Artikel

Kebocoran Lapisan Ozon Dan Dampak Pada Bumi

Kebocoran Lapisan Ozon Dan Dampak Pada Bumi – Kita sering sekali mendengar bahwa lapisan ozon bumi sudah mulai bocor. Sebelum membahasnya lebih dalam, mari kita tinjau dulu apa itu ozon.

Ozon dalam rumus kimia sering juga disebut sebagai O3 , kita sering mendengar O2, tetapi jarang mendengar istilah O3. Yah, sebenarnya O3 dan O2 pada kenyataanya mempunyai hubungan yang sangat dekat. Penambahan 1 molekul oksigen pada molekul O2 akan menghasilkan molekul O3. Molekul O3 inilah yang sering kita sebut Ozon.

Pembentukan ozon melibatkan empat reaksi yang dikenal sebagai reaksi Chapman. Berikut reaksinya :

(1) O2 + uv → O+ O

(2) O + O2 → O3

(3) O3 + uv → O2+ O

(4) O + O3 → O2+ O2

Kecepatan reaksi pembentukan ozon sama dengan kecepatan reaksi penguraian ozon, jadi jika mengacu pada ke empat reaksi diatas maka logikanya tidak akan ada istilah kebocoran lapisan ozon, karena Chapman menjelaskan bahwa jumlah dan kecepatan pembentukan ozon akan sama dengan terurainya ozon. Reaksi ini akan selalu bersinergis. Namun kenapa ada istilah kebocoran lapisan Ozon?.. mari simak pada
paragraf berikut.

Kenapa ada kebocoran ozon?

Kebocoran Lapisan Ozon Dan Dampak Pada Bumi

Jawabanya karena ada reaksi lain yang terjadi. Dan ada zat lain yang berperan dalam memecah molekul O3 dan merusak kesetimbangan reaksi Chapman. Apa itu..?

Namanya  radikal bebas, radikal bebas merupakan zat yang berada dalam bentuk yang tidak stabil sehingga sangat reaktif (sangat mudah bereaksi) dengan zat-zat lain yang berada di sekelilingnya dalam usaha mencapai bentuk paling stabil (membentuk molekul baru). Karena sangat reaktif maka gampang berikatan dengan molekul-molekul lain. Radikal bebas yang dikenal sangat kuat adalah golongan halogen, yaitu ion fluorida (F), klorida (Cl), dan bromida (Br). Oksida hidrogen (HOx), nitrogen (NOx), klorin (ClOx), dan bromin (BrOx) yang juga termasuk radikal bebas yang mampu menguraikan ozon.

Sifat radikal bebas yang sangat reaktif tidak memungkinkan zat ini sampai pada lapisan ozon seorang diri. Dia harus sudah berikatan dengan molekul-molekul yang lain dan biasanya ikatan sangat stabil seperti CFC (Chloro Fluoro Carbon) yang dihasilkan oleh buangan kulkas dan AC. Nah Florid yang dibawa oleh CFC ini kemudian akan terurai ketika sampai pada lapisan ozon yang berjarak sekitar 25 km dari permukaan bumi.

Dengan bantuan panas matahari, zat CFC akan terurai menghasilkan karbon (C) dan Florida (F). Florida inilah yang kemudian mengganggu keseimbangan reaksi pembentukan ozon. O3 tidak akan terbentuk, karena Oksigen akan segera berikatan dengan zat Florida. Jika O3 tidak terbentuk maka penyusun lapisan ozon juga tidak akan terbentuk. Ozon berguna sebagai tebeng bimi dari sinar-sinar berbahaya yang dipancarkan matahari seperti sinar UV. Dan Ozon juga merupakan salah satu lapisan penyusun atmosfir bumi yang melindungi bumi dari benda-benda angkasa yang jatuh ke bumi.

Betapa sangat pentingnya lapisan ozon untuk bumi kita ini. Jika lapisan ozon rusak, sinar-sinar berbahaya seperti UV akan dengan mudah masuk kepermukaan bumi. Padahal sinar UV akan sangat berbahaya untuk kehidupan. Sinar UV sering digunakan dalam mensterilkan kuman-kuman. Ketika manusia atau hewan terpapar sinar UV dengan intensitas lama maka sel akan mengalami mutasi. Kangker mungkin akan menjadi penyebab kematian paling banyak di bumi ketika lapisan ozon bocor. UV akan membunuk=h mikroorganisme seperti plankton dan tumbuh-tumbuhan. Dimana tumbuh-tumbuhan dan plangkton merupakan produsen untuk seluruh mahluk di bumi ini.

Mari jaga alam untuk generasi kita yang akan datang. Semoga artikel berjudul Kebocoran Lapisan Ozon Dan Dampak Pada Bumi ini bermanfaat.

salam,

Simpan

Simpan

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !