Legenda Asal-usul Tanaman Teh

Legenda Asal-usul Tanaman Teh – Minuman teh merupakan, minuman yang termasuk paling sering diminum di Indonesia, dari semua kalangan baik atas maupun bawah semua mengenali minuman yang satu ini.

Masyarakat Jawa begitu akrab dengan minuman ini, Teh menjadi minuman wajib bagi setiap tamu, tuan rumah kebanyakan menyajikan teh sebagai pelengkap sajian yang lain.

Bahkan di Jepang terdapat upacara minum teh. Rangakaian upacara diawali dengan pembersihan teko penyajian, memasak air, menuang teh hijau ke dalam teko, menuang air panas ke dalamnya, mengaduknya sampai rata dan berbuih, kemudian menyajikan kepada tamu dengan tata cara khas Jepang.

Di Jepang meminum teh sudah menjadi budaya, karena masyarakatnya memang gemar meminum teh secara bersama-sama.

Minuman khas Asia ini juga sudah melegenda ke berbagai penjuru dunia, tidak hanya di Asia saja kawasan Eropa dan Amerika juga sudah mulai akrab dengan minuman yang satu ini.

legenda teh

Kali ini kita akan membicarakan legenda teh di dunia, asal usul teh dan siapa yang pertama memanfaatkannya.

Kisah Shen Nung

Negeri Cina dipercaya sebagai negeri tempat kelahiran teh, kisah tentang asal usul teh di negeri tirai bambu ini dimulai dari kisah Shen Nung.

Kaisar Shen Nung hidup sekitar tahun 2737 sebelum masehi. Kisar Shen Nung juga disebut sebagai bapak obat-obatan tradisional Cina pada saat itu.

Konon kabarnya, pada suatu hari saat kaisar bekerja disalah satu sudut kebunnya, ia terlebih dahulu merebus air dalam kuali di bawah rindangan tanaman. Kebetulan angin bertiup cukup kencang dan menggugurkan beberapa helai daun tanaman tersebut hingga jatuh kerebusan air yang mendidih.

Ketika Kaisar meminum air rebusan tersebut, ia merasa bahwa air yang ia minum lebih sedap dari pada air putih yang biasa ia minum, dan menjadikan badan Kaisar menjadi jauh lebih segar.

Merasa penasaran, Kaisar mencari sebab kenapa air putih yang ia minum menjadi lebih segar, Kaisar mulai mengamati satu persatu apa yang menyebabkan air yang ia rebus menjadi segar dan sedikit berubah warna kecoklatan.

Selidik punya selidik ternyata air yang ia rebus di bawah tanaman tercampur olih guguran daun tanaman yang terkena air yang Kaisar rebus. Tanaman itu kelak disebut dengan tanaman teh. Dan sejak saat itu teh mulai dikenal dan disebarluaskan.

Kisah Daruma

Bangsa Jepang mempunyai cerita yang tak kalah unik mengenai teh ini, bangsa Jepang mengaikat penyebaran agama Buddha oleh seorang pendeta bernama Daruma yang hidup sekitar tahun 520 Masehi.

Menurut legenda tersebut, tanaman teh pertama tumbuh dari potongan kelopak matanya. Tumbuhnya teh dikarenakan sewaktu Daruma tertidur pada saat bertapa dan ketika terjaga ia sangat marah karena tertidur saat bertapa adalah pantangan.

Untuk mencegah jangan sampai tidur kembali, Daruma memotong kedua kelopak matanya dan dibuang tidak jauh dari tempat ia bertapa.

Tidak lama berselang tempat pembuangan kelopak mata Daruma tumbuhlah tanaman teh, dan menjadi tanaman teh pertama versi bangsa jepang.

Kisah Lu Yu

Pada sekitar tahun 780 Masehi, seorang cendikiawan bernama Lu Yu untuk pertama kali menemukan berbagai kasiat teh dan membukukan temuan-temuannya tersebut ke dalam literature, yaitu Ch’a Cing atau Teh Classic of Tea.

Karyanya waktu itu sangat berguna dan diminati banyak orang karena sangat berkhasiat bagi kesehatan orang yang membuktikannya.

Legenda teh memang menarik dan seringkali dihubungkan dengan uniknya tanaman teh yang sudah mulai banyak ditanam dimasyarakat di seluruh dunia. Legenda teh ini kebanyakan berasal dari Jepang dan Cina.

Sekarang teh bukan lagi sebuah legenda. Selama masa pemerintah Dinasti Han Tang Soon dan Yuan, komuditas teh dari Cina telah diperkenalkan melalui pertukaran kebudayaan.

Menyeberangi Asia Tengah dengan menyelurusi Jalur Sutera, sampai sekarang, di Negara-negara tersebut termasuk di Indonesia, teh memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat.

Teh juga bermanfaat sebagai obat yang banyak digunakan oleh para ahli kesehatan baik modern atau tradisional, maupun tanaman yang dibuat untuk diproduksi sebagai minuman untuk dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga :

Semoga Bermanfaat !

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !