Artikel Bisnis

Mengenal Apa itu Manajemen Usaha, Bagaimana Menjalankannya?

Mengenal Apa itu Manajemen Usaha, Bagaimana Menjalankannya? – Manajemen berasal dari bahasa inggris, “manage” yang memiliki arti mengelola/mengurus, mengendalikan, mengusahakan dan juga memimpin. Manajemen adalah sebuah proses dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara bekerjasama dengan orang-orang dan sumber daya yang dimikiki organisasi.

Istilah Manajemen kini lebih condong pada istilah bisnis dan dunia karyawan makanya serinhg orang mengatakan manajemen usaha, meskipun sebenarnya istilah manajemen besifat umum dan digunakan untuk berbagai tujuan.

Manajemen adalah ilmu serta seni dalam menjalankan aktvitas suatu organisasi. Aktivitas tersebut biasa berupa pengorganisasian yang meliputi perencanaan, penyusunan, pengusahaan, dan pengawasan dengan mengerahkan semua sumber daya yang dimiliki oleh organisasi supaya tujuan terealisasi.

Manajemen usaha memiliki 4 fungsi utama..

Fungsi manajemen terdiri dari planning (fungsi perencaanaan), organizing (fungsi pengorganisasian), direction (pengarahan), controlling (pengendalian). Untuk memperoleh hasil secara maksimal, para manajer harus mampu menguasai seluruh fungsi manajemen yang ada.

Mengenal Apa itu Manajemen Usaha, Bagaimana Menjalankanya?
Manajemen

Planning adalah bagaimana perusahaan menetapkann tujuan yang diinginkan dan kemudian menyusun rencana setrategi bagaimana cara untuk  mencapai tujuan tersebut. Organizing (fungsi pengorganisasian adalah pengaturan sumberdaya manusia dan sumber daya fisik yang dimiliki agar bisa menjalankan rencana-rencana yang sudah diputuskan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Directing alias fungsi pengarahan adalah upaya untuk menciptakan susana kerja dinamis, sehat agar kinerja lebih efektif dan efisien.

Fungsi pengendalian adalah upaya untuk menilai suatu kinerja yang berpatokan kepada standar yang telah dibuat, juga melakukan perbaikan apabila memeng dibutuhkan.

Pengelolaan sebelum menjalankan suatu usaha sangatlah penting karena dalam suatu usaha membutuhkan benteng atau pondasi sebagai dasar. Pondasi dalam menjalankan usaha bisa dilakukan dengan perencanaan terlebihdahulu untuk kedepannya akan bagaimana. Sesuatu apapun bila memiliki perencanaan yang baik dan matang akan mendapatkan hasil yang optimal, begitu pula dalam melakukan usaha haruslah memiliki kematangan yang baik. Setelah perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan dan pengontrolan.

Tiga pertanyaan penting tentang manajemen usaha..

1. Bagaimana cara yang harus dilakukan agar suatu usaha yang dijalankan berjalan dengan baik

2. Bagaimana agar tujuan dalam menjalankan usaha dapat terwujud

3. Bagaimana agar fungsi manajemen dapat terealisasikan

Dalam manajemen, kita harus mampu untuk melakukan 3 hal ini ;

1. Mengetahuai bagaimana pengelolaan sebelum menjalankan usaha

2. Mengetahui pentingnya fungsi manajemen

3. Mampu mempraktekan fungsi manajemen

Fungsi manajemen usaha secara umum…

Pengelolaan manajemen sebelum menjalankan suatu usaha sangath penting demi berlangsungnya suatu usaha yang baik. Suatu usaha yang baik harus mempunyai segalaseuatu yang matang baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Diambil contoh usaha peternakan sapi potong, sebelum menjalankan usaha suatu pengusaha harus mampu menjalankan fungsi manajemen. Fungsi manajemen meliputi fungsi perencanaan, fungsi organisasi, pengarahan dan pengendalian.

#1. Perencanaan usaha

Perencannaan yaitu bagaimana perusahaan menetapkann tujuan yang diinginkan dan kemudian menyusun rencana setrategi bagaimana cara untuk  mencapai tujuan tersebut. Ada beberapa aktiviatas dalam fungsi perencanaan yaitu, menetapkan arah tujuan dan target bisnis, menyusin strategi untuk mencapai tujuan tersebut, menentukan sumber daya yang dibutuhkan, dan menetapkan standar kesukaan dalam upaya mencapai tujuan.

Perencanaaan yang baik selayaknya memenuhi beberapa syarat berikut, mempunyai tujuan yang jelas, sederhana tidak terlalu sulit dalam menjalankannya, memuat analisis pada pekerjaan yang akan dilakukan, fleksibel bisa berubah mengikuti perkembangan yang terjadi, mempunyai keseimbangan, tanggung jawab dan tujuan yang selaras pada tiap-tiap bagian, setra segala sesuatu yang terjadi bisa dipergunakan secara efektif serta berdayagunaha.

Manfaat fungsi perencanaan usaha

Membuat pelaksanaan tugas jadi tepet dan kegiatan pada tiap-tiap unit akan lebih terorganisir kearah tujuan yang sama, dapat menghindari kesalahan yang mungkin terjadi, memudahkan pengawasan, dan menjadi pedoman dasar didalam menjalankan kegiatan.

Dalam melakukan usaha haruslah memiliki tujuan baik tujuan secara umum maupun tujuan untuk perusahaaan itu sendiri.

Tujuan secara umum perusahaan misalnya meningkatkan kualitas produk daging sapi di indonesia dan untuk memenuhi kebutuhan protein hewani masyarakat Indonesia yang jauh dari kata cukup.

Sedangkat tujuan untuk perusahaaan sendiri yaitu untuk memperoleh pendapatan dan memperoleh laba.

Menyusun rencana strategi dilakukan setelah menentukan tujuan, yaitu dengan menguasai pasar persaingan di luar maupun di dalam negeri.

Misalnya usaha anda dalam hal peternakan daging, di Indonesia masih kekurangan suplai daging sapi sehingga pemerintah mempunyai rencana untuk melakukan impor daging sapin dari India, sedangkan di india masih belum bebas dari penyakit kuku dan mulut yang berbahaya.

Dengan adanya masalah tersebut mendorong agar lebih memajukan peternakan sapi potong lokal, strategi yang baik dengan memperbanyak peternakan sapi potong yang peluangnya masih tinggi.

#2. Pengorganisasian

Adalah pengaturan sumberdaya manusia dan sumber daya fisik yang dimiliki agar bisa menjalankan rencana-rencana yang sudah diputuskan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Kegiatan pengorganisasian yaitu, mengalokasikan sumber daya, menyusun dan menetapkan tugas-tugas serta menetepkan prosedur yang diperlukan, menetapkan struktur perusahaan yang menunjukan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab, dan merekrut,  menyeleksi dan melakukan pelatihan serta pengembangan tenaga kerja serta mentukan tenaga kerja yang pas dan paling tepat.

Unsur-unsur pengorganisasian adalah sekelompok orang yang diarahkan untuk kerja sama, melakukan kegiatan yang sudah ditetapkan, kegiatan yang diarahkan untuk mencapai tujuan. Manfaat pengorhanisasian yaitu, pembagian tugas-tugas bisa sesia dengan kondisi perusahaan, menciptakan spesialisasi saat menjalankan tugas, dan personil dalam perusahaan mengetahui tugas apa yang akan dijalankarin.

Fungsi pengorganisasian

Pendelegasian wewenang dari manajemen puncak kepada manajemen pelaksana, adanya pembagian tugas yang jelas dan mempunyai manajer puncak yang profesional untuk bisa mengkioordinasikan semua kegiatan yang dilakukan.

Pengorganisasian dilakukan dengan pembagian ataupun pemanfaatan sumber daya manusia yang dioptimalkan dalam menjalankan strategi maupun rencana yang ada. Pembagian sesuai dengan kemampuan akan mempermudah jalannya rencana yang sudah dibuat, dalam pengorganisasian harus dilakukan dengan baik demi berjalannya rencana yang sudah ada.

Pengorganisasian dapat memudahkan manajer untuk mengawasi dan menentukan orang-orang yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas yang telah dibagi-bagi.

#3. Pengarahan

Sebuah upaya untuk menciptakan susana kerja dinamis, sehat agar kinerja lebih efektif dan efisien. Beberapa kegiatan pada fungsi pengarahan yaitu, membimbing dan membei motivasi kepada pekerja supaya bisa bekerja secara efektif dan efesien, memberi tugas serta penjelasan secara rutin tentang pekerjaan, dan menjalankan semua kebijakan yang sudah ditetapkan.

Dalam usaha peternakan sapi potong misalnya, harus dilakukan pengarahan, dengan adanya pengarahan yang baik maka kinerja akan baik tidak semenah-menah yang akan menyebabkan kinerja tidak maksimal. Kinerja dilakukan sesuai rencana dan tujuan agar segala sesuatunya berjalan efektif dan efisien tidak membunag-buang waktu yang ada agar hasil yang didapat sesuai dengan keinginan.

#4. Kontrol atau pengawasan maupun pengendalian

Adalah upaya untuk menilai suatu kinerja yang berpatokan kepada standar yang telah dibuat, juga melakukan perbaikan apabila memeng dibutuhkan. Kegiatan pada fugsi pengendalian misalnya, mengevaluasi keberhasilan dan target dengan cara mengikuti standar indikator yang sudah ditetapkan, melakuakan klarifikasi dan koreksi terhadap penyimpanna yang ditemukan, dan memberi alternatif solusi yang mungkin bisa mengatais masalah yang terjadi.

Misalnya manajemen usaha peternakan sapi perah yang sudah berjalan harus adanya pengawasan agar semua berjalan pada tempatnya tidak melenceng. Karena bila berjalan tidak sesuai rencana atau setrategi semua yang telah direncanakaan tidak akan mendapat hasil baik, dan tujuan yang sudah ada tidak akan tercapai.

Kesimpulan ;

Manajemen adalah sebuah proses dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara bekerjasama dengan orang-orang dan sumber daya yang dimikiki organisasi.

Fungsi manajemen terdiri dari empat fungsi yang utama, yaitu planning (fungsi perencaanaan), organizing (fungsi pengorganisasian), direction (pengarahan), controlling (pengendalian).

# Planning adalah bagaimana perusahaan menetapkann tujuan yang diinginkan dan kemudian menyusun rencana setrategi bagaimana cara untuk  mencapai tujuan tersebut

# Organizing (fungsi pengorganisasian adalah pengaturan sumberdaya manusia dan sumber daya fisik yang dimiliki agar bisa menjalankan rencana-rencana yang sudah diputuskan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

# Directing alias fungsi pengarahan adalah upaya untuk menciptakan susana kerja dinamis, sehat agar kinerja lebih efektif dan efisien.

Fungsi pengendalian adalah upaya untuk menilai suatu kinerja yang berpatokan kepada standar yang telah dibuat, juga melakukan perbaikan apabila memeng dibutuhkan.

Demikian artikel tentang Mengenal Apa itu Manajemen Usaha, Bagaimana Menjalankannya?

Salam,,

Simpan

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !