Artikel, Berita

Jenis Sapi Dan Kerbau Potong Unggul Indonesia

Jenis Sapi Dan Kerbau Potong Unggul Indonesia – Beberapa jenis sapi yang digunakan untuk bakalan dalam usaha penggemukan sapi potong di Indonesia adalah :

Sistematika zoologi pada sapi : 

Phylum : Chordata

Clas : Mamalia

Ordo : Artiodactyla

Sub Ordo : Ruminansia

Family : Bovidae

Genus : Bos

Species : Bos taurus dan Bos indicus

1. Sapi Bali

Cirinya berwarna merah dengan warna putih pada kaki dari lutut ke bawah dan pada pantat, punggungnya bergaris warna hitam (garis belut). Keunggulan sapi ini dapat beradaptasi dengan baik pada lingkungan yang baru.

2. Sapi Ongole

Cirinya berwarna putih dengan warna hitam di beberapa bagian tubuh, bergelambir dan berpunuk, dan daya adaptasinya baik. Jenis ini telah disilangkan dengan sapi Madura, keturunannya disebut Peranakan Ongole (PO) cirinya sama dengan sapi Ongole tetapi kemampuan produksinya lebih rendah.

3. Sapi Brahman

Cirinya berwarna coklat hingga coklat tua, dengan warna putih pada bagian kepala. Daya pertumbuhannya cepat, sehingga menjadi primadona sapi potong di Indonesia.

4. Sapi Madura

Mempunyai ciri berpunuk, berwarna kuning hingga merah bata, terkadang terdapat warna putih pada moncong, ekor dan kaki bawah. Jenis sapi ini mempunyai daya pertambahan berat badan rendah.

5. Sapi Limousin

Mempunyai ciri berwarna hitam bervariasi dengan warna merah bata dan putih, terdapat warna putih pada moncong kepalanya, tubuh berukuran besar dan mempunyai tingkat produksi yang baik

6. Sapi Simmental

Merupakan tipe sapi perah dan pedaging, warna bulu coklat kemerahan (merah bata), dibagian muka dan lutut kebawah serta ujung ekor ber warna putih.

Sistematika zoology pada kerbau :

Filum : Chordata

Kelas : Mammalia

Ordo : Artiodactyla

Familia : Bovidae

Subfamili ”Bovinae

Genus : Bubalus

Spesies : B. Bubalis

Bangsa-bangsa kerbau

1. Kerbau murrah.

Kerbau murrah merupakan bangsa kerbau yang terkenal di India dan berasal dari Punjab Selatan. Bangsa ini merupakan salah satu kerbau yang banyak diternakkan di Indonesia, khususnya di daerah sekitar Medan.Kepala kerbau murrah berukuran kecil. Tanduknya lebih kecil daripada tanduk yang lain, melingkar ke belakang dan ujungnya berbentuk spiral. Leher pada jantan tebal dan panjang, sedangkan betina tipis dan panjang. Tubuh padat dan pendek dengan punggung relatif lebar. Kaki kurus dan pendek serta berkuku besar dan hitam. Warna tubuhnya hitam kelabu. Bobot jantan rata-rata 450 kg dan betina 550 kg

2. Kerbau surti.

Kerbau ini berasal dari Gujarat. Kepalanya panjang, muka lebar, lubang hidung lebar, dan tanduk pipih berbentuk sabit. Tubuhnya bulat panjang, kulit tebal, bulu jarang serta ekor panjang dengan bulu ekor berwarna putih. Muka dan moncongnya bersih, teling berukuran sedang dan kulit bagian dalam telinga berwarna merah muda. Leher pada betina berbentuk pipih sedangkan pada jantan tebal dan massive. Warna kulit kelabu cokelat.

3. Kerbau nili-ravi.

Berasal dari Montgemery, sebelah selatan Pakistan. Tubuhnya dalam dan panjangnya relatif sedang. Tanduk berukuran kecil dan lebar. Telinganya runcing serta leher panjang dan tipis. Terdapat warna putih pada bagian dahi, muka, moncong, paha dan rambut ekor. Umumnya tubuh berwarna hitam.

4. Kerbau jaffarabadi.

Berasal dari Khatiawar. Ukuran kepala kerbau ini cenderung besar dan lebar. Tanduk tipis menggantung ke leher dengan ujung melengkung. Dahinya menonjol. Umumnya tubuh berwarna hitam kelabu.

5. Kerbau nagpuri.

Bangsa kerbau ini banyak terdapat di bagian tengah dan selatan India. Ciri khusus kerbau ini adalah tanduknya yang sangat besar, panjang dan lebar. Leher berukuran panjang dan warna bulu dominan hitam.

6. Kerbau kundi.

Banyak ditemukan di Karachi, Larkhana, dan Thatta districs. Warna bulunya hitam (solid black). Tanduk kecil dan berbentuk spiral. Kelenjar ambing besar dan kuat. Bobot badan jantan dewasa 600 kg dan betian dewasa 375 kg.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !