Manfaat Nugget Jamur Tiram Putih

Manfaat Nugget Jamur Tiram Putih – Merebaknya olahan makanan yang tidak sehat dan tidak bergizi ditengah masyarakat sudah seharusnya menjadi perhatian khusus bagi kita semua agar tidak menimbulkan banyak kerugian. Makanan tidak sehat ini sudah sering kita jumpai di lingkungan sekitar kita baik di lingkungan rumah, sekolah, pasar dan tempat-tempat umum yang sering dilalui banyak orang seperti terminal dan stasiun. Masyarakat yang peduli akan arti pentingnya sebuah kesehatan sudah pasti memilih makanan yang sehat dan bergizi untuk dikonsumsi, namun bagi masyarakat yang tidak terlalu mempedulikan kesehatan, mereka terkesan tidak mau tahu akan makanan yang mereka konsumsi yang terpenting bagi mereka adalah rasanya yang enak. Hal ini menjadi permasalah serius karena harus meminimalisir makanan-makanan tidak sehat.

Salah satu sumber makanan yang sehat, bergizi, dan harganya terjangkau adalah jamur tiram (Pleurotus ostreatus). Jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus) memiliki kandungan gizi yaitu ergosterol sebagai sumber vitamin D2 bagi tubuh. Jamur ini dapat dikonsumsi, mudah dibudidayakan, murah harganya, dan bergizi. Jamur mengandung protein, lemak, asam amino, bermacam-macam vitamin yaitu vitamin B, C , D, B1, serta berbagai mineral seperti Zn, Fe, dan Mn yang baik untuk pertumbuhan tubuh anak yang bermanfaat bagi tubuh seperti pertumbuhan dan perkembangan tulang. Jamur tiram akan diolah menjadi nugget jamur. Ditengah perkembangan teknologi pangan yang semakin canggih, membuat begitu banyak produk makanan instan yang tersedia di toko-toko, swalayan, bahkan merambah hingga pasar-pasar tradisional. Masyarakat saat ini cenderung lebih menyukai makanan atau produk olahan pangan yang instan, hal tersebut karena produk makanan instan lebih praktis, mudah di dapatkan dan mempunyai pilihan rasa yang beragam. Nugget adalah salah satu contoh makanan instan yang sering kita jumpai. Tersedia berbagai macam pilihan rasa seperti rasa ayam, sapi dan bakso. Inovasi membuat olahan nugget yang berbahan dasar jamur tiram menjadi ide utama kami, jamur tiram mengandung gizi dan protein yang tinggi salah satunya vitamin D.

Nugget jamur tiram diharapkan dapat mengurangi jumlah penderita defisiensi vitamin D, dan juga diharapkan memberi solusi bagi para vegetarian. Kekurangan vitamin D menjadi persoalan baru di Indonesia. Selain dapat menghambat pertumbuhan, kekurangan vitamin D dapat memicu penyakit pada tulang yang salah satunya adalah rakhitis.

Nugget jamur sendiri dapat menjadi alternatif pilihan makanan sehat yang dapat dikonsumsi bagi semua kalangan, juga dapat menghilangkan rasa ketidaksukaan orang-orang akan jamur, karena bentuknya yang menarik dan rasanya yang enak untuk dinikmati dan tentunya sehat karena dari kandungan jamur tiramnya itu sendiri. Selain itu bahan dasar nugget jamur tiram putih mudah didapatkan dan harganya ekonomis selain itu juga mempunyai cita rasa yang khas dan enak setelah menjadi produk pangan (nugget jamur).

Category: Artikel Tag:

About tohir

Ingin Belajar Sampai Dunia Alien, Bahwa berhenti belajar adalah kemunduran pemikiran. Tertarik pada hal baru yang mengundang penasaran.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !