LIMA LANGKAH MENJADI GURU BARU HEBAT

LIMA LANGKAH MENJADI GURU BARU HEBAT

Anda baru lulus kuliah pendidikan? Apakah Anda sudah menemukan tempat untuk bakti? Menjadi seorang guru bakti untuk pertama kalinya pasti tidaklah mudah. Banyak hal yang harus kita pahami peraturan-peraturan yang berlaku di sekolah itu. Kita juga harus bersosialisasi dengan orang-orang baru sebagai patner yang tentu dengan berbagai karakter, ada yang baik dan ada juga yang kurang baik. Ada yang suka kepada kita, ada juga yang mungkin merasa tergangggu dengan adanya kita disitu.

LIMA LANGKAH MENJADI GURU BARU HEBAT
guru baru

Loading...
Berikut ini ada beberapa tips untuk menjadi seorang guru bakti baru :
1. Tanamkan niat yang baik dalam hati Anda

Niat adalah hal yang paling mendasar tetapi sangat berpengaruh untuk apa yang akan kita lakukan. Karena salah satu dari lima kaidah pokok fiqih islam adalah :
اَلْاُمُرُبِمَقَاصِدِهَا   (segala sesuatu tergantung pada niatnya).
Kaidah ini bersumber dari hadits yang terkenal, yaitu :
اِنَّمَاالْاَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ     (Segala perbuatan itu hanyalah dengan niat)
Menurut Ulama ahli Tahqiq, hadits ini isinya padat sekali, sehingga seolah-olah sepertiga atau seperempat dari seluruh masalah telah tercakup dalam hadits ini. Karena perbuatan/amal manusia itu ada tiga macam, yaitu :
  1. Dengan hati
  2. Dengan ucapan
  3. Dengan tindakan
Dan semua amal yang berhubungan dengan hati tercakup oleh hadits ini.
Tanamkan dalam hati Anda bahwa Anda niat mengabdi pada sekolah tempat Anda bakti, sekaligus untuk menyalurkan atau menyebarkan ilmu yang Anda miliki. Karena ilmu yang bermanfaat termasuk salah satu hal yang pahalanya akan selalu mengalir walaupun Anda sudah meninggal. InsyaAlloh….
Jangan pernah sekali-kali Anda memikirkan tentang gaji/honor yang akan Anda terima. Karena secara akal manusia hal itu tidak akan cukup atau sepadan dengan kerja keras kita menjadi guru. Tetapi pahala yang berlimpah akan Anda dapatkan dari Allah SWT jika Anda ikhlas.
2. Anggap sekolah sebagai rumah kedua Anda
“ Rumahku Istanaku”, Anda pasti sering mendengar istilah tersebut. Sekarang cobalah Anda mainset pikiran Anda bahwa “Sekolahku Istanaku”. Dengan begitu Anda akan merasa senang ketika Anda sedang disekolah. Dan Anda akan lebih maksimal dalam mengajar anak-anak disekolah. Bagi guru bakti yang baru, mungkin Anda belum bisa langsung berfikir demikian, tapi Anda harus bisa segera menyesuaikan diri Anda dengan Sekolah, dengan teman-teman dewan guru dan pegawai yang lain, serta dengan anak-anak didik. Buatlah Anda merasa nyaman dengan mereka semua. Jangan pernah mempunyai pikiran buruk tentang mereka, misalnya anak-anak didiknya nakal dan susah diatur, kepala sekolahnya sangat keras, teman-teman dewan guru tidak suka dengan keberadaan kita. Karena itu akan menghambat sosialisasi dan ruang gerak Anda sendiri selama di sekolah. Berfikirlah positif, maka Anda akan dapat melaksanakan tugas-tugas Anda dengan hasil yang memuaskan.
3. Laksanakan tugas-tugas yang diberikan dengan penuh tanggung jawab.
Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika mendengar atau mengetahui tugas yang diberikan kepada Anda adalah JANGAN MENGELUH, seberat apapun tugas itu. Pikiran positif akan membantu Anda untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Jadikanlah ini sebagai pembelajaran bagi Anda yang belum berpengalaman karena baru menjadi guru bakti, sehingga kedepannya Anda bisa menjadi lebih baik.
4. Jangan malu bertanya
Sebagai guru baru, pasti banyak sekali hal yang belum Anda ketahui. Baik tentang proses belajar mengajar maupun dalam administrasi pembelajaran. Tanyakan semua hal yang belum Anda ketahui kepada rekan guru di sekolah. Jangan pernah malu untuk bertanya, karena jika pekerjaan Anda salah maka Anda sendiri yang akan kerepotan untuk mengulanginya kembali. Administrasi yang baik akan membuat proses belajar mengajar berjalan dengan baik pula dan akan memberikan hasil belajar yang memuaskan, yaitu dapat mencapai tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan.
LIMA LANGKAH MENJADI GURU BARU HEBAT
5. Jadilah guru yang ceria dan menyenangkan tetapi tetap tegas
Biasanya anak-anak didik pasti menilai gurunya dari awal dia mengajar. Anda menjadi lakon utama disini. Buatlah anak-anak didik Anda merasa senang dan nyaman belajar bersama Anda. Sertakan media-media pembelajaran yang dapat mempermudah anak-anak didik Anda dalam memahami materi pembelajaran. Dimanapun Anda mengajar pasti ada salah satu anak didik Anda yang hiperaktif. Jadilah guru yang tegas agar anak tersebut bisa lebih menghormati Anda, sehingga anak tersebut bisa belajar dengan tenang ketika Anda mengajar. Jika diperlukan berilah hukuman yang mendidik ketika anak tersebut kelewat hiperaktifnya. Misalkan diajak membaca yang keras di depan kelas, mengerjakan tugas tambahan, dan lain-lain.
LIMA LANGKAH MENJADI GURU BARU HEBAT
Menjadi guru bakti merupakan pekerjaan yang sangat mulia, untuk itu jangan rusak kemuliaan itu dengan menyia-nyiakan kesempatan dan hanya bermalas-malasan. Jika Anda ikhlas dalam menjalani profesi Anda sebagai guru bakti pasti akan menyenangkan dan honor yang tiada tandingannya dari Allah SWT menanti di SyurgaNya. InsyaAlloh…..

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.