Maggot Dari Kotoran Ayam Sebagai Pakan Ikan

Maggot Dari Kotoran Ayam Sebagai Pakan Ikan – Maggot merupakan organisme yang berasal dari telur lalat black soldier yang mengalami metamorfosis pada fase kedua setelah fase telur dan sebelum fase pupa yang kemudian berubah menjadi lalat dewasa. Klasifikasi lalat black soldier yang menghasilkan larva berupa maggot adalah sebagai berikut :

Kingdom : Animalia

Phylum : Arthropoda

Class : Insecta

Order : Diptera

Family : Stratiomyidae

Subfamily : Hermetiinae

Genus : Hermetia

Species : Hermetia illucens

Maggot mengalami beberapa tahapan selama siklus hidupnya, yang diawali dengan telur yang dihasilkan oleh black soldier, kemudian telur menetas menjadi larva, larva berkembang menjadi pupa, dan akhirnya pupa menjadi black soldier dewasa.

Maggot Dari Kotoran Ayam Sebagai Pakan Ikan

Maggot umumnya dikenal sebagai organisme pembusuk karena kebiasaannya mengkonsumsi bahan-bahan organik. Maggot mengunyah makanannya dengan mulutnya yang berbentuk seperti pengait (hook). Maggot dapat tumbuh pada bahan organik yang membusuk di daerah tropis. Maggot dewasa tidak makan, tetapi hanya membutuhkan air karena nutrisi hanya diperlukan untuk reproduksi selama fase larva (Tomberlin, 2009). Hermetia illucens dalam siklus hidupnya tidak hinggap dalam makanan yang langsung dikonsumsi manusia. Pada usia dewasa pakan utamanya adalah sari bunga, sedangkan pada usia muda pakannya berasal dari cadangan makanan yang ada dalam tubuhnya.

Perkembangbiakan dilakukan secara seksual, yang betina mengandung telur, kemudian telur diletakan pada permukaan yang bersih, namun berdekatan dengan sumber makanan yang cocok untuk larva. Larva kecil sangat memerlukan banyak makanan untuk tumbuh sehingga menjadi pupa.

Bahan Dan Alat

– Ember plastik

– Jaring/kantong plastik

– Bor dan mata bor

– Timbangan.

– Tali rafia

– daun pisang kering

– Kotoran ayam

– Tepung ikan

– Ampas tahu

– Bungkil kedelai

– Air

Cara Budidaya

  1. Siap semua bahan dan alat
  2. Ambil ember, lubangi bagian tepi atas (2 – 3 Cm) dari mulut ember menggunakan mata bor ukuran diameter 1 Cm secara melingkar.
  3. Campurlah semua bahan (ampas tahu, tepung ikan, bungkil kedelai, kotoran ayam dan air secukupnya), aduk hingga homogen/merata
  4. Masukkan semua bahan ke dalam ember
  5. Tutuplah ember dengan kantong plastik, ikat menggunakan tali rafia.
  6. Letakkan ember di tempat yang terlindung dari hujan, tetapi dekat dengan semak-semak.
  7. Biarkan selama  10 hari
  8. Amati jenis maggot yang tumbuh dan kondisi medianya

Baca Juga : Budidaya Infusoria Sebagai Pakan Ikan Alami

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !