Mangrove Di Segara Anakan

Mangrove Di Segara Anakan – Segara Anakan adalah sebuah laguna karena kawasan hutan bakau ini dibatasi oleh sebuah pulau kecil yaitu Pulau Nusakambangan. Pulau Nusakambangan termasuk dalam wilayah Kabupaten Cilacap, tempat ini memiliki ekosistem yang sangat unik. Segara Anakan terletak di sebelah utara Pulau Nusakambangan, Cilacap, terdapat pulau-pulau kecil yang bersambung dengan daerah estuari, rawa dan hutan bakau di pantai selatan Cilacap. Perairan Segara Anakan merupakan bagian Samudera Hindia dengan muara-muara sungai dan hutan payau Cilacap dan Ciamis, sehingga kawasan ini mengandung aneka ragam ekosistem dan sumber daya hayati.

Di perairan Segara Anakan, selain terdapat ribuan jenis biota laut, hidup satwa langka, yaitu lumba-lumba khas wersut atau pesut (Orcaella, sp). Saat ini keberadaan satwa langka tersebut sangat mengkhawatirkan oleh karena terjadi pendangkalan terus menerus. Hal ini bisa terjadi sebagai akibat proses sedimentasi yang berasal dari Sungai Citanduy yang bermuara di sini. Terjadi juga penebangan pohon-pohon bakau.Laguna Segara Anakan merupakan rawa payau yang terletak antara pulauNusakambangan dan Pulau Jawa pada koordinat 108o 47’- 108o 52’ BT, 7o 39’- 7o 42’LS.Laguna ini merupakan muara dari beberapa sungai yaitu sungai Citanduy, KayuMati, Cikujang, dan Cibeureum di bagian barat, sedangkan sungai Panikel, Cikonde,Ujung Alang, Dangkal dan Kembang Kuning di bagian timur .

Mangrove Di Segara Anakan

Laguna Segara Anakan bagian barat memiliki kondisi perairan yang berbedadengan bagian timur karena sungai-sungai yang bermuara ke dalamnya berbeda,diantaranya sungai Citanduy yang diketahui sangat banyak membawa sedimen, hara dan memiliki kekeruhan yang tinggi. Segara Anakan memiliki estuari yang terlindung dan dikelilingi oleh hutan payau yang perkembangannya sangat dinamis. Wilayah ini terlindung dari Samudera Hindia karena adanya Pulau Nusakambangan. Meskipun demikian proses sedimentasi berlangsung sangat intensif pada dasawarsa terakhir. Pendangkalan Segara Anakan dipengaruhi erosi yang terjadi pada daerah aliran sungai di sebelah utara kawasan ini.Perairan tersebut memiliki karakteristikhabitat yang mempengaruhi berkembangnya struktur komunitas fitoplankton. Laguna Segara Anakan sebagai daerah asuhan dan tempat tinggal berbagai Sumberdaya ekonomi penting. Perairan Segara Anakan berfungsi sebagai daerah asuhan (nursery ground) dan habitat berbagai spesies ikan dan udang.Bagi masyarakat yang bertempat tinggal di daerah ini, Segara Anakan merupakan tempat mencari ikan (fishing ground).Selain bermatapencaharian sebagai nelayan, sebagian masyarakat juga mengembangkan kegiatan pertanian (sawah, tegalan) dan pertambakan pada lahan-lahan yang memungkinkan.

Mangrove Di Segara Anakan

Kawasan hutan mangrove Segara Anakan merupakan yang paling luas di Pulau Jawa, tetapi sekarang ini sudah banyak mengalami penurunan luas. Struktur populasi hutan mangrove masih cukup baik. Jenis mangrove yang ada antara lain : Avicennia marina, Rhizophora apiculata, Rhizophora mucronata, Bruguiera gymnorhiza, Aegiceras corniculatum dan Nypa fruticans. Kelestarian hutan mangrove sangat rentan terhadap pengaruh lingkungan. Ekosistem hutan mangrove di Cilacap terdesak oleh beberapa faktor seperti industri, pertambahan penduduk, kebutuhan areal pertanian dan aliran sungai yang membawa lumpur berakibat pada berkurangnya komposisi vegetasi mangrove. Kondisi hutan mangrove saat ini akibat pengaruh kegiatan antropogenik yang tinggi dan sedimentasi mengakibatkan kekayaan jenisnya menurun. Hal ini mengindikasikan adanya dinamika kekayaan jenis vegetasi hutan mangrove di Segara Anakan Cilacap masa lampau dan masa kini.

Mangrove merupakan hutan yang mempunyai toleransi terhadap kondisi lingkungan yang ekstrim. Ekosistem mangrove ditemukan pada daerah peralihan antara komunitas darat dan laut. Mangrove dapat berupa pohon atau herba tergantung pada salinitas air, topografi dan ciri khas lain daerah tersebut. Vegetasi mangrove pionir yaitu vegetasi yang mampu bertahan pada kondisi ekstrim hutan mangrove, yang dipengaruhi suhu, pasang, salinitas dan intensitas cahaya yang ekstrim. Mangrove pionir biasanya menempati zonasi paling depan pada ekosistem hutan mangrove. Mangrove Segara Anakan terletak di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Baca juga : Zonasi Dan Jenis Mangrove Segara Anakan

Category: Ilmiah Tag:

About tohir

Ingin Belajar Sampai Dunia Alien, Bahwa berhenti belajar adalah kemunduran pemikiran. Tertarik pada hal baru yang mengundang penasaran.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !