Manisnya Prospek usaha Jambu Kristal

Ilustrasi petani sedang memanen jambu kristal via rakyatindependen.com

Manisnya Prospek usaha Jambu Kristal – Jambu kini makin popular di masyarakat Indonesia, buah jambu ini merupakan mutasi dari residu Muangthai Pak, ditemukan pada tahun 1991 di District Kao Shiung -Taiwan. Diperkenalkan di Indonesia padatahun 1991 oleh Misi Teknik Taiwan.Rasanya yang manis, segar dan daging buahnya yang tebal dan renyah membuat banyak orang  yang menyukai. Apalagi budidaya jambu Kristal juga tidak terlalu sulit. Tak heran banyak yang melirik peluang usaha budidaya jambu kristal.

Salah satu pembudidaya jambu Kristal Nugroho asal Kecamatan Susukan Banjarnegara mengatakan, ia dan saudaranya sudah tiga tahun membudidayakan jambu Kristal. Setiap tahun bias panen dua hingga tiga kali.“selain menjual rutin menjual buah, saat ini kita sudah bias menjual bibitnya” jelasNugroho.

Jambu Kristal sendiri bias ditanam di atas lahan dengan kentinggian mulai dari 5-120 m dpl.Tanaman ini juga cocok tumbuh di daerah dengan iklim sub tropis hingga tropis dengan curah hujan antara 1000-2000 mm per tahun.

 

Salah satu keunggulan jambu Kristal yang dia budidaya, yakni dengan metode dan cara organic, sehingga tidak memanfaatkan semprot pestisida sama sekali.  “Resiko dimakan ulat memang ada, untuk mencegahnya kita harus tutup rapat-rapat dengan plastik, saat pohon mulai berbuah” ujarNugroho.

Besaran buah jambu Kristal sendiri bias mencapai 900 gram perbiji, namun rata-rata untuk ukuran 1 kg buah berisi antara 3 hingga 4 buah. Harga jambu tersebut juga cukup terjangkau rata2 Rp 12.000/kg hingga 14.000/kg ditingkat konsumen. Menurutnya sekali panen dia bias mendapat puluhan juta rupiah, sebab permintaan jambu Kristal juga cukup tinggi.

Bagi anda yang berminat untuk budidaya jambu, kami menyediakan ada 40.000 bibit siap jual.“ Saat ini sedang dalam proses cangkok dan siap dipindah ke polybag, setelah satu bulan bibit tersebut sudah siap tanam,” terangNugroho.

Usia produktif pohon jambu kristal, menurutnya bias sampai 10 tahun jika dirawat dengan baik. Dengan intensitas panen dan hasil yang memuaskan maka budidaya jambu Kristal layak jadi pilihan Anda. ( Sakur Abdul Wahid).

NB; Bagi Anda yang minat bibit bisa menghubungi No WA. 085647746440

Loading...
About Admin Situs 1 Article

Admin situs chyrun.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*