Mangrove Payau Heritiera fomes, Sterculiaceae

Heritiera fomes, Sterculiaceae

KLASIFIKASI

Klasifikasi dari Heritiera fomes menurut Wiktor Kotowski et al. (2007) dalam Halder et al. (2014) adalah sebagai berikut :

Kingdom : Plantae
Order       : Malvales
Family     : Sterculiaceae
Genus       : Heritiera
Species     : Heritiera fomes
Scientific Name : Heritiera fomes
Local Name: Sundari

BIOLOGI

 
Morfologi dari Heritiera fomes yaitu sebagai berikut :

Pohon : tinggi pohon mencapai hingga 20 m, dengan diameter batang di dasar sekitar 50 cm, ditopang oleh batang utama yang berwarna merah tua menyala, cabang muda ditutupi oleh sisik yang bersinar cokelat keemasan.

Pohon Rawa PayauHeritiera fomes, Sterculiaceae

Daun : berukuran 5-12 x 3-6 cm, berbentuk bulat panjang, permukaan atas berwarna hijau, permukaan bawah bersisik yang bersinar keperakan, dan bagian ujungnya meruncing.

Pohon Rawa PayauHeritiera fomes, Sterculiaceae

Akar  : berbentuk seperti lutut atau disebut akar lutut yang berupa pneumatophores.

Akar Pohon Rawa PayauHeritiera fomes, Sterculiaceae

Bunga    : terdapat pada ketiak daun, berkelamin tunggal, berwarna kuning keemasan dengan bagian dalam berwarna kemerahan, terdiri dari 5 atau 4-6 buah kelopak yang bergerigi, tidak terdapat mahkota, bunga jantan terdiri dari benang sari yang bersatu menjadi coulumn dan lobus antera membentuk sebuah cincin di bagian atas, sedangkan bunga betina terdiri daru 5-6 karpel yang bebas.

Buah Akar Pohon Rawa PayauHeritiera fomes, Sterculiaceae

Buah  : berukuran 3-4 cm, berbentuk sub-bulat, bergelombang, berkayu atau dapat pecah, berkerut di dalam dan di sisi luar agak menonjol dan bersayap. Berbuah selama bulan Mei-Agustus (Kathiresan et al., 2005 dalam Halder et al., 2014).

Reproduksi dari Heritiera fomes yaitu bersifat vivipar. Perkecambahan terjadi setelah karpel jatuh. Biji berkecambah setelah 7-10 hari dengan perkecambahan lambat pada musim kemarau (Hossain and Nizam, 2008).

EKOLOGI

Heritiera fomes ditemukan hampir di semua daerah rawa yang beriklim tropis. Pohon ini tumbuh di hutan Sunderban, delta Sungai Gangga-Brahmaputra di Bangladesh dan Benggala Barat India, Pantai Chittagong di Bangladesh, dan Arakan (Provinsi Myanmar). Spesies ini tumbuh di daerah yang beriklim hangat, yaitu sekitar 7,22-37,78̊C dengan curah hujan tahunan 1.600-5.334 mm.

Spesies ini tumbuh subur di tanah liat dan di daerah yang terletak di antara tepi sungai dan pulau yang berbentuk piring. Di Sunderbans, spesies ini merupakan spesies klimaks yang baru terbentuk dengan manis, payau, dan air garam. Spesies ini dominan di zona salinitas rendah dan tumbuh subur di tanah yang berdrainase baik, tergenang air pasang dari salinitas rendah (Hossain and Nizam, 2008).

MANFAAT

Mangrove memiliki peranan penting dalam melindungi pantai dari gelombang, angin dan badai. Tegakan mangrove dapat melindungi pemukiman, bangunan dan pertanian dari angin kencang atau intrusi air laut. Manfaat dari Heritiera fomes yaitu kayunya bisa digunakan sebagai kayu bakar, membuat tangga, konstruksi berat, bangunan kapal, papan bingkai, alat rumah tangga, korek api, tiang pancang, dan mainan. Kayunya memiliki kualitas yang sangat baik yang dikatakan lebih mahal daripada kayu jati (Harian Umum Republika14, 2009)

DAFTAR PUSTAKA

Halder, R., Chatterji, S.G., and Sanyal, P. 2014. Micro-Nutrient Activity of Sundari (Heritiera fomes), The Mangrove Plant. International Journal of Botany and Research (IJBR), Vol 4:11-18.

Harian Umum Republika14. 2009. Perlindungan Kawasan Pantai Terhadap Kerusakan Lingkungan. Jakarta.

Hossain, M.K. and Nizam, M.Z.U. Heritiera fomes Buch-Ham. Institute of Forestry and Environmental Sciences, Chittagong University, Bangladesh.

Kathiresan, K., Rajendran, N. 2005. Mangrove Ecosystems of the Indian Ocean Region. Indian Journal of Marine Sciences National Institute of Sciences, Communication and Information Resources, CSIR, New Delhi, India in Association with Indian National Science Academy, New Delhi, India 34(1) 104-113 Available at – NIO, Goa.

Wiktor Kotowski; Tomasz Okruszko; Maltby, Edward; Jan Szatylowicz; DorotaMiroslaw-Swiatek. 2007. Wetlands: Monitoring, Modelling and Management: Proceedings of the International Conference W3M Wetlands: Modelling, Monitoring, Management, Wierzba, Poland,Washington, DC: Taylor & Francis. ISBN 0-415-40820-2.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !