Artikel

Laporan Pertanggungjawaban Pengurus KKN POSDAYA

Pelaksanaan Program  dan Pembahasan

a. Bidang Kelembagaan

Pengembangan dan pembinaan kelembagaan Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) merupakan target utama dari KKN Posdaya Unsoed Juli-Agustus tahun 2012. Hal ini berlaku untuk beberapa desa yang memang sebelumnya sudah dibentuk atau didirikan Posdaya. Namun khusus untuk Desa Cibuyur, Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang akan dibentuk kembali Posdaya, hal ini dikarenakan Posdaya yang sudah dibentuk sebelumnya tidak terdapat perkembangan, bahkan Posdaya mengalami “pembubaran”, karena para pengurus disibukan oleh aktivitasnya masing-masing dan banyak yang merantau di “Ibukota”.

Dalam rangka menindaklanjuti permasalahan tersebut, kami KKN Posdaya Unsoed Juli-Agustus membentuk organisasi Posdaya baru yang bernama Posdaya “Titihan Samirono”, ini merupakan tuntutan awal sebagai wujud nyata pemberdayaan masyarakat yang nantinya akan dikelola secara swadaya oleh masyarakat desa melalui lembaga Posdaya yang dibentuk yang kemudian nanti meliputi 4 bidang yang mewakili masing-masing deskripsi kerja yang ada.

Posdaya terbentuk dari posyandu  yang terbaik di suatu wilayah. Posdaya yang terbentuk di desa Cibuyur merupakan pengembangan dari Posyandu Mawar 1 yang merupakan salah satu Posyandu terbaik di desa Cibuyur. Cakupan wilayah kerja Posdaya Titihan Samirono pada mulanya adalah satu dusun yang terdiri dari 4 RT yaitu RT 1 sampai dengan RT 4 yang bernama Dusun Krajan. Namun pada masa mendatang sasaran Posdaya Titihan Samirono mencakup seluruh kawasan Desa Cibuyur sejumlah 9.041 jiwa. Kantor dan kesekretariatan Posdaya Titihan Samirono berlokasi di Rumah Sugeng (25), tempat yang digunakan untuk pembudidayaan ikan lele sangkuriang yang digunakan sebagai modal awal Posdaya dalam rangka untuk merealisasikan berbagai program kerjanya, dengan alamat Dusun Krajan RT 1 RW 1 Desa Cibuyur Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang.

Khusus untuk bidang kelembagaan ini, ada beberapa program kerja yang telah dilaksanakan sebagai wujud nyata eksistensi KKN Unsoed di desa, yang dalam hal ini adalah Desa Cibuyur, Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang. Program kerja yang disusun meliputi hal-hal yang paling mendasar terlebih dahulu, seperti sosialisasi Posdaya, pembuatan struktur organisasi Posdaya, penyusunan AD dan ART dan dan penyusunan Program Kerja Setahun Posdaya .

Program kerja non fisik di bidang kelembagaan antara lain adalah sosialisasi Posdaya, pengadaan plang dan stempel posko KKN Posdaya, pembentukan stuktur Organisasi Posdaya yang terdiri dari penyusunan AD dan ART, pemberian Surat Keputusan Pembentukan Posdaya, pengadaan Banner Posdaya Titihan Samirono dan penyusunan program kerja setahun Posdaya.

1)Sosialisasi Posdaya

Program ini dilaksanakan sebagai respon atas ketidaktahuan masyarakat di Desa Cibuyur terhadap apa dan bagaimana Posdaya sekaligus signifikansinya terhadap upaya pemberdayaan masyarakat pada tataran pedesaan. Secara umum, ada beberapa materi yang di sampaikan dalam sosialisasi Posdaya tersebut. Penekanan point-point ada pada latar belakang mengapa Posdaya penting untuk berdiri di pedesaan, keuntungan apa saja yang akan di dapat jika Posdaya berdiri di desa, sampai pada bidang-bidang yang ada dalam Posdaya yang terdiri dari empat bidang. Pada dasarnya, pelaksanaan program ini adalah untuk membangkitkan kesadaran masyarakat desa tentang pentingnya pendirian Posdaya sampai pada partisipasi masyarakat jika Posdaya sudah terbentuk nantinya.

Program sosialisasi Posdaya ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 11 Juli 2012, pukul 19.15 s/d 21.00  WIB yang bertempat di Posko KKN Posdaya Desa Cibuyur Juli-Agustus 2012 yang bertempat di rumah Bapak Sukirman (62) RT 1 RW 1 Dusun Krajan. Khalayak sasaran dari Sosialisasi Posdaya ini adalah seluruh masyarakat Desa Cibuyur utamanya adalah pemuda. Jumlah Peserta yang hadir dalam acara sosialisasi Posdaya ini sebanyak 17 orang. Biaya yang dikeluarkan untuk merealisasikan acara ini adalah sebesar Rp 25.000,00- (dua puluh lima ribu rupiah). Tidak ada hambatan saat sosialisasi Posdaya.

Penanggungjawab : Muchamad  Jami

2) Pengadaan Plang dan Stempel Posko KKN Posdaya

Tujuan dari pembuatan plang dan stempel posko KKN Posdaya  adalah sebagai upaya publikasi, juga sebagai penunjuk eksistensi dan arah tempat Posdaya di Desa Cibuyur, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan pemasangan Plang Posdaya di depan Posko Posdaya dan pemasangan di pertigaan arah masuk Posdaya. Tujuan dari program ini adalah pengadaan Plang Posdaya untuk dipasang di depan Posko Posdaya sebagai upaya publikasi juga penunjuk eksistensi Posdaya.

Program pembuatan plang posdaya ini dilaksanakan dari tanggal 10 s/d 12 Juli 2012 dan untuk pemasangan di lakukan pada tanggal 12 Juli 2012 pukul 09.00 WIB. Sasaran dari program ini adalah masyarakat desa Cibuyur, DPL, LPPM, Bappeda dan pihak terkait. Pembuatan dan pemasangan plang dilakukan sendiri oleh mahasiswa KKN Posdaya dengan ketrampilan yang terbatas sehingga membutuhkan waktu cukup lama. Adapun Rincian Biaya dalam pembuatan plang posdaya dan Stempel KKN Posdaya Unsoed adalah:

Stempel : Rp 30.000,00

Cat dkk : Rp 60.000,00

Tampah : Rp 12.000,00

Paku : Rp   4.000,00

Pilok : Rp 20.000,00 =

Total Rp. 126.000,00

Penanggungjawab: Bayu Adhitya Nugraha

3) Pembentukan Stuktur Posdaya

 

Salah satu syarat terbentuknya sebuah organisasi adalah keberadaan pengurus yang menjalankan rumah tangga organisasi kedepan. Pembentukan Stuktur Posdaya ini bertujuan untuk membicarakan tentang struktur Posdaya yang akan dibentuk beserta kesediaan orang-orang yang akan di tempatkan pada jabatan-jabatan yang tersedia nantinya. Pembentukan Stuktur Posdaya ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 11 Juli 2012, Pukul 19.15 s/d 21.00  WIB di posko KKN Posdaya Desa Cibuyur Juli-Agustus 2012 yang bertempat di rumah Bapak Sukirman (62) RT 1 RW 1 Dusun Krajan.

Khalayak sasaran dari pembentukan struktur Posdaya aya ini adalah seluruh masyarakat Desa Cibuyur utamanya adalah pemuda. Jumlah Peserta yang hadir dalam acara sosialisasi Posdaya ini sebanyak 17 orang. Biaya yang dikeluarkan untuk merealisasikan acara ini adalah sebesar Rp 25.000,00- (dua puluh lima ribu rupiah). Tidak ada hambatan saat pembentukan struktur organisasi Posdaya.

Rapat pembentukan struktur Posdaya tersebut dibentukalah susunan pengelola Posdaya “Titihan Samirono” adapun  susunannya yaitu:

Pembina : Dakhro S.H.  (Kepala Desa)

Ketua : Davit Priyo Sasongko

Sekretaris : Miftahudin

Bendahara : Agus Setyawan

Ketua Bidang Pendidikan : Pendi Priyono

Ketua Bidang Kesehatan : Teguh

Ketua Bidang Ekonomi : Fathurohim

Ketua Bidang Lingkungan : Fajar

a) Penyusunan dan Sosialiosasi AD dan ART

Suatu organisasi bisa berjalan jika ada aturan dasar dan anggaran rumah tangganya. Fungsi dari AD dan ART pada organisasi Posdaya ini yaitu untuk menggambarkan mekanisme kerja suatu organisasi yang mana sebagai dasar pengambilan peraturan (hukum) pada organisasi tersebut, serta hal hal yang belum jelas maka aturan bisa di lihat dari panduan ART organisasi posdaya tersebut.

Tujuan penyusunan dan pembentukan serta pengesahan AD & ART organisasi posdaya yaitu untuk memberi gambaran, arah, dasar, azaz, sifat, manfaat, tugas dan aturan-aturan lainnya kepada para anggota, kader dan pengurus Posdaya. Penyusunan AD & ART Posdaya di Desa Cibuyur dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 11 Juli 2012, Pukul 19.15 s/d 21.00  yang bertempat di rumah Bapak Sukirman (62) RT 1 RW 1 Dusun Krajan. Khalayak sasaran dari Penyusunan AD & ART ini adalah pengurus beserta anggota Posdaya Desa Cibuyur. Jumlah Peserta yang hadir dalam acara penyusunan AD & ART Posdaya ini sebanyak 17 orang. Biaya yang dikeluarkan untuk merealisasikan acara ini adalah sebesar Rp 25.000,00- (dua puluh lima ribu rupiah). Tidak ada hambatan saat pembentukan AD & ART .

b) Pengadaan dan Pemasangan Banner Posdaya “Titihan Samirono”

Tujuan dari pengadaan banner Posdaya “Titihan Samirono” adalah sebagai upaya publikasi, juga sebagai penunjuk eksistensi Posdaya di Desa Cibuyur, salah satu cara yang dapat di lakukan adalah dengan pemasangan banner Posdaya di depan sekretariat Posdaya. Tujuan dari program ini adalah pengadaan banner Posdaya untuk dipasang di depan bangunan Posdaya sebagai upaya publikasi juga penunjuk eksistensi Posdaya. Program pengadaan banner posdaya ini dilaksanakan pada tanggal  25 Juli 2012. Sasaran dari program ini adalah masyarakat Desa Cibuyur dan kader Posdaya.

Pemasangan banner Posdaya “Titihan Samirono” dilakukan oleh KKN Posdaya dan pengurus Posdaya. Tidak ada hambatan saat pengadaan dan pemsangan banner Posdaya “Titihan Samirono”

Penanggung jawab: Bayu Adhitya Nugraha

4) Penyusunan Program Kerja Satu Tahun Posdaya

Setelah organisasi Posdaya  terbentuk maka langkah selanjutnya dari pengurus dan anggota Posdaya yaitu menyusun program Posdaya guna tercapainya suatu organisasi, dibuatlah rencana kerja yang akan direalisasikan dalam jangka waktu satu tahun yang akan datang, tujuan penyusunan program kerja satu tahun Posdaya di Desa Cibuyur yaitu untuk membuat rencana program kerja yang diprioritaskan oleh Posdaya yang mengkaji secara mendalam atas permasalahan yang muncul di lingkungan Desa Cibuyur, solusi yang diberikan terhadap permasalahan lingkungan yang ada tersebut akan menentukan tujuan dari program kerja Posdaya pada setiap bidang serta merencanakan waktu pelaksanaan dari program kerja tersebut.

Penyusunan Program kerja satu tahun Posdaya di Desa  Cibuyur dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 3 Agustus 2012, Pukul 20.30 s/d 22.00 WIB yang bertempat di kediaman Bapak Sukirman (62) RT 1 RW 1 Dusun Krajan. Sasaran dari penyusunan program kerja satu tahun Posdaya adalah pengurus, kader, dan anggota Posdaya Desa Cibuyur. Jumlah Peserta yang hadir dalam acara tersebut sebanyak 19 orang. Biaya yang dikeluarkan untuk merealisasikan acara ini adalah sebesar Rp 15.000,00 (lima belas ribu rupiah ribu rupiah) yang digunakan untuk pembelian hidangan. Hambatan pelaksanaan acara ini tidak ada.

Penanggung jawab: Bayu Adhitya Nugraha

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !