Manfaat Mengenal dan Mencintai Allah

manfaat mengenal dan mencintai Allah

Manfaat Mengenal dan Mencintai Allah – Ternyata jikalau manusia mau dan mampu mengenal Alloh, banyak sekali hasil manfaat yang kita dapat, diantaranya:

1. Keimanan dan Ketakwaan Meningkat

Iman adalah sebuah keyakinan, bukan hanya percaya tetapi juga yakin sepenuhnya bahwa Alloh itu benar-benar ada. Iman itu tidak akan lengkap jika tidak diiringi taqwa karena mereka ibarat “dua sejoli”.Ada sebuah haist yang mengisahkan riwayat Umar bin Khattab ketika ditanya oleh Rasul tentang taqwa, dan beliau menjawab: “Taqwa adalah seperti ketika dihadapan kita dihamparkan pecahan kaca, lalu kita harus berjalan di atasnya. Maka kita akan berjalan perlahan dan hati-hati agar tidak kena pecahannya”. Maksudnya adalah jika kita yakin Alloh itu ada dan mengawasi kita maka kita akan berusaha melakukan yang terbaik dalam menjalani hidup. Bagaimana cara merasakan peningkatan Iman da Taqwa? Mari kita renungkan ayat di bawah ini:

“Tak satupun binatang melata di bumi ini melainkan Allah-lah yang memberi rizkinya. Dia mengetahui tempat berdiam binatang-binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semua tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh mahfudz)”. (An-Nuur:45)

2. Kebebasan dan ketenangan

Setelah kita kenal dengan Allah, rasa bebas dan tenang akan kita peroleh. Bebas dari ketergantungan dan keterikatan kepada selain Allah. Dalam bentuk apapun. Bebas terhadap perbudakan nafsu, bebas terhadap perbudakan akal yang sering mengajarkan pada keingkaran kepada Alloh, dan bebas pada segala hal yang menjerat diri kita untuk merdeka!

manfaat mengenal dan mencintai Allah

3. Barakah dan Kehidupan yang Baik

Dengan mengenal Alloh maka kita akan menegetahui apa yang Alloh kehendaki dari kita, sehingga kita akan mendapatkan keberkahan dan kehidupan yang baik.

“Barang siapa mengerjakan amal shaleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan kami berikan balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dengan apa yang mereka telah kerjakan”. (An-Nahl:97)

4. Keridhaan Alloh dan Surga

Jika kita mengenal dan menaati Alloh, menjalankan kehidupan sesuai dengan aturan-Nya, maka Insya Alloh kita akan mendapatkan Ridha dan surga-Nya. Sudah bahagia dan hidup mulia di dunia, mati masuk surga, abadi selamanya! Enaknya….. 

Makna Cinta Kepada Allah

Cinta adalah yang sangat dikenal tidak adayang tidak mengetahuinya tetapi pemahaman dan pendapat orang tentangnya berbeda. Pemahaman cinta disini akan dikembalikan kepada Islam mengartikan kata cinta itu.

Cinta berarti suka atau senang terhadap sesuatu dan akan berganti dengan kesedihan (pada orang yang mencintai) bila sesuatu tidak ada padanya. Mencintai Allah berarti menjadikan Allah SWT sesuatu yang akan dicintai yang akan mendatangkan ketentraman bila kita mengingat-Nya dan mendatangkan kebahagiaan bila ia senantiasa hadir dalam kehidupan. Buah dari mencintai-Nya adalah ibadah yan semakin dirasakan kenikmatan serta nilainya.

Perbedaan Cinta Karena Iman dan Cinta Karena Syahwat

Cinta imani adalah cinta yang motivasinya iman kepada Allah. Landasannya adalah fitrah manusia sebagai hamba yang wajib beribadah kepada-Nya. Lawan dari cinta imani adalah cinta syahwati. Motif cinta syahwati adalah mencintai berdasarkan selera pribadi dimana selera setiap orang berbeda. Cinta ini diidentikan dengan hubungan laki-laki dan perempuan. Dalam Islam setiap keinginan untuk memiliki sesuatu dan sesuatu itu dicntainya dikatan sebagai cinta syahwati seperti keinginan untuk terkenal, berkuasa dan banyak harta. Cinta imani yuang dominan akan dapat mengendalikan cinta Syahwati.

Empat hal berikut yang dapat ditempuh oleh kita dalam rangka meraih derajat mencintai Alloh (dari uraian Ibnul Qayyim Al-jauziyyah)

  1. Membaca Al-Qur’an dengan khusu penuh penghayatan
  2. Memperbanyak ibadah sunah
  3. Dzikir dalam segala tingkah laku
  4. Harus menjauhi semua sebab yang menghalangi antara kalbu dari Allah

Tiga pintu yang harus dijauhi agar ikatan hati dengan Allah tetap terjaga antara lain:

  1. Pintu syubhat yang selalu mewariskan keragu-raguan tentang agama Allah
  2. Pintu syahwat yang selalu mewariskan tradisi mendahulukan hawa nafsu dari pada taat dan ridhha-Nya
  3. Pintu amarah yang selalu mewariskan permusuhan di antara makhluk Allah.
About Tohir 829 Articles

Kalo satu lidi bisa patah dengan mudah, tapi seratus lidi yang bersatu akan sangat susah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*