Kolagen dan Penuaan Dini

Kolagen dan penuaan dini – Pengertian dasar dari penuaan dini adalah sel dari bagian tubuh baik itu kulit, rambut atau sel dari jaringan lain yang mengalami pengurangan fungsi dan daya regenerasi sebelum waktunya. Penuaaan dini pada umumnya disebabkan oleh ;

  1. Kolagen adalah 1 protein yang menghasilkan asam amino, asam amino adalah protein yang mendukung , menyokong pertumbuhan sel kita. Produksi kolagen pada umur 25 tahun-30 tahun kolagen sudah mulai menurun. Dan pada umur lebih dari 30 tahun tubuh akan sangat sedikit kolagen yang diproduksi oleh tubuh.Matahari ( Proses penuaan sebenarnya akan dialami oleh semua makhluk hidup, salah satu penyebab penuaan adalah sinar matahari). Sinar matahari mengandung sinar uv, sinar tersebut mengandung radikal bebas yang dapat mengganggu jaringan tubuh atau sel-sel tubuh secara lebih spesifik.
  2. Gaya hidup : Makanan, Konsumsi obat-obatan, Kurang tidur : Gaya hidup yang sehat akan sangat mempengaruhi proses penuaan. Konsumsi makanan yang sehat akan mendukung kesehatan jaringan tubuh, konsumsi obat-obat kimia akan mengurangi kemampuan sel/jaringan tubuh dalam melakukan fungsinya. Sedangkan kurang tidur akan menghambat proses regenerasi jaringan tubuh, hamper 60% proses regenerasi tubuh dilakukan oleh tubuh pada saat malam hari pada saat kita sedang tidur.

 Kolagen dan Penuaan Dini

Yang harus di lakukan oleh kita setelah kolagen sedikit diproduksi oleh tubuh adalah :

  1. Konsumsilah Ikan (ada penelitian 66 hari memekan ikan 80%  kulit akan lebih kencang) . Salah satu rahasia masyarakat jepang menjadi awet muda dan dapat berumur lebih dari 100 tahun adalah mengkonsumsi ikan setiap hari. Struktur kolagen pada ikan hamper sama dengan kolagen yang diproduksi oleh tubuh kita.
  2. Fito kolagen (kolagen dari tumbuhan). Mengkonsumsi produk dari tanaman seperti buah, sayuran yang mengandung kolagen dan antioksidan.

Trik awat muda : 

  1. Diri sendiri (senyum) : Menjaga suasana hati tetap senang akan mendukung produksi kolagen dari pada orang yang sering stress. Senyum akan membuat saraf wajah menjadi rileks, sehingga wajah akan tampak lebih muda.
  2. Fisiologis (perawatan), olahraga : Fungsi perawatan adalah untuk membuang kotoran-kotoran yang ada didalam kulit, sedangkan olah raga akan memperbaiki system metabolism, dan membuang zat-zat yang tidak digunakan dalam tubuh.
  3. Memakan makanan yang mengandung kolagen : Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tubuh akan berkurang dalam memproduksi kolagen setelah lebih dari 25 tahun. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk memakan-makanan yang mengandung kolagen.
  4. Mencari asupan kolagen (suplemen). Namun teliti dengan cermat terlebih dahulu : Selain memaka makanan yang mengandung kolagen , kita juga dapat mengkonsumsi suplemen yang mengandung kolagen. Namun kita harus selektif dalam memilih suplemen.
  5. Istirahat yang cukup pada saat malam hari.

 Semoga artikel ini dapat bermanfaat

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !