Mahatma Gandhi (Sebuah Perjalanan)

Mahatma Gandhi (Sebuah Perjalanan) – Mahatma Gandhi merupakan sosok penganut ajaran Ahimsa (Tanpa kekerasan) Dia juga sebagai motor gerakan kemerdekaan di India, lahir di negara bagian Gujarat India pada tanggal 2 oktober 1869 bapak perdamaian ini pindah ke Inggris untuk menempuh pendidikan dengan mengambil jurusan hukum, setelah lulus dan menjadi pengacara dia pergi ke Afrika Selatan sebuah koloni Inggris pada saat itu, dari sanalah perjalanan perjuangan Gandhi dimulai, di Afrika Selatan dia mengalami diskriminasi ras, dan benturan latar belakang agama, karena itu dia memutuskan untuk menjadi aktivis politik, tujuannya adalah agar dia dapat mengubah hukum-hukum yang bersifat diskriminatif tersebut. Gandhi pun memutuskan untuk membuat gerakan non-kekerasan. Dengan semangat membawa perubahan Gandhi membentuk sebuah organisasi yang bernama Kongres orang India di Natal ( Natal Indian Corngress) yang tujuannya adalah menentang sikap-sikap praktik diskriminatif.

Ada sebuah cerita ketika Gandhi di Afrika Selatan, pada perjalanan kesuatu tempat Gandhi mendapatkan perilaku diskriminatif di kereta yang membawa dirinya, kondektur kereta tersebut menyuruh Gandhi untuk turun dari kereta meski dia sudah membayar. Alasanya di kereta tersebut tidak boleh ada orang berkulit hitam, setelah terjadi perdebatan panjang maka Gandhi pun diturunkan di stasiun kecil. Setelah kejadian itulah semakin membulatkan tekadnya untuk selalu berjuang terhadap ketidakadilan. Dia selalu mencontohkan untuk melawan diskriminasi tanpa diskriminasi atau kekerasan.

Mahatma Gandhi (Sebuah Perjalanan)

Mahatma Gandhi (Sebuah Perjalanan)

Di Afrika Selatan Gandhi beberapa kali ditahan oleh pihak keamanan disana, Gandhi dituduh memobilisasi masa untuk melawan pemerintahan Natal, pengaruh pemikiran Gandhi disana semakin besar, sudah puluhan ribu orang mulai mengikuti gerakannya, gerakan spiritual non-kekerasan, gerakan yang memandang semua orang itu sama tanpa mempermasalahkan warna kulit, jenis kelamin, ras dan latar belakang agama

Setelah kurang lebih 20 tahun berada di Afrika Selatan akhirnya Gandhi memutuskan untuk kembali ke India, ada panggilan jiwa dari tanah kelahirannya Gandhi mendapatkan berita bahwa di India banyak terjadi konflik suku, ras, agama. Konflik yang sangat di benci Gandhi. Apa lagi sekarang menimpa tanah kelahirannya. Perang adalah salah satu hal yang sangat ditentang Gandhi, kembalinya Ghandi disambut dengan riuh warga India bagaikan seorang pahlawan, karena apa yang sudah dilakukan di Afrika Selatan sudah menyebar ke dunia Internasional dan menjadi awal kesohoran ajaran Gandhi.

Ketika kembali ke India dia membantu dalam proses kemerdekaan India dari jajahan Inggris, hal ini menjadi sebuah inspirasi bagi rakyat India lainnya agar berjuang bahu membahu mendapatkan kemerdekaan lepas dari jajahan Inggris dan memecah kemaharajaan Britania, untuk kemudian membentuk persemakmuran seperti yang sudah dia lakukan di Afrika Selatan.

Perjalanan panjang harus Gandhi lalui untuk memerdekakan negerinya, untuk lebih memahami penderitaan rakyat dan menampung aspirasi rakyat akhirnya Gandhi memutuskan untuk berkelana menjelajahi seluruh India, Gandhi menyatu dengan rakyat kecil dengan menjadi petani atau buruh mendengarkan keluh kesahnya dan memberikan solusi kontruktif pagi para kalangan rakyat biasa.

Setelah beberapa tahun berkelana sisi spiritualitas Gandhi pun semakin matang, di India sendiri sudah puluhan ribu pengikutnya yang mengagumi pemikiran dan spriritualitas Gandhi,  dibeberapa kesempatan itu Gandhi mulai mengenalakan “Ahimsa” Gandhi semakin termasyur karena pola hidup miskin yang dijalaninya secara sukarela, kesederhanaanya, kerendah hatinya yang semakin membuat rakyat India mencintainya.

Hingga pada awal 1922 sudah lebih dari 50 ribu pengikut Gandhi ditahan oleh pemerintah Inggris sebagai konsekuensi dari gerakan yang diambil Gandhi, dia sebagai sosok welas asih akhirnya menghentikan gerakannya guna meminimalisir jumlah tahanan berikutnya. Efek dari keputusan itu memang benar bahkan para tahanan dilepaskan, namun justru pemerintah Inggris menahan Gandhi dengan tuduhan memobilisasi masa dan gerakan perlawanan terhadap pemerintah Inggris. Akhirnya Gandhi diputuskan bersalah oleh pengadilan dan harus menjalani hukuman selama 4 tahun, di dalam penjara Gandhi selalu bermeditasi dan terus membaca buku, sementara itu di luar penjara masyarakat semakin bersimpati kemudian Gandhi mendapat julukan “Mahatma” yang artinya Jiwa yang Agung.  Hingga akhirnya pada tanggal 5 Februari 1924 Gandhi dibebaskan oleh pemerintah Inggris karena alasan kesehatannya menurun.

Pasca bebas dari penjara Gandhi masih menjadi sosok sama yaitu memperjuangkan keadilan dengan slogan pantang kekerasan, lika liku perjuangan Mahatma Gandhi akhirnya usai setelah perang dunia kedua meletus pada tahun 1945, di India sudah berdiri kekuatan sipil yang menentang segala bentuk penjajahan. Ajaran Gandhi sudah mengakar ke masyarakat India hingga pada tahun 1947 India resmi menjadi negara merdeka lepas dari jajahan Inggris. Meski Gandhi begitu kecewa karena Pakistan yang dulu masuk kedalam wilayah India, memutuskan diri untuk menjadi suatu negara baru di luar India. Pada tanggal 30 Januari 1948 Mahatma Gandhi dibunuh oleh penganut ajaran Hindu Fanatik, karena dianggap terlalu membela umat Islam di India dan juga Pakistan.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !