Mahasiswa dan Kekuatan Politik Negara

Mahasiswa Adalah Kekuatan Politik Negara – Kekuatan politik pada dasarnya adalah simbol dari suatu rezim yang tengah berlangsung, namun tentu saja setiap rezim mengikuti peribahasa patah tumbuh hilang berganti ketika suatu rezim berakhir, ada rezim baru yang akan menggantikannya, sehingga secara tidak langsung diperlukan adaptasi terhadap perubahan sosial secara terus menerus. Masuknya mahasiswa dalam dunia politik atas suatu dorongan dari sebuah situasi atau  keadaan. Mahasiswa yang memiliki sifat kritis dan luas mengenai apa yang terjadi di negaranya, diperlukan guna memperbaiki dan memajukan negara. Dalam hal ini mahasiswa pada era reformasi berfungsi sebagai pengawal dan pemberi  masukan kepada pemerintah agar tidak terpengaruh dari kekuatan asing.

Menganalisa kekuatan politik Indonesia tidak terlepas dari budaya politik yang dimiliki oleh indonesia yang berupa, ketidak jelasan hierarki atau adanya sumber homogen, kecendrungan patronage/ clientilistic masa orba, Neo-patrimonialistik sehingga minimnya civil society. Kekuatan politik indonesia sedikit banyak telah menampakan diri melalui angkatan bersenjata, partai politik, golongan intelektual dan mahasiswa, kelompok pedagang, pengusaha dan profesional, serta kelompok penekan yang baru muncul semenjak dekade XX.

Mahasiswa sebagai komponen universitas mempunyai kesempatan untuk terlibat dalam pemikiran, pembicaraan, dan penelitian tentang berbagai masalah, yang mana kesempatan tersebut tidak dimiliki oleh angkatan muda pada umumnya. Beberapa golongan kekuatan politik yang ada di Indonesia, yakni, Partai Politik, Kaum Intlektual, Pengusahawan, dan kekuatan politik anomi seperti mahasiswa dan pemuda. Memang dalam realitasnya penggolongan itu tidak sesederhana seperti yang tersebut. Di antara golongan-golongan itu terdapat perbedaan, namun dalam menghadapi berbagai masalah ada jalur  penghubung di antara mereka.

mahasiswa dan kekuatan politik negara

Dalam upaya untuk mempertahankan kekuatan politik diperlukan pihak-pihak yang dapat mengimplementasikannya diantaranya: media pers,  mahasiswa dan pemerintah. Kekuatan politik di Indonesia akan terus mengalami kemajuan, jika semua komponen mampu mendukung dan bekerjasama. Dan sudah semestinya, kita menerapkan langkah-langkah tersebut mulai dari sekarang.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !