Keunikan Hari Raya Lebaran di Indonesia

Lebaran menjadi momentum yang spesial yang dirindukan oleh seluruh kaum muslimin muslimat. Setelah lelah berpuasa selama 1 bulan kita akan merayakan hari kemenangan pada tanggal 1 Syawal. Ada keunikan-keunikan yang terjadi untuk menyambut momentum lebaran. Wisata Sains pada postingan kali ini akan mengungkap keunikan-keunikan yang terjadi.

Keunikan pertama : Hal Unik yang sering dilakukan pada bulan puasa

  1. Ngabuburit : Sejarah istilah ngabuburit berasal dari daerah sunda ngabu dan burit, ngabu berarti menunggu, sedangkan burit berati menjelang sore. Arti secara utuh berarti menunggu dan menghabiskan waktu pada sore hari. Karena momentum puasa istilah ngabuburit berarti menunggu dan menghabiskan waktu hingga adzan magrib berkumandang. Keunikan ngabuburit adalah momentum ini digunakan berbeda oleh setiap tingkatan umur. Orang tua akan ngabuburit bersama anak-anaknya, pemuda akan ngabuburit bersama pasanganya. Tidak jarang momentum ngabuburit dijadikan ajang maksiat bagi para pemuda-pemudi.

    Keunikan Hari raya lebaran di indonesia
    Ngabuburit
  2. Mengumpulkan makanan disiang untuk dimakan pada saat berbuka puasa : Masih teringat waktu kita kecil, momentum puasa bagi para anak bahkan orang dewasa mendatangkan kesenangan dan kebahagiaan yang luarbiasa. Rasa lapar dan lelah akan terhapus tanpa bekas saat buka puasa menjelang. Untuk memenuhi kebahagiaan tersebut banyak dari kita mempunyai kebiasaan yang unik yaitu mengumpulkan makanan dari pagi sampai sore hari. Tujuan mengumpulkan makanan pastinya untuk sebuah rasa kesenangan pada saat berbuka puasa. Bahkan beberapa sampai menghabiskan uang yang tidak sedikit setiap harinya untuk hal tersebut. Esensi puasa yang bertujuan untuk merasakan menderitanya tidak makan tidak nampak. Malah mereka berlebihan dalam hal makan dibulan puasa.

    Keunikan Hari raya lebaran di indonesia
    Makanan
  3. Tidur Siang : kita semua sudah tahu, tidur siang di bulan puasa lebih baik dari pada berbuat dosa. Orang yang dihari-hari biasa tidak pernah tidur siang, di bulan puasa biasanya melakukan rutinitas yang satu ini. Fungsi tidur siang memiliki dua manfaat secara langsung untuk kita. Yang pertama manfaat mencegah dosa, tidur siang akan mencegah kita dari berbuat dosa. Sedangkan manfaat ke dua, tidur siang dapat mengurangi resiko jantung koroner dan tentunya bermanfaat untuk beristirahat ketika bulan puasa. Karena tubuh kita tidak mengkonsumsi makanan pada waktu tertentu.

    Keunikan Hari raya lebaran di indonesia
    Tidur Siang
  4. Banyak pedagang makanan dan minuman manis di pinggir jalan : Metabolisme tubuh kita pada saat puasa akan berbeda pastinya ketika dihari biasa. Satu hari lebih berpuasa akan menguras cadangan energi yang ada didalam tubuh kita. Kita membutuhkan makanan dan minuman manis pada saat bulan puasa. Kenapa?. Karena makanan dan minuman manis akan cepat menggantikan dan memberikan energi baru untuk tubuh kita. Makanan manis mengandung senyawa gula sederhana seperti glukosa dan fruktosa yang gampang diserap oleh tubuh. Berbeda dengan makanan yang mengandung serat. Momentum ini benar-benar dimanfaatkan oleh para pedagang untuk berjualan makanan dan minuman manis. Kita bisa melihat pada momentum bulan puasa akan banyak pedanggang dadakan baik dipasar atau di pinggir-pinggir jalan. Biasanya mereka berdagang menjelang sore hari. Makanan dan minuman yang biasa dijual di bulan puasa/ramadhan adalah kolak dan es buah. Uniknya kegiatan ini hanya ada ketika bulan Ramadhan/ puasa.

    Keunikan Hari raya lebaran di indonesia
    Kolak
  5. Banyak Jama’ah yang sholat berjamaah di Masjid : hal unik lainya adalah penuhnya jama’ah masjid pada bulan puasa. Yang biasanya jama’ah masjid hanya penuh di sof depan, ketika bulan ramadhan tiba masjid akan penuh bahkan sampai membludak. Dan uniknya lagi ini hanya terjadi 1 minggu awal bulan ramadhan dan 1 minggu menjelang akhir bulan ramadhan.

    Keunikan Hari raya lebaran di indonesia
    Jama’ah sholat
  6. Banyaknya Petasan : Di Indonesia bulan puasa tidak akan ramai ketika tidak ada petasan yang menyala. Jika di hari-hari selain bulan puasa petasan dilarang dan menghilang, pada bulan puasa anak-anak kecil bermain petasan dengan leluasanya. Inilah tradisi unik yang dimiliki dan sudah mendarah daging di masyarakat Indonesia ketika bulan ramadhan.

    Keunikan Hari raya lebaran di indonesia
    Petasan

One thought on “Keunikan Hari Raya Lebaran di Indonesia

  1. Pingback: Bulan Puasa Datang, Mari Sambut Tradisi Lebaran Khas Indonesia - Chyrun.com

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !