Sosial

Masyarakat Ideal Harus Memiliki Viabilitas dan Kemampuan yang Merata

Masyarakat Ideal Harus Memiliki Viabilitas dan Kemampuan yang Merata

Memiliki Viabilitas

Polya ( 1985 ) mengartikan pemecahan sebagai suatu usaha mncari jalan keluar dari suatu kesulitan guna mencapai suatu tujuan yang tidak begitu segera dapat dicapai. Sementara Sujono ( 1988 ) melukiskan masalah sebagai tantangan bila pemecahannya memerlukan kreativitas, pengertian, dan pemikiran yang asli atau imajinasi. Berdasarkan penjelasan di atas tersebut maka sesuatu yangt merupakan masalah bagi seseorang, mungkin tidak merupakan masalah bagi orang lain atau merupakan hal yang rutin saja.

Ruseffendi ( 1991 ) mengemukakan bahwa suatu soal pemecahan maslaah bagi seseorang bila ia memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk menyelesaikannya, tetapi pada saat ia memperoleh permasalahan itu ia belum tahu cara penyelesaianya.

Masalah adalah suau kendala atau persoalan yang harus di pecahkan dengan kata lain masalah merupakan kesenjangan antara kenyataan dengan suatu keadaan yang di harapkan baik. Permasalahan kelompok adalah kondisi dimana tujuan kelompok tidak sesuai dengan fakta pencapaian kelompok tersebut.

Penyebab adanya  masalah dalam sebuah kelompok / masyarakat adalah:

  1. Perbedaan dalam tujuan
  2. Saling ketergantungan dalam menjalankan pekerjaan
  3. Perbedaan njlai atau persepsi
  4. Sebab sebab lain

Jenis jenis masalah masalah dalam kelompok dibagi dua

  • Deindividuasi, adalah keadaan hilangnya kesadaran akan diri sendiri dan pengertian evaluative terhadap diri sendiri dalam situasi kelompok yang memungkin kan anonimitas dan mengalihkan atau menjauhkan perhatian dari individu. Jadi dapat dikatakan deindividuasi itu adalah proses hilangnya kesadaran suatu individu karena pengaruh daari suatu kelompok dan membentuk suatu pemikiran kolektif.
  • Groupthink merupakan proses pengambilan keputusan yang terjadi pada kelompok yang sangat kohesif dimana anggota anggotanya berusaha mempertahankan consensus kelompok sehingga kemampuan kritisnya menjadi efektif lagi

Memiliki Kemampuan Merata

Menurut Mohammad Zain dalam Milman Yusdi ( 2010 : 10 ) mengartikan bahwa kemampuan adalah kesanggupan, kecakapan, kekuatan kita berusaha dengan diri sendiri. Sedangkan menurut Anggiat M.Sinaga dan Sri Hadiati ( 2001 : 34 ) mendefinisikan kemampuan sebagai suatu dasar seseorang yang dengan sendirinya berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan secara efektif atau berhasil. Sementara itu, Robbins ( 2008 : 57 ) kemampuan berarti kapasitas seseorang individu untuk melakukan beragam tugas dalam suatu pekerjaan .

Kemampuan merata adalah kecakapan atau potensi seseorang individu untuk menguasai keahlian dalam melakukan atau mengerjakan beragam tugas dalam suatu pekerjaan atau suatu penilaian atas tindakan seseorang secara merata. Kemampuan juga bias disebut dengan kompetensi yaitu perpaduan dari tiga domain pendidikan yang meliputi ranah pengetahuan, keteramplan, dan sikap yang terbentuk dalam pola berpikir dan bertindak dalam kehidupan sehari hari.

Profesionalisme adalah keandalan dan keahlian dalam pelaksanaan tugas sehingga terlaksana dengan mutu tinggi, waktu yang tepat, cermat, dan dengan prosedur yang yang mudah di pahami dan di ikuti oleh pelanggan ( siagian : 2009 ).Sedangkan menurut Dwiyanto ( 2011 ) professional adalah paham atau keyakinan bahwa sikap dan tindakan aparatur dalam menyelenggarakan kegitan pemerintahan dan pelayanan selalu didasarkan pada ilmu pengetahuan dan nilai nilai profesi aparatur yang mengutamakan kepentingan public.

Suatu komunitas, dalam anggotanya harus memiliki kemampuan atau kebebasan dalam berkehendak. Bebas menentukan kehendak adalah kekuatan seseorang untuk memilih atau tidak memilih kebaikan yang terbatas atau yang tidak terbatas (Ariestita : 2006). Bebas menentukan kehendak merupakan kemampuan seseorang untuk menentukan pilihan secara spontan, tanpa dipaksakan, secara sukarela  (Ulber : 2003).

Demikian artikel Masyarakat Ideal Harus Memiliki Viabilitas dan Kemampuan yang Merata

Semoga bermanfaat

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !