Klasifikasi Hukuman Pidana Islam (Jarimah, Jinayah)

Wisata kekinian di bandung
Masjid Agung Bandung

Dalam islam setiap tindakan yang melanggar akan di ganjar hukuman yang sesuai, berikut klasifikasi hukuman pidana dalam islam.

JINAYAT= Perbuatan Dosa, Tindak Kejahatan

– “Larangan hukum yang diberikan Allah dan pelanggarnya mendapat  hukuman yang ditentukan Allah.

– Kejahatan yang menyebabkan hilangnya hidup, anggota tubuh.

Klasifikasi Hukuman Pidana Islam

1. HUDUD

Kejahatan yang diancam  hukuman HAD (yg sudah ditentukan  Allah dalam Qur’an/ Hak Allah) – penghapus dosa

  1. Had zina:

– Zina Muhshon: Rajam

– Zina Ghoiru -Muhshon:Cambuk 100x  diasingkan 1 th.

  1. Had al-Qadzaf (menuduh berzina tanpa bukti) = Cambuk 80 x kesaksianya ditolak
  2. Had al-Khamr (Hukuman minuman memabukkan)=40 – 80 x
  3. Had as-Sariqah (Hukuman mencuri) = Potong Tangan
  4. Had al-Hiraabah (perampokan/Pengacau Keamanan) = Dibunuh, disalib, potong tangan & Kaki.
  5. Had al-Baghi (pemberontakan) = dibunuh
  6. Had ar-Riddah (hukuman orang murtad) = dibunuh

2. QISHASH

Pembalasan kejahatan yang serupa (Bunuh dengan bunuh)

Hukuman Kejahatan terhadap Manusia (pembunuhan)

DIAT= Jika Keluarga memaafkan, diganti 100 ekor unta

3. TA’ZIR

Hukuman Kejahatan yang Ketentuan Hukumanya diserahkan ijma ulama / pemerintah Islam

DASAR JINAYAH ISLAM

1. HUKUMAN HAD ZINA
Had zina Muhson (yang sudah menikah) Hukuman Rajam

hadits rajam

Hadits Nabi saw. Nabi saw. telah merajam Ma’iz manakala dia mengakui perbuatan zinahnya. Demikian pula Nabi saw telah merajam seorang perempuan dari suku Ghamidiyah. (Mutawalli Asy Sya’rawi, 2000: 160).

HAD HUKUMAN ZINA GHOIRU MUHSON

2 Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus dali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman.
(QS.AN-NUR: 2)

2. Had al-Qadzaf (menuduh berzina tanpa bukti)

Cambuk 80 x kesaksianya ditolak

Dan orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik[1029] (berbuat zina) dan mereka tidak mendatangkan empat orang saksi, maka deralah mereka (yang menuduh itu) delapan puluh kali dera, dan janganlah kamu terima kesaksian mereka buat selama-lamanya. Dan mereka itulah orang-orang yang fasik. (QS. An Nuur:4)

3. HAD KHAMR (MIRAS)

(Hukuman minuman memabukkan) = cambuk 40 – 80 x

Rasulullah mencambuk orang yang meminum Khamr empat puluh kali, dan Abu Bakar Empat puluh   kali dan umar delapan puluh kali dan keseluruhan ini adalah sunnah (HR. Muslim)

4. Had as-Sariqah (Hukuman mencuri)

POTONG TANGAN

Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (AL-MAIDAH: 38)

5. Hukuman Had al-Hiraabah (perampokan/Pengacau Keamanan) =
6. Had al-Baghi (Pemberontak)

Sesungguhnya pembalasan terhadap orang-orang yang memerangi Allah dan Rasul-Nya dan membuat kerusakan di muka bumi, hanyalah mereka dibunuh atau disalib, atau dipotong tangan dan kaki mereka dengan bertimbal balik[414], atau dibuang dari negeri (tempat kediamannya). Yang demikian itu (sebagai) suatu penghinaan untuk mereka didunia, dan di akhirat mereka beroleh siksaan yang besar, (QS. Al Maa’idah : 33).

7. Hukuman had Riddah (Murtad)

Jika mereka merusak sumpah (janji)nya sesudah mereka berjanji, dan mereka mencerca agamamu, maka perangilah pemimpin-pemimpin orang-orang kafir itu, karena sesungguhnya mereka itu adalah orang-orang (yang tidak dapat dipegang) janjinya, agar supaya mereka berhenti. (At Taubah:12).

QISHASH

Mengambil pembalasan yang sama

Hukuman pelaku kejahatan dengan hukuman  balasan yang sama

Dasar Qishash

  1. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu qishaash berkenaan dengan orang-orang yang dibunuh; orang merdeka dengan orang merdeka, hamba dengan hamba, dan wanita dengan wanita. Maka barangsiapa yang mendapat suatu pema’afan dari saudaranya, hendaklah (yang mema’afkan) mengikuti dengan cara yang baik, dan hendaklah (yang diberi ma’af) membayar (diat) kepada yang memberi ma’af dengan cara yang baik (pula). Yang demikian itu adalah suatu keringanan dari Tuhan kamu dan suatu rahmat. Barangsiapa yang melampaui batas sesudah itu, maka baginya siksa yang sangat pedih[111]. (QS.Al-Baqarah:178)
  1. Dan dalam qishaash itu ada (jaminan kelangsungan) hidup bagimu, hai orang-orang yang berakal, supaya kamu bertakwa.
  1. Dan Kami telah tetapkan terhadap mereka di dalamnya (At Taurat) bahwasanya jiwa (dibalas) dengan jiwa, mata dengan mata, hidung dengan hidung, telinga dengan telinga, gigi dengan gigi, dan luka luka (pun) ada kisasnya. Barangsiapa yang melepaskan (hak kisas) nya, maka melepaskan hak itu (menjadi) penebus dosa baginya. Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang zalim. (QS.Al-Maidah: 45)

DIAT

  1. Dan tidak layak bagi seorang mukmin membunuh seorang mukmin (yang lain), kecuali karena tersalah (tidak sengaja)[334], dan barangsiapa membunuh seorang mukmin karena tersalah (hendaklah) ia memerdekakan seorang hamba sahaya yang beriman serta membayar diat [335] yang diserahkan kepada keluarganya (si terbunuh itu), kecuali jika mereka (keluarga terbunuh) bersedekah[336]. Jika ia (si terbunuh) dari kaum (kafir) yang ada perjanjian (damai) antara mereka dengan kamu, maka (hendaklah si pembunuh) membayar diat yang diserahkan kepada keluarganya (si terbunuh) serta memerdekakan hamba sahaya yang beriman. Barangsiapa yang tidak memperolehnya[337], maka hendaklah ia (si pembunuh) berpuasa dua bulan berturut-turut untuk penerimaan taubat dari pada Allah. Dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

[334]. Seperti: menembak burung terkena seorang mukmin.

[335]. Diat ialah pembayaran sejumlah harta karena sesuatu tindak pidana terhadap sesuatu jiwa atau anggota badan.

About Tohir 829 Articles

Kalo satu lidi bisa patah dengan mudah, tapi seratus lidi yang bersatu akan sangat susah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*