Berita, Ilmiah

Jenis Limbah Pencemar Sungai Perkotaan : Artikel

Jenis Limbah Pencemar Sungai Perkotaan : Artikel – Limbah pencemar sungai akan menyesuaikan dimana sungai itu mengalir, jika sungai mengalir melewati perumahan padat penduduk, maka limbah akan didominasi oleh limbah yang berasal dari rumah penduduk dan industri, namun jika sungai mengalir melewati ladang pertanian maka pencemaran limbah berasal dari limbah-limbah pertanian. Begitupun jika limbah mengalir dan melewati kedua tempat, baik melewati pemukiman atau pertanian, maka limbah pencemar sungaididominasi dari limbah pertanian dan limbah perumahan.

1. Limbah Industri

Limbah air bersumber dari industri (pabrik) yang biasanya banyak menggunakan air dalam proses produksinya. Di samping itu ada pula bahan baku yang mengandung air, sehingga dalam proses pengolahannya air tersebut harus dibuang. Pada beberapa jenis industri tertentu, misalnya industri pengolahan kawat seng, besi-baja, sebagian besar air digunakan untuk pendinginan mesin ataupun dapur pengecoran.Air dipompa dari sumbernya, kemudian dilewatkan pada bagian-bagian yang membutuhkan pendinginan, untuk selanjutnya dibuang.Oleh karena itu pada saluran pembuangan pabrik tersebut terlihat air mengalir dalam volume yang cukup besar.Air limbah dari pabrik membawa sejumlah padatan dan partikel, baik yang larut maupun yang mengendap.Bahan ini ada yang kasar dan ada yang halus.Kerapkapkali air buangan pabrik berwarna keruh dan bersuhu tinggi.

Pencemaran yang diakibatkan oleh buangan limbah industri ini menyebabkan pencemaran kualitas air sungai berupa :

a. Turunnya kandungan oksigen (O2) yang larut kedalam badan air.

b. Naiknya kekeruhan air dan warna air.

c. Tingginya kadar PH dan meningkatnya toksinitas (keracunan).

Air buangan industri mengandung jumlah padatan tersuspensi dalam jumlah yang sangat bervariasi tergantung dari jenis industrinya.Padatan tersuspensi terdiri berbagai padatan terlarut yang mempunyai ukuran kecil.Padatan ini terdiri dari senyawa-senyawa anorganik dan organik yang larut air, mineral dan garam-garamnya. Sebagai contoh, air buangan pabrik gula biasanya mengandung berbagai jenis gula yang larut, sedangkan air buangan industri kimia sering mengandung logam-logam berat seperti merkuri (Hg), timbal (Pb), arsenik (As), cadmium (Cd), khromium (Cr), nikel (Ni), Cl2, serta garam-garam kalsium dan magnesium yang mempengaruhi kesadaran air.

Jenis Limbah Pencemar Sungai Perkotaan : Artikel

Logam berat merupakan komponen alami yang terdapat di kulit bumi yang tidak dapat didegradasi ataupun dihancurkan dan merupakan zat yang berbahaya karena dapat terjadi bioakumulasi.Bioakumulasi adalah peningkatan konsentrasi zat kimia dalam tubuh mahluk hidup dalam waktu yang cukup lama, dibandingkan dengan konsentrasi zat kimia yang terdapat di alam.

Penyebab utama logam berat menjadi bahan pencemar berbahaya yaitu logam berat tidak dapat dihancurkan (non degradable) oleh organisme hidup di lingkungan dan terakumulasi ke lingkungan, terutama mengendap di dasar perairan membentuk senyawa komplek bersama bahan organic dan anorganik secara adsorbsi dan kombinasi.Biota air yang hidup dalam perairan tercemar logam berat, dapat mengakumulasi logam berat tersebut dalam jaringan tubuhnya. Makin tinggi kandungan logam dalam perairan akan semakin tinggi pula kandungan logam berat yang terakumulasi dalam tubuh hewan tersebut. Faktor lingkungan perairan seperti pH, kesadahan, temperature dan salinitas juga mempengaruhi daya racun logam berat. Penurunan pH air akan menyebabkan daya racun logam berat semakin besar. Kesadahan yang tinggi dapat mempengaruhi daya racun logam berat, karena logam berat dalam air yang berkesadahan tinggi akan membentuk senyawa kompleks yang mengendap dalam dasar perairan.

Pengukuran potensi pencemaran dari suatu limbah cair sesuai dengan potensinya untuk menghabiskan oksigen terlarut dalam air, adalah konsepsi yang logis dan masuk akal.Dalam skala luas merupakan suatu pendekatan untuk menduga kekuatan dari suatu limbah. Oleh sebab itu, kandungan oksigen yang digunakan secara biokimia dapat digunakan untuk menduga banyaknya senyawa organik yang ada dalam suatu perairan melalui pengukuran BOD dan COD.

Biochemical Oxygen Demand (BOD) atau kebutuhan oksigen biologis, adalah sejumlah oksigen yang dibutuhkan oleh mikroorganisme di dalam air lingkungan untuk memecah (mendegradasi) bahan buangan organik yang ada di dalam perairan. Proses penguraian bahan organik oleh bakteri memerlukan waktu 100 hari pada suhu 20ºC, akan tetapi di laboratorium dipergunakan waktu 5 hari sehingga dikenal dengan BOD5. Peristiwa penguraian bahan buangan organik melalui proses oksidasi oleh mikroorganisme di dalam air lingkungan adalah proses alamiah yang mudah terjadi apabila air lingkungan mengandung oksigen yang cukup.

Kebutuhan oksigen kimia (COD) adalah ukuran banyaknya oksigen total dalam satuan miligram per liter yang diperlukan dalam proses oksidasi kimia bahan organik dalam limbah. Bahan oksidasi yang digunakan adalah kalium dikromat dan merupakan zat pengoksidasi yang kuat untuk mengoksidasi zat organik secara lengkap dalam suasana asam dengan katalis peraksulfat. Bakteri dapat mengoksidasi zat organik menjadi CO2 dan H2O, sehingga menghasilkan nilai COD yang lebih tinggi dari BOD untuk air yang sama. Di samping itu bahan-bahan yang stabil terhadap reaksi biologi dari mikroorganisme dapat ikut teroksidasi dalam uji COD.

2. Limbah Rumah Tangga

Air limbah rumah tangga adalah air yang telah dipergunakan, berasal dari rumah tangga atau pemukiman termasuk didalamnya adalah yang berasal dari kamar mandi, tempat cuci, WC serta tempat memasak dan lain-lain, yang mungkin mengandung mikroorganisme pathogen dalam jumlah kecil serta dapat membahayakan kesehatan manusia. Komposisi air limbah rumah tangga yang berasal dari pemukiman terdiri dari tinja, air kemih, dan buangan air limbah lain seperti kamar mandi, dapur, cucian yang kurang lebih mengandung 99,9% air dan 0,1% zat padat. Meskipun tinja dapat larut ke dalam badan  air, tapi bakterinya berpotensi menimbulkan berbagai penyakit. Akibatnya banyak penduduk yang biasa mandi dan cuci disungai dijangkiti penyakit kulit.

Meningkatnya aktivitas manusia di rumah tangga menyebabkan semakin besarnya volume limbah yang dihasilkan dari waktu ke waktu. Volume limbah rumah tangga meningkat 5 juta m3 pertahun, dengan peningkatan kandungan  rata-rata 50%. Konsekuensinya adalah beban badan air yang selama ini dijadikan tempat pembuangan limbah rumah tangga menjadi semakin berat, termasuk terganggunya komponen lain seperti saluran air, biota perairan dan sumber air penduduk. Keadaan tersebut menyebabkan terjadinya pencemaran yang banyak menimbulkan kerugian bagi manusia dan lingkungan.

Jenis Limbah Pencemar Sungai Perkotaan : Artikel

Masyarakat yang tinggal di sekitar sungai tentunya memanfaatkan sungai dalam kehidupan sehari-hari mereka, baik mencuci, memasak, mandi maupun minum. Ketika mereka menggunakan air sungai yang telah tercemar, tentu akan ada efek samping yang dirasakan. Efek samping utama yang diterima oleh masyarakat ialah penyakit.Penyakit yang terjadi umumnya ialah penyakit diare.Diare dapat terjadi akibat protozoa maupun bakteri.Umumnya diare disebabkan oleh bakteri dalam air.Air yang kotor digunakan untuk mencuci sehingga bakteri tertinggal di benda-benda yang kemudian digunakan oleh warga. Selain diare, penyakit lain yang dapat menyerang warga ialah cacingan.

Cacingan terjadi akibat infeksi dari telur cacing yang masuk ke tubuh manusia.Penyakit ini ditandai dengan perut buncit namun kondisi tubuh yang kurus.Penyakit kulit juga merupakan penyakit yang umum diderita masyarakat pengguna air tercemar.Biasanya gatal-gatal ialah ciri utama yang terjadi sebelum penyakit kulit menjadi lebih parah.Hal ini disebabkan karena adanya kandungan mineral yang beracun untuk kulit.

Demikian ulasan seputar Jenis Limbah Pencemar Sungai Perkotaan : Artikel, semoga bermanfaat.

One Comment

  1. artikelnya sangat bermanfaat, informasi yang disampaikan sangat jelas dan mudah di pahami. kebutulan kami pun membahas  Instalasi Pengolahan Air Limbah dan merupkan konsultan kunjungin web kami www,banyubiruberkahsejati,co,id

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !