4 Jenis Lalat dan Keunikanya yang Luar Biasa

Jenis Lalat dan Keunikanya

Jenis Lalat dan Keunikanya – Dengan predikat lalat yang memiliki kesan jorok dan hewan yang dicap negatif terutama dari segi penularan penyakit. Ternyata lalat memiliki sisi keunikannya sendiri yang kita belum tahu. APa saja keunikan tersebut, berikut 4 jenis lalat dan keunikanya yang luar biasa.

1. Lalat Mata ( Diptera)

Dikenal orang dengan sebutan lalat mata bertangkai atau stalk eye flies. Lalat dewasa merupakan penerbang yang buruk dan hanya sekali-kali saja terbang dengan jarak yang pendek.

Berbeda dengan presepsi kita tentang lalat yang selalu hinggap di tempat-tempat kotor, Lalat mata justru pemakan makanan yang selektif. Lalat mata merupakan hama pada tanaman padi dan jagung.

Jenis Lalat dan Keunikanya 2

Pada musim dingin di daerah subtropis, lalat mata dewasa berlindung pada tempat-tempat yang lembab dan melakukan hibernasi. Lalat tersebut akan muncul kembali pada musim panas, saat hari sedang cerah.

2. Lalat Buah (Drosophila)

Seperti namanya, lalat ini merupakan pemakan buah-buahan yang sudah mulai membusuk. Untuk mendapatkan jenis lalat ini sangatlah mudah. Kita hanya cukup membiarkan buah yang sudah terkelupas di tempat terbuka beberapa saat.

Jenis Lalat dan Keunikanya

Selang beberapa waktu, pasti sudah di kerumuni oleh lalat jenis ini. Ukuran lalat ini kecil kalau kita bandingkan dengan lalat yang sering kita temui di warung-warung makan, lalat ini hanya seper sepuluh ukuran lalat tersebut. Lalat buah biasanya dijadikan organisme model yang paling banyak digunakan dalam penelitian genetika, fisiologi, dan evolusi sejarah kehidupan.

Lalat buahr populer karena sangat mudah berbiak (hanya memerlukan waktu dua minggu untuk menyelesaikan seluruh daur kehidupannya), mudah pemeliharaannya, serta memiliki banyak variasi fenotipe yang relatif mudah diamati.

3. Lalat Hijau

Lalat hijau merupakan lalat yang menjadi tersangka utama dalam penyebaran penyakit setelah lalat rumah. Lalat ini merupakan jenis lalat paling jorok dibandingkan dengan lalat-lalat yang lain. Lalat hijau memakan dan menjadikan kotoran sebagai temap hinggap.

Jenis Lalat dan Keunikanya 2

Lalat hijau mempunyai ukuran tubuh yang relatif besar. Cara makan lalat hijau sangat jorok. Mereka memuntahkan air liurnya setiap hinggap dan menyerap kembali makanan bersama liur yang dikeluarkan

4. Lalat Rumah

Lalat rumah merupakan lalat yang paling biasa ditemui di dalam rumah, meliputi kira-kira 90% daripada semua lalat di tempat tinggal manusia, dan merupakan salah satu daripada serangga yang paling luas tersebar di seluruh dunia.

Jenis Lalat dan Keunikanya 3

Lalat rumah dianggap serangga penyebab utama penyebaran penyakit berbahaya yang ditularkan lewat makanan. Kebiasaan makan dari lalat rumah sama dengan lalat hijau yaitu dengan memuntahkan cairan , lalu kembali memakanya bersama makanan.

Lalat tsetse merupakan lalat yang membawa sejenis penyakit tidur. Lalat ini menghisap darah vertebrata. Banyak kasus kematian yang terjadi diafrika karena penyakit yang dibawa lalat ini.

Hidup lalat tsetse untungnya hanya ada di Afrika. Lalat ini merupakan lalat yang berbahaya, karena didalam tubuhnya membawa semacam mikroorganisme yang berbahaya bagi siapa saja yang digigit oleh lalat jenis ini. Lalat ini menularkan pada saat menghisap darah.

About Tohir 829 Articles

Kalo satu lidi bisa patah dengan mudah, tapi seratus lidi yang bersatu akan sangat susah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*