlebih dahulu. Bentuk buahnya agak pipih sehingga kadang disebut pisang
gepeng. Beratnya per tandan dapat mencapai 14-22 kg dengan jumlah sisir 10-16. Setiap sisir terdiri dari 12-20 buah. Bila matang warna kulit buahnya kuning penuh.

6.Pisang tanduk

Pisang tanduk ukuran buahnya besar dan bentuknya menyerupai tanduk. Oleh karenanya dikenal dengan nama pisang tanduk. Bila matang warna kulit buahnya coklat kemarehan dan bertbintik-bintik. Warna daging buahnya putih kemerahan.

Pisang jenis ini cocok untuk olahan. Berat setiap tandannya 7-10 kg terdiri dari 3 sisir dan setiap sisirnya 10 buah.

7.Pisang mas

Pisang ini bentuk buahnya kecil-kecil dengan panjang 8-12 cm dan diameternya 3-4 cm. Berat per tandannya 8-12 kg terdiri dari 5-9 sisir. Setiap sisirnya 14-18 buah. Pisang mas bila matang berwarna kuning cerah. Kulit buahnya tipis, rasanya sangat manis, dan aromanya kuat.

8.Pisang ambon lumut

Warna kulit buah pisang ambon lumut pada waktu matang hijau atau hijau kekuningan dengan bintik-bintik coklat kehitaman. Daging buahnya berwarna putih kemerahan dan lunak. Rasanya manis enak dan aromanya kuat. Berat per tandan mencapai 15-18 kg dengan jumlah sisir 8-12. Setiap sisir kurang lebih 20 buah. Ukuran buah 15-20 cm dengan diameter 3-3,5 cm.

9.Pisang nangka

Warna kulit pisang nangka saat matang adalah hijau. Rasa buahnya asam manis. Pisang jenis ini hanya digunakan untuk olahan. Berat per tandan 11-14 kg terdiri dari 6-8 sisir, dan tiap sisir terdiri dari 14-24 buah. Panjang buah 24-28 cm dengan diameter 3,5-4 cm.

Bagian-bagian tanaman pisang meliputi :

1.Daun

Daun pisang letaknya tersebar, helaian daun berbentuk lanset memanjang. Pada bagian bawahnya berlilin. Daun ini diperkuat oleh tangkai daun yang penjangnya antara 30-40 cm. Daun pisang mudah sekali robek atau terkoyak oleh
hembusan angin yang keras karena tidak mempunyai tulang-tulang pinggir yang menguatkan lembaran daun.

2.Bunga

Bunganya berkelamin satu, berumah satu dalam tandan. Daun penumpu bunga berjejal rapat dan tersusun secara spiral. Daun pelindung berwarna merah tua, berlilin, dan mudah rontok dengan panjang 10-25 cm. Bunga tersusun dalam dua baris melintang. Bunga betina berada di bawah bunga jantan (jika ada) Lima daun tenda bunga melekat sampaitinggi, panjangnya 6-7 cm. Benangsari 5 buah pada bunga betina tidak sempurna, bakal buah persegi, sedang pada bunga jantan tidak ada.

3.Buah

Sesudah bunga keluar, akan terbentuk sisir pertama, kemudian memanjang lagi dan terbentuk sisir kedua, ketiga, dan seterusnya. Jantungnya perlu dipotong sebab sudah tidak bias menghasilkan sisir lagi.

4.Batang

Batang pisang sebenarnya terletak dalam tanah berupa umbi batang. Dibagian atas umbi batang terdapat titik tumbuh yang menghasilkan daun dan pada suatu saat akan tumbuh bunga pisang (jantung). Sedang yang berdiri tegak di atas tanah yang biasanya dianggap batang itu adalah batang semu. Batang semu ini terbentuk dari pelepah daun panjang yang saling melangkup dan menutupi dengna kuat dan kompak sehingga bias berdiri tegak seperti batang tanaman. Tinggi batang semu ini berkisar 3,5-7,5 meter tergantung jenisnya.

5.Akar

Pohon pisang berakar rimpang dan tidak mempunyai akar tunggang. Akar ini berpangkal pada umbi batang. Akar tebanyak berada di bagian bawah tanah. Akar ini tumbuh menuju bawah sampai kedalaman 75-150 cm. Sedang akar yang berada di bagian samping umbi batang tumbuh ke samping atau mendatar. Dalam perkembangannya akar samping bisa mencapai 4-5 meter.

Pisang merupakan buah yang komersial, pengertian komersial disini adalah banyak terdapat di pasaran, baik di pasar umum maupun supermarket. Jenis-jenis pisang itu banyak digemari masyarakat karena keistimewaannya.

One thought on “Jenis-Jenis Pisang khas Indonesia

  1. Pingback: Potensi, khasiat dan Manfaat Tanaman Pisang - Chyrun.com

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !