Kegiatan Pascapanen Kentang

Ini adalah tahapan terpenting dalam alur budidaya kentang, karena dalam tahap ini kita sebagai petani kentang dan supplier harus melakukan Kegiatan Pascapanen Kentang, Kegiatan pascapanen kentang  yang dilakukan oleh supplier meliputi beberapa tahap diantaranya yaitu:

#1. Penyimpanan hasil produksi

Penyimpanan kentang dilakukan apabila hasil panen sedang banyak tetapi PT Bumi Sari Lestari belum ada permintaan kepada supplier. Kentang dikemas menggunakan karung beras, kemudian  disimpan dalam gudang khusus penyimpanan hasil panen oleh supplier.

#2. Pencucian kentang

Kentang yang akan dijual harus dicuci terlebih dahulu oleh supplier. Hal ini sesuai dengan permintaan dari buyer Singapura. Pencucian kentang dilakukan dibawah air yang mengalir dengan cara masukan kentang dalam waring kurang lebih setengah waring atau sekitar 12 kilogram, kemudian digoyang-goyangkan didalam ember besar yang berisi air.

#3. Pengeringan dan sortasi kentang tahap kedua

Pengeringan dilakukan dibawah sinar matahari selama setengah hari oleh pihak supplier. Setelah kentang kering kemudian dilakukan kegiatan sortasi tahap ke dua untuk memilih kentang yang benar-benar sesuai spesifikasi.

#4. Pengemasan kentang

Pengemasan memegang peranan penting dalam mempertahankan mutu hasil pertanian dari bahaya pencemaran, gangguan fisik (gesekan, benturan maupun getaran) dan memudahkan pengangkutan. Supplier kentang melakukan pengemasan menggunakan waring, satu waring dapat berisi kentang sebanyak 40 kilogram.

#5. Pengangkutan

Pengangkutan kentang dilakukan menggunakan truk. Hal ini bertujuan agar lebih efisien karena dapat menampung kentang dalam jumlah yang banyak. Dalam sekali pengangkutan supplier dapat mengangkut sebanyak 4500 kilogram kentang ke PT atau perusahaan distributor.

Kegiatan pascapanen oleh supllier lengkap misalnya oleh PT. ABC

Kegiatan pascapenen misalnya olehpada PT ABC memegang peranan penting sebelum dilakukan pengiriman ke Singapura. Hal ini dikarenakan kegiatan pascapanen menentukan kondisi kentang agar tetap baik, menarik dan sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan oleh kedua buyer. Kegiatan pascapanen pada PT ABC dimulai pada saat kentang sampai di gudang kemudian kentang ditimbang, dicatat dalam buku barang masuk dan nota penerimaan. Adapun tahapan-tahapan pascapanen kentang di PT ABC yaitu:

1. Penyortiran

Penyortiran di PT Bumi Sari Lestari dilakukan untuk memisahkan kentang yang benar-benar sesuai spesifikasi ekspor dengan yang BS (Bad Stock). Kentang yang BS nantinya akan dikembalikan lagi ke supplier. Sedangkan kentang yang bagus atau sesuai dengan spesifikasi untuk ekspor akan ditimbang untuk dikemas.

2. Penimbangan

Kentang yang sudah disortir selanjutnya akan ditimbang. Kentang dimasukan dalam wadah kranjang plastik kemudian ditimbang dengan berat 500 gram dan 1000 gram.  Berat setiap kentang berbeda-beda, oleh karena itu terdapat aturan yang digunakan sebagi acuan dalam penimbangan.

standarisasi ukuran kentang ekspor

3. Pengemasan

Pengemasan untuk buyer Eastern Green Marketing (EGM) dilakukan menggunakan plastik yang telah ditentukan oleh pihak buyer. Sedangkan pengemasan untuk buyer Quality and Quantity (QnQ) dilakukan dengan curah atau langsung ditata dalam kardus tanpa dikemas dengan plastik terlebih dahulu. Selain itu untuk buyer QnQ kentang jenis baby pengemasannya menggunakan waring.

Kentang yang telah dikemas kemudian dimasukan dalam kardus. Kardus untuk buyer QnQ semuanya berisi 10 kilogram per dus. Sedangkan untuk buyer EGM berbeda-beda. Berikut berat isi kardus untuk buyer EGM:

1)  NTUC :15 kilogram per dus

2) Giant :7,5 kilogram per dus dan 15 kilogram per dus

3) CS :5 kilogram per dus dan 7,5 kilogram per dus

4. Penyimpanan

Penyimpanan dilakukan apabila jumlah kentang sedang banyak dari supplier yang masuk ke PT ABC atau melebihi permintaan dari buyer Singapura. Kentang yang akan disimpan biasanya sudah dikemas dalam kardus sehingga apabila terdapat pesanan, kentang sudah siap kirim. Penyimpanan kentang dilakukan dengan cara masukan ke dalam ruangan pendingan (cold storage) dengan suhu 7 sampai 9 drajat calcius. Penyimpanan dalam pendingin ini dapat dilakukan sampai satu minggu sebelum dikirim ke negara Singapura.

5. Pengangkutan

Pengangkutan kentang menuju Singapura menggunakan jalur laut. Kentang diangkut menggunakan kontainer khusus yang berpendingin dengan suhu 7 drajatC. Pengangkutan dilakukan dua kali dalam satu minggu.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !