Ternyata Pohon Kelapa Memiliki Banyak Kegunaan Luar Biasa

Pohon kelapa (cocos nuciferalinn) memiliki banyak kegunaan-  adalah anggota tunggal dalam marga cocos dari suku aren-arenan atau arecaceae. Pohon kelapa bisa tumbuh sampai tinggi 30 meter. Umur pohon kelapa bisa mencapai 50 tahun lebih. Pohon kelapa dapat tumbuh hingga di ketinggian 1.000 m dari permukaan air laut (dpl), namun semakin meningkatnya ketinggian maka pohon kelapa semakin mengalami perlambatan pertumbuhan.

Pohon kelapa secara alami tumbuh di daerah pantai. Pohon kelapa memiliki manfaat yang sangat besar dalam kehidupan manusia sehari-hari. Bukan saja buahnya yang berguna bagi manusia, tetapi seluruh bagian tanaman mulai dari akar, batang, sampai ke pucuk dapat dimanfaatkan. Pohon kelapa juga memberi sumbangan besar bagi perekonomian rakyat dan negara.

Kegunaan pohon kelapa antara lain :

Kegunaan dari buah

kegunaan pohon kelapa

1) Minyak kelapa.

Minyak kelapa diambil dari perasaan daging buah kelapa yang cukup tua dengan cara memasak. Minyak ini dapat dipakai sebagai minyak makan, margarin, atau mentega, bahan pembuat sabun, minyak rambut, minyak gosok, obat kudis, dan juga untuk menghilangkan karat besi.

2) Bungkil kelapa.

Bungkil kelapa atau ampas kopra setelah diperas masih mengandung minyak 6-10% dan protein 19,8%. Sehingga dimanfaatkan untuk campuran makanan ternak terutama ternak perah karena berguna untuk menaikan hasil susu.

3) Arang tempurung

Arang tempurung digunakan untuk bahan bakar, mengisi masker gas beracun, bahan obat-obatan dan penyaring polusi udara dan air.

4) Buah muda (degan)

Air dan dagingnya mengandung Khlor, Natrium, Yodium, Zat kapur, dan Fosfor, serta kandungan 4% putih telur, 25% minyak, dan 19% hidrat arang dalam airnya. Sehingga dengan air kelapa muda akan diperoleh zat yang diperlukan tubuh. Juga dipergunakan sebagai obat beberapa penyakit seperti sakit panas dalam perut, ulu hati, bibir pecah-pecah, panas dalam mulut, penyakit campak, lidah panas, dan lain-lain.

Baca juga : Penderes gula kelapa, pekerjaan penuh resiko

5) Parutan kering (dessicated coconut)

Desiccated coconut adalah parutan atau potongan-potongan kecil putih lembaga segar yang dikeringkan dengan segera dan dipergunakan sebagai bahan baku pembuatan kue-kue serta bahan makanan lainnya.

6) Sabut dan tempurung

Sabut dan tempurung digunakan untuk bahan kerajinan tangan.

Kegunaan dari akar

Akarnya merupakan bahan ramuan penting untuk obat-obatan.

Kegunaan dari batang

Batangnya dapat dipakai sebagai bahan bangunan.

Kegunaan dari daun

Daun tua dipakai sebagai bahan anyaman, daun muda (janur) untuk dekorasi dan ketupat, daun paling muda untuk bahan sayur, lidinya untuk sapu dan pelepah daun untuk bahan bakar di dapur.

Kegunaan dari tapas

Tapas (pembungkus seludang) banyak dipakai sebagai bahan pembungkus (pembrongsong) buah-buahan yang belum masak.

Kegunaan dari bunga kelapa

Bunga kelapa yang masih muda digunakan sebagai bahan sayuran.

Kegunaan nira

Nira hasil sadapan dari bunga kelapa dapat dipergunakan untuk membuat gula kelapa dan tuak.

Baca juga : Uniknya proses pembuatan gula merah

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !